Listrik Statis Pada Isolator dan KonduktorAbi Blog

Pengertian Listrik Statis dan Contohnya

Beberapa dari kita mungkin tidak lagi asing dengan istilah listrik statis. Namun ada pula beberapa orang yang masih asing dengan istilah tersebut. Apakah sebenarnya listrik statis itu ? Listrik statis merupakan fenomena kelistrikan yang terjadi saat muatan listrik tidak bergerak atau tidak mengalir dan biasanya terdapat pada benda yang memiliki muatan listrik.

Fenomena listrik statis dapat terjadi pada konduktor maupun pada isolator. Dalam dunia kelistrikan, listrik statis merupakan jenis listrik yang pertama kali ditemukan oleh para ahli. Listrik yang kita nikmati sehari-hari ini juga merupakan pengembangan dari jenis listrik statis. Penemu pertama listrik statis adalah seorang ahli matematika kuno yakni Thales of Miletus (625-547 SM). Pada masanya, Thales, mengambil sebuah batu yang berwarna kuning yakni batu ambar. Beliau kemudian menggosok – gosok-kan pada kain wol. Tak disangka, bulu ayam yang berada di sekitar, malah ikut tertarik dan pada akhirnya menempel.

Baca Juga :  Fungsi dan jenis kabel instalasi data

Listrik Statis

Contoh Fenomena Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari- Hari

Ada beberapa kejadian sehari-hari yang menunjukkan keberadaan fenomena ini. Berikut contohnya:

1. Pada sisir.

Saat kita membenahi rambut dengan cara disisir, tanpa kita sadari terkadang ada rambut yang berdiri seiring dengan gerakan sisir di kepala. Hal ini membuktikan jika sisir dengan rambut kita memiliki interaksi muatan.

2. Pada cat pada mobil

Ketika kita menyemprotkan cat pada mobil, maka butiran halus pada cat akan memiliki muatan karena bergesekan dengan udara sekitar. Permukaan mobil yang dicat, mempunyai muatan yang berlawanan dengan muatan butir cat yang digunakan. Hal ini acap kali dilakukan pada jenis mobil dengan permukaan yang tidak rata. Sehingga butiran cat yang disemprot, akan menempel dengan cara mengikuti medan listrik yang ada. Alhasil, butiran cat tersebut akan mampu menutupi bagian mobil yang tersembunyi.

Baca Juga :  Sumber Daya dan Panel Distribusi

3. Pada kain sutera

Fenomena kelistrikan yang selanjutnya adalah ketika kain sutera digosok – gosok-kan pada sebuah batang kaca. Peristiwa tersebut dapat terjadi dan bereaksi secara tarik menarik. Kenapa bisa terjadi demikian ? Kedua benda akan tarik menarik karena adanya gosok-an yang terjadi akibat lompatan elektron yang terdapat dari batang kaca menuju kain sutra. Batang kaca yang memiliki muatan positif akan saling tarik dengan kain sutera yang memiliki muatan negatif. Hal serupa juga terjadi ketika anda menggunakan penggaris untuk menggosok rambut.

4. Pada layar televisi

Saat mendekatkan tangan menuju layar televisi yang baru saja dimatikan, maka bulu-bulu yang terdapat pada tangan akan berdiri. Hal ini dikarenakan adanya listrik statis.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Mengenal bagian dan fungsi Sirkuit Breaker / Sirkuit Pemutus (Circuits Breaker)
Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *