Pengertian Dioda Laser Dan Jenisnya

Dioda laser merupakan komponen semikonduktor yang mampu menghasilkan radiasi koheren dan dapat dilihat oleh mata telanjang atau Anda dapat melihatnya dalam bentuk spektrum infra merah (infrared/ IR) ketika dialiri arus listrik.

Maksud radiasi koheren adalah radiasi gelombang; berasal dari satu sumber yang sama dan berada pada frekuensi dan fasa yang sama. Sebagai informasi, kata Laser yang sering kita jumpai di beberapa media informasi, tayangan kartun atau pun film, dan alat, merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation.

Nah, artinya adalah mekanisme dari suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik melalui proses pancaran terstimulasi. Radiasi elektromagnetik dapat Anda lihat oleh mata telanjang dan ada pula yang tak dapat dilihat.

Mungkin Anda belum tahu bila dioda laser salah satu jenis perangkat atau pun teknologi yang mampu menghasilkan sinar laser. Seperti di film Hollywood maupun di kartu atau anime, sinar-sinar laser yang digunakan berasal dari dioda jenis ini. Jenis-jenis perangkat atau teknologi yang mampu menghasilkan sinar laser antara lain; Solid State Laser, Dye Laser, Laser Gas, dan Laser Excimer.

Dioda Laser

Dioda Laser

Bentuk

Dioda ini mempunyai ukuran kecil, kira-kira 1mm dan berat 1gram saja. Dioda laser cocok Anda pilih karena dapat digunakan pada perangkat elektronik yang memiliki ukuran kecil atau portabel.

Baca Juga :  AC Relay Dan Jenis Kelompoknya

Tidak hanya ukuran yang kecil, dioda laser membutuhkan arus listrik bertegangan dan daya rendah. Mayoritas dioda laser membutuhkan daya sekian miliWatt, sekitar 3 Volt hingga 12 Volt DC. Melihat rendahnya arus listrik yang digunakan, dioda laser pun dapat Anda gunakan melalui sumber daya baterai.

Tak jauh berbeda dengan penggunaan arus listrik yang rendah, dioda laser memiliki intensitas yang sangat rendah bila dibandingkan dengan perangkat laser lainnya. Namun dioda laser sesungguhnya memiliki efisiensi output koheren yang tinggi dan memberi kemudahan dalam modulasi komunikasi dan aplikasi pengendalian.

Kalau Anda akan menggunakan dioda laser, saya sarankan agar mata tak sampai melihat secara langsung ke sinar laser yang terpancar oleh perangkat yang Anda gunakan karena memiliki risiko merusak bagian-bagian sensitif mata, yaitu selaput retina.

Meski memiliki risiko, dioda laser tidak dapat digunakan untuk membelah atau pun memotong kertas bahkan melubangi baja sehingga dioda laser aman digunakan pada perangkat semacam alat rumah tangga.

Fungsi Wide Angle Beam Dioda

Dioda laser bersifat wide angle beam atau sudut beam yang lebar. Maksudnya adalah bentuk berkas sinar yang lebih lebar akan memiliki bentuk kerucut dan dapat Anda gunakan lebih mudah, terlebih dimodifikasi menggunakan lensa cembung. Berbeda dengan laser konvensional yang hanya berbentuk lurus dan sulit digunakan karena ke lebarannya.

Baca Juga :  Teknologi Masa Depan Perovskites komponen elektronik berbasis keramik

Jika Anda pernah atau masih memiliki CD/VCD/DVD/Blue-ray Player, konsol game, laser printer, remote control, laser pointer, dan barcode scanner, produk tersebut merupakan aplikasi yang terbuat atau hasil dari dioda laser.

Cara Kerja Dioda Laser

Tidak jauh berbeda dengan lampu LED, dioda laser dapat mengonversi energi listrik menjadi energi cahaya, meski dioda laser intensitas cahaya yang dihasilkan lebih tinggi daripada lampu LED.

Berdasarkan cara kerja, dioda laser dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Injection Laser Diode (ILD) dan Optically Pumped Semiconductor Laser.

Injection Laser Diode (ILD) memiliki kemiripan layaknya saudara kembar dengan LED. Keduanya dibuat berdasarkan proses dan teknologi yang hampir sama. Perbedaan yang tampak jelas pada dioda laser yaitu kehadiran sebuah saluran atau kanal panjang yang sempit dengan ujung yang reflektif. Kanal tersebut memiliki fungsi sebagai penuntun gelombang pada cahaya. Sebutan yang sering disemat oleh kanal adalah Waveguide.

Pengoperasian Injection Laser Diode arus mengalir melalui persimpangan PN (PN Junction) dan menghasilkan cahaya seperti LED. Pancaran Fotonnya (Photon) disebabkan oleh bergabungnya elektro dan lubang (holes) di daerah persimpangan PN. Namun cahaya yang dihasilkan hanya dibatasi di dalam waveguide (penuntun cahaya) pada dioda laser. Di waveguide, cahaya laser direfleksikan dan kemudian diperkuat, lantas menghasilkan emisi terstimulasi sebelum dipancar keluar.

Baca Juga :  Bagian, Modul Ekspansi dan perbandingan CPU ¬†PLC Simatic S7-200

Optically Pumped Semiconductor Laser atau disingkat OPSL. OPSL menggunakan chip semikonduktor III-V sebagai pondasi atau dasar. Chip tersebut bekerja sebagai media penguat optik dan keberadaan dioda laser terdapat di dalam yang berfungsi sebagai sumber pompa. Anda akan mendapatkan keuntungan bila menggunakan dioda laser OPSL, terutama dalam pemilihan panjang gelombang (wavelenght) dan mengurangi gangguan dari struktur elektroda internal.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *