Macam UPS dan Pengertian, UPS Statis dan UPS RotaryAbi Blog

Pengertian dan Macam UPS

Pengertian UPS

Kali ini saya akan membahas sistem UPS, UPS adalah kependekan dari Uninterruptible Power Supply. Pengertian dan macam UPS, UPS merupakan sumber daya alternatif sebagai cadangan daya dari sumber daya yang lain/ sumber daya utama. Artinya UPS memberikan perlindungan beban terhadap variasi frekuensi line, menghapus noise power line dan transien tegangan, tanpa adanya pemutusan daya jika ada pemutusan sementara sumber daya utama.

Baca Juga :  Antena Monopole dan Dipole dan cara Matching

UPS bisa disebut sebagai sumber daya siaga atau darurat tergantung sifat beban kritis, UPS juga memberikan jumlah daya yang tergantung pada kebutuhan-kebutuhan tertentu.

Penggunaan daya siaga atau darurat yang dapat di back up oleh UPS misalnya:

  1. Penerangan darurat untuk evakuasi.
  2. Pencahayaan untuk keamanan.
  3. Mengatur sistem shutdown sebuah perangkat/mesin, komputer.
  4. Peralatan medis, dll.
Baca Juga :  Bagian, Modul Ekspansi dan perbandingan CPU  PLC Simatic S7-200

Macam – Macam UPS Menurut Sistem

1. UPS Statis (Static UPS)

UPS Statik mengandalkan sumber daya baterai sebagai sumber daya siaga. Terdiri dari beberapa baterai yang terangkai yang diisi dari sumber daya utama melalui penyearah dan inverter. UPS statis umum diproduksi dengan kapasitas mulai dari 220VA hingga diatas 1MVA.

(Baca juga : Penggantian Baterai pada Baterai Bank)

Baca Juga :  Jenis dan fungsi antena

UPS statik kapasitas 220VA hingga 1MVA di buat tanpa menggunakan komponen internal paralel. UPS dengan output diatas 1MVA menggunakan beberapa komponen internal yang di paralel, yang berakibat penurunan kehandalan.

Macam UPS Statis (static UPS)
Macam UPS Statis (static UPS)

Gambar 1 menunjukkan UPS Statis sederhana. Desain , instalasi dan syarat pemeliharaan harus mengikuti acuan yang tertera pada kode standarad dari industri yang diakui oleh kelompok komersial yang berlaku.

2. UPS Rotari (Rotary UPS)

UPS ini menggunakan sistem yang menggunakan Motor Generator Set (MG Set) dalam desain-nya. Gambar 2 menunjukkan UPS Rotari sederhana.

Macam UPS Rotari (Rotary UPS)
Macam UPS Rotari (Rotary UPS)

Berbeda dengan jenis UPS Statis, pada dasarnya UPS Rotari memiliki beragam jenis tergantung produsen pembuatnya.

(Baca juga: Baterai murah lithium-ion berperforma)

Unit UPS Rotari dirancang untuk aplikasi daya yang besar, bahkan hingga diatas 125kVA. Alasan mengapa memilih UPS Rotari daripada UPS Statis adalah karena nilai efisiensi, kemampuan memasok daya yang besar, isolasi distorsi harmonik yang di hasilkan beban lebih linear.

Unit UPS rotari menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis statis.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *