Fungsi, prinsip kerja dan bagian dari STP ( Sewage Treatment Plant )

Pengertian dan fungsi STP ( Sewage Treatment Plant ) ~ Sewage Treatment Plant merupakan bangunan instalasi sistem pengolah limbah rumah tangga atau limbah cair domestik termasuk limbah dari dapur, air bekas, air kotor, limbah maupun kotoran. Limbah yang mengandung logam berat akan mendapat perlakuan khusus, bukan termasuk dalam limbah domestik.

Pengertian dan fungsi STP
Pengertian dan fungsi STP

Pengertian dan fungsi STP

Tujuan dari sistem pengolahan limbah cair domestik adalah agar limbah tidak mengandung zat pencemar lingkungan, sehingga layak buang sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

Selanjutnya, bila kita tela’ah pengertian STP (Sewage Treatment Plant) kata demi kata, sewage artinya kotoran atau limbah, treatment artinya perawatan, dan plant artinya bangunan atau instalasi atau tempat,

Maka Sewage Treatment Plant atau sering disingkat STP ini adalah Proses pengolahan limbah di suatu bangunan atau Instalasi.

Perbedaan STP dengan Septic Tank

STP ini tidak jauh berbeda dengan septik tank. STP biasanya digunakan di suatu bangunan yang besar, sementara septik tank identik dengan rumahan.

Apa bedanya STP dengan septic tank?

Sebenarnya keduanya sama-sama mengolah limbah atau kotoran, tetapi perbedaannya pada STP mempunyai sistem penguraian dan filtrasi, sementara septic tank hanya sebagai penyimpanan saja, tepatnya penimbunan.

Didalam STP terdapat bagian-bagian utama. STP mempunyai beberapa Chamber yang setiap chamber memiliki fungsinya tersendiri. Ada yang disebut sistem aerasi atau sistem back wash.

Pada intinya sistem ini merupakan pemberian gelembung udara yang dimaksudkan untuk menghidupkan bakteri yang terdapat didalamnya.

Bakteri ini berfungsi untuk menghancurkan sewage yang berbentuk keras. Bakteri pengurai ini menghancurkan sewage hingga di akhir output STP berupa limbah yang berbentuk air bening.

Sewage Treatment Plant ini biasanya digunakan di hotel, gedung bertingkat dan sebagainya. Hasil-hasil buangan dari Sewage Treatment Plant seperti minyak dan lemak dari buangan dapur harus dipisahkan dahulu minyak dan lemaknya dari air sebelum masuk ke bak bak pengolahan.

Demikian juga dengan hasil buangan laundry, idealnya harus melalui pre-treatment dahulu yaitu koagulasi, flokulasi, netralisasi, dan sedimentasi. Untuk itu diperlukan chemical atau bahan kimia yang sesuai dengan fungsi masing masing.

Hasil dari buangan WC atau Toilet diperlukan penghancur untuk benda benda kasar dan kemudian disaring, baru hasil buangan tersebut masuk ke dalam bak-bak pengolahan sehingga effluent dari proses pengolahan sewage ini dapat dibuang ke saluran kota dengan kualitas yang disyaratkan, bahkan dapat di recycling untuk penyiraman tanaman.

Bagian-bagian STP

  • Motor dan mesin blower
  • Control Panel
  • Pompa-pompa
  • Peralatan sedimentasi
  • Water level control (WLC) dan Elektrode
Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *