Pengertian HTTP dan HTTPS serta Perbedaan Keduanya

Pengertian HTTP dan HTTPS serta Perbedaan Keduanya ~ Anda pasti sering mendengar HTTP dan HTTPS. Jika Anda masih bingung dengan dua hal yang dimaksud, Anda bisa mencoba cek pada saat andra browsing internet.

Coba Anda cek di address bar yang ada pada browser yang Anda gunakan, Anda akan melihat kedua kata tersebut.

Baca Juga :  Teknologi TV QLED, Inovasi Terbaru Teknologi Televisi
Pengertian HTTP dan HTTPS serta Perbedaan Keduanya
Pengertian HTTP dan HTTPS serta Perbedaan Keduanya

Pengertian HTTP dan HTTPS

Nah, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan HTTP dan HTTPS itu sendiri serta apakah perbedaannya?

Pengertian HTTP

Merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Ini adalah protocol yang berfungsi sebagai pengatur komunikasi antara server dan client. Dalam hal ini yang dimaksud dari client adalah device atau web browser lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web.

Lebih singkatnya bisa diartikan sebagai system untuk transmisi serta menerima informasi internet.
Komunikasi yang terjadi di dalam HTTP pada umumnya terjadi dengan cara client akan melakukan permintaan ke server.

Kemudian setelah terjadi permintaan tersebut server akan memberikan respon kepada client. Dalam hal ini, responnya akan berupa file HTML yang akan muncul pada browser client.

Pengertian HTTPS

HTTPS atau singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Source. Pengertian dari HTTPS sendiri hampir sama dengan HTTP, akan tetapi untuk HTTPS merupakan sistem protokol yang lebih aman.

HTTPS sendiri dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.

Keunggulan dari HTTPS ini adalah terjaminnya keamanan autentifikasi server serta mampu menjaga kerahasiaan data serta integritas yang terdapat dalam sebuah data.

Perbedaan Antara HTTP Dengan HTTPS

1. Dalam Perihal Keamanan

a. HTTP

Bisa kita simpulkan bahwa untuk masalah keamanan sendiri HTTP tidak bisa menjamin keamanan data pada komunikasi yang terjadi antara client dengan server.

b. HTTPS

Berbeda dengan HTTP, keunggulan dari HTTPS sendiri terdapat pada keamanan sistemnya. HTTPS sendiri mampu menjamin keamanan data yang dikirimkan. Terdapat 3 aspek keamanan yang menjadi keunggulan pada HTTPS, yaitu ;

• Autentikasi Server

Dengan aspek ini pengguna akan tetap merasa aman dan yakin bahwa ia benar – benar sedang melakukan komunikasi dengan server yang dituju.

• Jaminan Kerahasiaan Data

Selain pengguna bisa yakin bahwa ia sedang melakukan komunikasi dengan server yang dituju, kerahasiaan data yang terjadi dalam transmisi data tersebut juga tetap terjamin dan tidak bocor.

• Integritas Data

Selain dua aspek penting yang di atas, aspek yang terakhir ini juga sama pentingnya. Hal ini dikarenakan HTTPS akan menjaga proses pentranmisian data supaya tidak diubah oleh pihak lain.

Hal ini dikarenakan adanya proses validasi data oleh Message Authentication Code atau MAC.

2. Port yang Digunakan

a. HTTP

Port yang digunakan untuk HTTP adalah Port 80. Port ini merupakan port yang paling sering digunakan dalam internet.

b. HTTPS

Sedangkan untuk HTTPS, Port nya menggunakan Port 443. Port versi ini merupakan yang versi aman sesuai dengan fungsi dari HTTPS itu sendiri.

3. Kebutuhan Secure Socket Layers (SSL)

a. HTTP

Secara default, protokol yang dugunakan untuk client ke server adalah HTTP. Dan tanpa menggunakan SSL

b. HTTPS

Berbeda denga HTTP, HTTPS haruslah mempunyai sertifikat SSL untuk dapat menggunakan protokolnya. SSL atau Secure Socket Layers merupakan tekhnologi keamanan yang dapat memungkinkan untuk pengenkripsian data yang ditransmisikan antara client dengan server.

Dengan kata lain kita akan tetap aman ketika kita mengirimkan data data penting karena adanya SSL ini.

Nah, demikian di atas merupakan penjelasan singkat mengenai Pengertian HTTP dan HTTPS serta perbedaan antara HTTP dengan HTTPS. Semoga bermanfat dan bisa menambah wawasan Anda.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.
2 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *