Pengertian, macam, jenis dan karakter Stainless Steel

Diposting pada

Pengertian stainless steel /baja tahan karat.

Mengapa sebut stainless steel atau baja tahan karat, dan mengapa stainless steel tidak berkarat ? Disebut sebagai baja tahan karat (stainless steel) karena jenis baja ini tahan terhadap pengaruh oksigen dan memiliki lapisan oksida yang yang stabil pada permukaan baja. Artikel ini membahas pengertian stainless steel, jenis dan macam stainless steel serta karakteristik stainless steel.

Stainless steel bisa bertahan dari pengaruh oksidasi karena mengandung unsur chromium lebih dari 10,5%, unsur chromium ini yang merupakan pelindung utama baja dalam stainless steel terhadap gejala yang di sebabkan kondisi lingkungan.

pengertian stainless steel
Stainless steel di bagi dalam beberapa kelompok utama sesuai jenis dan porsentase material sebagai bahan pembuatan-nya. Kelompok / klasifikasi stainless steel antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kelompok Stainless Steel Martensitic

Martensitic memiliki kandungan chrome sebesar 12% sampai maksimal 14% dan carbon pada kisaran 0,08 – 2,0%. Kandungan karbon yang tinggi merupakan hal yang baik dalam me-respon panas untuk memberikan berbagai kekuatan mekanis, misalnya kekerasan baja.

Baja tahan karat kelas martensitic menunjukkan kombinasi baik terhadap ketahanan korosi dan sifat mekanis mendapat perlakuan panas pada permukaannya sehingga bagus untuk berbagai aplikasi. Baja tahan karat kelompok ini bersifat magnetis.

Pada kelompok atau klasifikasi martensic di bagi dalam beberapa tipe yang antara lain adalah:

Baca Juga :  Mengenal apa itu Relief Valve, pembahasan dan penjelasan

a. Type 410

Memiliki kandungan chrome sebanyak 13% dan 0,15% carbon, jenis yang paling baik di gunakan pada pengerjaan dingin.

b. Type 416

Memiliki kandungan yang sama dengan type 410, namun ada penambahan unsur shulpur.

c. Type 431

Mengandung 175 chrome, 2,5% nikel dan 0,15% maksimum carbon.

2. Kelompok Stainless Steel Ferritic

Ferritic memiliki kandungan chrome sebanyak 17% dan carbon antara 0,08 – 0,2%. Memiliki sifat ketahanan korosi yang meningkat pada suhu tinggi. Namun sulit di lakukan perlakuan panas kepada kelompok stainless steel ini sehingga penggunaan menjadi terbatas, Baja tahan karat kelompok ini bersifat magnetis.

Pada kelompok atau klasifikasi ferritic di bagi dalam beberapa tipe yang antara lain adalah:

* Type 430

Memiliki kandungan chrome sebanyak 17%, dan kandungan baja yang rendah. Tahan sampai temperature / suhu 800%, biasanya di buat dalam bentuk baja strip.

3. Kelompok Stainless Steel Austenitic

Austenitic memiliki kandungan chrome pada kisaran 17% – 25% dan Nikel pada kisaran 8 – 20% dan beberapa unsur / elemen tambahan dalam upaya mencapai sifat yang di inginkan. Baja tahan karat kelompok ini adalah non magnetic.

Pada kelompok atau klasifikasi austenitic di bagi dalam beberapa tipe yang antara lain adalah:

Baca Juga :  Memahami Mesin Kapal Boat sesuai Ketentuan IEC

a. Type 304

Tipe ini dibuat dengan bahan dan pertimbangan ekonomis, sangat baik untuk lingkungan tercemar dan di air tawar namun tidak di anjurkan pemakaiannya yang berhubungan langsung dengan air laut.

b. Type 321

Merupakan variasi dari type 304 namun dengan penambahan titanium dan carbon secara proporsional. Lumayan baik untuk pengerjaan suhu tinggi.

c. Type 347

Mirip dengan type 321 tetapi dengan penambahan niobium (bukan titanium).

d. Type 316

Pada tipe ini ada penambahan unsur molibdenum 2% – 3% sehingga memberikan perlindungan terhadap korosi, baik di gunakan pada peralatan yang berhubungan dengan air laut. Penambahan nikel sebesar 12% tetap mempertahankan struktur austenitic.

e. Type 317

Mirip dengan type 316, namun ada penambahan lebih pada unsur/elemen molybdenum sebesar 3% – 4%, memberikan peningkatan ketika berhubungan langsung dengan air laut pada suhu / temperature dingin.

f. Moly

Lebih dikenal dengan istilah UNS S31254, merupakan jenis yang memiliki ketahanan tinggi terhadap air laut karena tingginya kadar chromium dan molibdenum.

g. L Grade

Memiliki kandungan carbon rendah (316L) dibatasi antara 0,03% – 0,035%, hal ini akan menyebabkan pengurangan kekuatan tarik.

4. Kelompok Stainless Steel Duplex

Merupakan kelompok terbaru yang memiliki keseimbangan chromium, nikel, molibdenum dan Nitrogen pada campuran yang sama antara kelompok austenite dan kelompok ferit.

Hasilnya adalah sebuah kekuatan yang tinggi, sangat tahan terhadap korosi. Direkomendasikan pada suhu -50 sampai dengan +300 ° C. Biasanya di sebut uNS, sebagai merk dagang.

Baca Juga :  Jenis – jenis pipa untuk instalasi air

Beberapa type antara lain adalah:

a. UNS S31803

Ini merupakan kelas tipe duplex yang paling banyak di gunakan. Komposisi-nya adalah: 0,03% maksimum carbon, 22% chrome, 5,5% nikel dan 0,15 Nitrogen.

b. UNS S32750

Tipe duplex yang rendah menurut sifat mirip dengan type 316, tapi dua kali lipat kekuatan tarik-nya. Komposisi-nya adalah : 0,03% carbon, 23% chrome, 4% nikel dan 0,1% adalah nitrogen.

c. UNS S32750

Ini merupakan tipe super untuk kelompok duplex, ketahanan terhadap korosi yang meningkat. Komposisi dari type ini adalah: 0,03% maksimum carbon, 25% chrome, 7% nikel, 4% molibdenum dan 0,028 nitrogen.

Kesimpulan dari pembahasan Stainless Steel

Demikian pembahasan tentang pengertian stainless steel / Baja tahan karat dan mengapa Stainless Steel tahan terhadap korosi / karat.

Dengan mengetahui semua karakteristik dan material bahan pada stainless steel akan menjadi acuan pemilihan jenis untuk pekerjaan tertentu, tentunya dengan pertimbangan lingkungan sekitar, kekuatan dan budget / dana untuk sebuah pekerjaan yang memakai stainless.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

125 thoughts on “Pengertian, macam, jenis dan karakter Stainless Steel

  1. Sama sama, tapi hal yang terpenting adalah dengan memahami bermacam dan jenis stainless steel, bisa di tentukan material yang layak untuk membangun suatu pekerjaan. Terutama hal ini sering di pakai di galangan kapal. Alasannya tentunya tingkat pengaruh korosi karena air garam/air laut sangat tinggi.

    1. salam kenal Pak Abi.saya geary.saya mohon pencerahan dari Bapak.mengenai spec matl ss yg saya temukan dicertificate matl yg saya beli.disana ada dituliskan 304/304L.sedangkan yg saya request ke supplier 304L Pak.apa yg dimaksudkan denga double spec ini begitu Pak.

      1. Menurut saya, bahwa SS tersebut telah memenuhi syarat sertifikasi untuk kedua tipe tersebut (304/304L)
        Ini berarti:
        – Kandungan maksimum karbon 0,03% yang notabene dimiliki oleh 304L, sesuai untuk kemampuan suhu pengelasan
        – Sementara untuk kemampuan hasil uji tarik dimiliki oleh tipe 304,
        TAPI:
        – Memang, kandungan karbon semakin rendah juga menyebabkan sifat poor creep, (untuk 304L tetap di bawah 425 ° C).
        – Karbon yang lebih rendah juga memiliki pengaruh pada ketahanan kimia terhadap cairan tertentu.
        Kesimpulan
        Beberapa produsen memang sengaja menyantumkan kedua tipe tersebut karena telah lolos uji persyaratan grade untuk kedua tipe tersebut.
        Tergantung jenis dan karakter yang mana yang Anda butuhkan.
        Yang perlu kita ingat keduanya masih dalam kelompok tipe
        Terima kasih

  2. Stainles Steel tipe 201 dibuat dari chromium-nikel-mangan, termasuk jenis austenitic yan dikembangkan untuk mengurangi/menghemat kandungan nikel.
    Tipe ini mirip dengan tipe 301 jadi dapat menggantikan tipe 301.
    Bahan pembuatan nya merupakan paduan non-magnetik namun dalam kondisi dingin akan berubah jadi magnetik.
    Dalam proses pembuatannya 301 mengembangkan kekuatan luluh agak lebih tinggi dibanding tipe 301, mempertahankan dektilitas yang sama .
    Tipe 201 bagus untuk diaplikasikan pada peralatan dengan suhu rendah misalnya peralatan restoran, kantor, jendela, pintu bahkan klem selang.
    Untuk merk star mungkin membuat tipe tersebut, karena mestinya semua produsen pipa akan mengeluarkan beberapa tipe untuk pilihan.
    Jadi menurut saya pipa merk star tidak selalu bertipe 201, mungkin ada yang 304 atau yang lain
    Coba cek pada katalog produksi pipa star.
    Semoga penjelasan saya dapat dipahami. Terima kasih atas kunjungannya.

  3. Mas saya ditawari pagar stainless merk haichi kualitas 1 katanya tukang las. Apakah merk tsb sudah type 304 dan bagaimana kualitas merk tsb? Trmksh atas jawabannya. Dari aa' grobogan.

  4. Merk Haichi adalah produk China, seperti komentar saya di atas bahwa rata-rata setiap produsen memiliki pilihan tipe produk untuk satu jenis produk. Karena Haichi adalah jenis brand, bukan class type.
    Maksudnya Haichi memproduksi beberapa jenis stainless steel, jadi produk haichi tidak selalu ber-tipe 304. Masalah kualitas, sebenarnya material yang digunakan dengan pertimbangan tempat, guna, dan pengaruh lingkungan.
    Tipe Stainless Seel 304 berkualitas bagus jika digunakan diarea yang mengindari zat asam atau tidak berinteraksi dengan air garam / air laut.
    Untuk pemakaian pada perabotan, pagar atau yang lain di rumah. Tipe 304 sudah cukup punya daya tahan.
    Semoga penjelasan saya bisa membantu Pak Aa’ Grobogan. Jika mungkin kurang jelas bisa ditanyakan kembali dan terima kasih kunjungannya.

  5. Sebelumnya perkenalkan, nama saya Ferla dari PT. Seoul Nikko Jakarta.
    Perusahaan kami bergerak di bidang welding materials consumable (Kawat Las). Kami adalah spesialis kawat las untuk Stainless Steel, Aluminum, Titanium,Copper,Silver dll. Brand produk kami adalah NICHIA (Made in Japan).

    Kawat las ini sengaja kami datangkan dari jepang karena faktanya menurut ISO, dari semua produk Logam/metal didunia memiliki kualitas paling unggul adalah Jepang.

    Bahkan sewaktu kami tour ke pabrik NICHIA NIKKO-YOZAI JAPAN ニツコー熔材工業株式会社
    ,saya sempat tercengang karena disana memproduksi beberapa brand kawat las yang tersebar di indonesia dengan tipe" spesial seperti Cast Iron dan Problem Steel.

    Jadi buat bro" para WELDER dan KOKO pemilik usaha yang mau meningkatkan kualitas produknya, nggak ada salahnya tester n mampir ke toko kami di,

    LTC/Lindeteves Trade Center Lt.GF2 Blok C30 No.10
    Jl.Hayam wuruk No.127 jakarta barat 11180
    Tel :(+6221) 2607 1148

    Hari Senin-Jumat :08:00-17:00
    Hari Sabtu :08:00-14:00

    (Produk kami ASLI dan BERSERTIFIKAT,
    Bukan akal”an packing brand lain)

  6. Stainless Steel Type 316 adalah austenitic chromium-nickel yang yang mengandung molibdenum dengan komposisinya sbb:
    Karbon 0,08% (maksimal),
    Mangan 2,00% (maksimal),
    Fosfor 0,045% (maksimal),
    Silikon 0,75% (maksimal),
    Khrom 16 – 18%
    Nikel 10 – 14%
    Molibdenum 2 – 3%
    Nitrogen 0,10% (maksimal),
    Zat besi seimbang
    MEmpunyai tingkat ketahanan terhadap korosi ( tahan terhadap sulfur, asam formic, asam tartaric, asam sulfat dan klorida basa) dan ketahanan pada suhu tinggi, Type 316 mirip dengan tipe 304 .
    Kandungan karbaon sangat rendah, mengurangi bahaya carbide precipitation saat pengelasan.
    Biasa digunakan pada perangkat bersuhu tinggi seperti pada tungku pemanas, mesin jet, dan zat kimia seperti pada peralatan farmasi, chemicaldll.
    Type lain dari 316 adalah 316L.

  7. Yang paling tepat menggunakan jenis ER316 (Arcaloy 316/316L), ada penambahan molibdenum pada welding rod jenis ini, kandungan karbon hanya 0,03%, merupakan jenis low carbon (karbon rendah) spesifikasi yang terdapat dalam rod jenis ini adalah*:
    Si – 0.9%
    Fe – Rem%
    Cu – 0.75%
    Mn – 0.5-2.5%
    Cr – 17-20%
    P – 0.04%
    C – 0.04%
    Mo – 2-3%
    S – 0.03%
    Ni – 11-14%
    Atau jenis 16-8-2
    yang pasti perhatian terhadap efek hot cracking atau retak panas, jenis diatas memiliki keunggulan tersebut. Dan kecepatan pengelasan yang lebih rendah, artinya ketahanan pada pengelasan lambat.
    *pada produk tertentu.

  8. Salam Mas,
    Kalau untuk membuat mata kail/pancing yang tahan air laut, mudah di kerjakan tanpa memakai panas dan tidak mudah bengkok! Bahan type apa yang cocok Mas! Dan mudah mendapatkannya di pasaran Indonesia serta murah harganya?
    Terimakasih,
    Salam

  9. selamat siang mas, untuk penggunaan sebagai pisau pemotong daging sapi (aman sebagai makanan), dengan bentuk bulat/silinder (dia. -+ 20 cm) idealnya menggunakan SS bertipe apa ya? terima kasih

  10. Mau tanya mas. Berarti bagus tdk nya stainless steel tergantung type dan jenis yg digunakan ya ? Pada umumnya bengkel las untuk pagar, ornamen, canopy menggunakan jenis dan type yg mana ? (Normal nya) dan apabila mau menggunakan yg lbh rendah, sebaiknya menggunakan jenis yg mana ? Tapi dengan ketahanan yang sama.
    Terima kasih. Sukses selalu

  11. Salam Mas,.
    Saya mau masukan dan pencerahannya Mas,.
    Begini, Saya punya masalah dengan pemakaian stainless steel sebagai katoda elekrisasi dari generator HHO,. yang mana permukaan dari katoda-katoda tersebut mengalami korosi. Saya menggunakan stainless steel yang masih sedikit mengandung magnetis dan saya kurang tahu dari type berapa.
    pertanyaan : Stainless jenis apa yang paling bagus dipakai untuk saya gunakan,.?
    atas pencerahan nya saya haturkan terima kasih,.

    1. Walaikum salam mas Deswandri
      Untuk Anode sebaiknya menggunakan type 316L, sementara cathode-nya cukup menggunakan type 302 atau 304.
      Kandungan yang terdapat pada type 316L
      Stainless Steel Type 316 adalah austenitic chromium-nickel yang yang mengandung molibdenum dengan komposisinya sbb:
      Karbon 0,08% (maksimal),
      Mangan 2,00% (maksimal),
      Fosfor 0,045% (maksimal),
      Silikon 0,75% (maksimal),
      Khrom 16 – 18%
      Nikel 10 – 14%
      Molibdenum 2 – 3%
      Nitrogen 0,10% (maksimal),
      Zat besi seimbang
      MEmpunyai tingkat ketahanan terhadap korosi ( tahan terhadap sulfur, asam formic, asam tartaric, asam sulfat dan klorida basa) dan ketahanan pada suhu tinggi, Type 316 mirip dengan tipe 304 .
      Kandungan karbaon sangat rendah, mengurangi bahaya carbide precipitation saat pengelasan.
      Biasa digunakan pada perangkat bersuhu tinggi seperti pada tungku pemanas, mesin jet, dan zat kimia seperti pada peralatan farmasi, chemicaldll.
      Type lain dari 316 adalah 316L.
      Terima kasih semoga bisa membantu.

  12. Asalamu’alaikum mas,.
    Terima kasih mas atas masukan dan pencerahan nya, Saya akan coba seperti yang anda anjurkan.dan Saya tergantung sekali pada penggunaan HHO untuk genset saya,.lumayan kan Mas,1 liter solar bisa 4 jam dan genset Saya bisa ramah lingkungan.
    Untuk sementara cukup Mas, lain kali saya mitapencerahan nya lagi.

    salam Saya
    Deswandri

    1. Kebanyakan wadah, pipa dan peralatan yang kontak langsung dengan makanan dibuat dari stainless steel type 304 atau 316 (jenis stainless steel austenitik).
      Kandungan 17% kromium stainless steel feritik (pada type 430) juga umum digunakan untuk splashbacks, tatakan dan rak peralatan, di mana persyaratan ketahanan korosi tidak begitu diperhatikan.

    1. Salam kenal juga Pak Ali.
      Untuk jenis Stainless Steel UNS S31803 adalah jenis SS Duplex, yang memiliki karakteristik paduan, karena secara proses produksinya adalah penggabungan antara austenit dan fase ferit. Penambahan kandungan nitrogen untuk memantafkan kekuatannya terhadap ancaman korosi.
      Kawat las yang sesuai dengan karakteristik baja ini adalah kelas ER2209 (contoh jenisnya adalah Executive 2209 Duplex) atau kelas E2209T1-1/4 (contoh jenisnya adalah Kobe DW-2209).
      Demikian terima kasih atas kunjungannya.

    1. Baja AISI 4140 adalah paduan antara kromium, molibdenum, dan mangan. Baja jenis ini memiliki karakteristik yang tangguh terhadap abrasi, dampak resistansi, kekuatan puntir.
      Kandungannya adalah:
      Besi(Fe): antara 96,785 – 97,77
      Kromium (Cr): 0,80 – 1,10
      Mangan (Mn): 0,75 – 1,0
      SilikonSi) : 0,15 – 0,30
      Molibdenum (Mo): 0,15 – 0,25
      Sulfur (S): 0,040
      Fosfor (P) : 0,035
      Sifat fisik AISI4140, antara lain:
      Massa jenis: 7,85g/cm3
      Titik lebur : 14160C
      Sifat mekanis:
      Kekuatan tarik hingga 655Mpa
      Kekuatan luluh : 415Mpa
      Modulus bulk: 140Gpa
      Modulus geser : 80Gpa
      Modulus elastisitas: 190 – 210 Gpa
      Rasio poisson : 0,27 – 0,30
      Data yang dibutuhkan selanjutnya mungkin perlu ditanyakan lagi silahkan!
      Terima kasih atas kunjungannya. Pak Andika.

  13. Maaf Pak banyak tanya, masih newbie,
    Untuk plat A516 Gr.70 Nace Mr0175 dan pipa A106 Nace Mr0175 kawat las yang digunakan jenis apa?

    Rgds,
    Ali

  14. Salam pak,
    saya mau tanya, bahan yang di pakai untuk membuat sabut stainlis steel untuk pembersih panci di pilih jenis apa pak (jenis yang paling murah)?
    Terima kasih.

  15. Permisi dan salam hormat.

    Saya sedang merancang sliding bushing dengan syarat utamanya adalah tahan karat.
    Dapatkah Bapak memberi informasi material apa yg dapat sy gunakan?

    1. Selamat sore Pak Billy,
      Istilah PHSS dalam pembahasan Stainless Steel adalah kependekan dari Precipitation Hardenable Stainless Steel.PHSS adalah jenis baja SS dari paduan material yang tahan korosi yang dipanaskan untuk mendapatkan nilai kekerasan, kekuatan tarik 850MPa hingga 1700MPa, menghasilkan kekuatan antara 520MPa hingga 1500MPa, jadi sekitar tiga atau empat kali lipat kekuatan dari SS austentik tipe 304 / 316.
      Jenis ini sering dupakai untuk aplikasi di industri minyak dan gas, industri nuklir dan teknologi pesawat terbang.
      Kekuatan pada SS ini dengan penambahan tembaga, molibdenum, aluminium dan titanium, baik secara tunggal maupun kombinasi.
      Begitu istilah PHSS menurut kami, silahkan menanyakan jika kurang jelas Pak Billy dan terima kasih kunjungannya.

  16. Mas Abi Royen,

    Salam kenal…mau nanya mas kalau dipakai buat wajan panggang (griddle) pakai plat stainless jenis apa ya mas? umumnya tebal berapa mili? thanks mas share ilmunya oke dan bermanfaat

    1. Halo Mas Totok
      Menurut saya untuk pembuatan wajan, terbaik adalah menggunakan aluminium yang di laminasi / dilapisi pada kedua sisi dengan SS tipe 304,
      keunggulan-nya adalah:
      1. Aluminium cepat menyebarkan panas ke seluruh permukaan wajan, dan ringan sementara
      2. SS tipe 304 karakteristik-nya adalah rendah tingkat porositas-nya (porositas = bahan yang mempengaruhi rasa, kadang hal ini menjadi penting ketika menemukan masalah kualitas rasa masakan)
      Untuk ketebalan tergantung pemakaian bahan pemanas-nya:
      Untuk pemanasan dengan kompor baik dengan ketebalan 19 mm hingga 22 mm (komersial)
      Untuk pemanasan dengan listrik cukup 10 mm hingga 13 mm (komersial)
      Ukuran ketebalan diatas dengan acuan komersial.sementara
      Untuk wajan pemakaian rumah tangga sekitar 1,6 mm – 3,2 mm
      Untuk wajan tradisional yang dulu sering kita temui sekitar 10 mm (1cm)

      Terima kasih kunjungan dan komentarnya Mas Totok

  17. Salam pak,

    Kalau untuk SS 304 dengan 1/2 hard itu apakah proses hardening dari plat SS304 ? Saya butuh hardness plat 304 sekitar 35HRC. Kebutuhan untuk di mesin diecutting kertas. Plat tersebut akan selalu impac dengan pisau.
    Karena kalau pakai SS 304 standard, plat nya yang kalah dengan pisau.

    Kalau untuk mencari plat SS 420 dengan hardness yg lebih tinggi lagi ( sekitar 45-48HRC ) ada referensi nya ?

  18. siang mas.. mohon bantuanya,, saya mau tanya komposisi yang terkantu pada ss tipe 201 apa saja ya mas,.?
    terima kasih

    1. Selamat siang juga Mas Suradin
      Komposisi dari Stainless Steel Tipe SS 201 :
      – Besi, Fe 72%
      – Chromium, Cr 16,0-18,0%
      – Mangan, Mn 5,50-7,50%
      – Nikel, Ni 3,50-5,50%
      – Silikon, Si 1.0%
      – Nitrogen, N 0.25%
      – Karbon, C 0,15%
      Terima kasih.

      1. Pak abi, bukan nya untuk tipe ss201 kadar nikel nya kurang lebih hanya 1% dan jika hampir 5% masuk nya ke tipe ss202, mohon penjelasan nya pak, terimakasih

      2. Pak abi, bukan nya untuk tipe ss201 kadar nikel nya kurang lebih hanya 1% dan jika hampir 5% masuk nya ke tipe ss202, mohon penjelasan nya pak, terimakasih

        1. Komposisi materi dari SS 202 adalah.
          Besi, Fe 68
          Chromium, Cr 17- 19
          Mangan, Mn 7,50-10
          Nikel, Ni 4-6
          Silikon, Si ≤ 1
          Nitrogen, N ≤ 0,25
          Karbon, C ≤ 0,15
          Fosfor, P ≤ 0.060
          Sulfur, S ≤ 0.030
          Satuan dalam %

  19. Saya mau nanya kalau untuk pisau atau parang yang digunakan untuk outdoor jenis stainles steel apa yang bagus ya?

    1. Secara mendasar semua banyak jenis Stainless Steel yang dibuat untuk pisau atau parang, namun yang paling populer adalah SS400,
      secara SS400 memiliki karakteristik yang mendukung, misalnya: yang pasti tahan korosi dan yang selanjutnya adalah mudah untuk mempertajam.
      terima kasih.

  20. Saya mau nanya kalau untuk pisau atau parang yang digunakan untuk outdoor jenis stainles steel apa yang bagus ya yang tajam gak mudah tumpul?

  21. siang mas, saya ingin bertanya mengenai maksud dari tipe S-STEEL0333-GNRL Square Tube 150 x 150 x 5mm x 6mtr. Mohon beri penjelasan ya mas, terima kasih.

    1. S-STEEL0333-GNRL
      Saya belum menemukan pengertian tentang istilah SS tersebut Mas, jika bukan kesalahan penulisan mungkin S-STEEL0333 merupakan serial produk dari produsen tertentu, karena jelas itu bukan seri atau tipe SS.
      Yang baru saya pahami adalah Square Tube beserta ukuran dimensinya tersebut.
      Terima kasih.

  22. Salam sejahtera mas.. Mo nanya.. Untuk knalpot motor mohon petunjuk bahan yg cocok dan harga yg tidak terlalu tinggi.. Trima kasih..

    1. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya Mas Putra
      Pada dasarnya untuk pembuatan knalpot bisa menggunkan beberapa bahan logam , seperti:
      1. Baja aluminized.
      2. Besi Cor.
      3. Tentunya Stainless Steel sesuai pembahasan di atas.
      Untuk jenis Stainless Steel yang memiliki karakter yang sesuai untuk pembuatan knalpot, yaitu yang membutuhkan karakter sebagai berikut:
      a. Tahan terhadap suhu yang tinggi,
      b. Tahan terhadap korosi,
      c. Mudah dibentuk sesuai keinginan, dan tentunya yang diharapkan adalah
      d. Harga yang relatif murah
      Jenis SS yang sesuai untuk beberapa poin diatas adalah jenis SS409.
      Jenis SS409 sudah biasa digunakan sebagai bahan pembuatan knalpot untuk tingkat industri.
      Tapi beberapa yang umum juga digunakan, dengan alasan mudah didapatkan adalah jenis SS304. Namun tentu harganya menjadi lebih tinggi.

      1. Pak Abi Royen,

        Saya tertarik dengan pembuatan knalpot yg bapak terangkan, dimana akan lebih ekonomis memakai type SS409, yang ingin saya tanya, dimana type ini bisa saya beli di indonesia. Karena jarang saya dengar. Mohon bantuannya. Dan terimakasih…

        1. Jakarta:
          CV. WIJAYA MAKMUR SENTOSA
          Lindeteves Trade Center (LTC Glodok)
          Lt. Semi Basement Blok B No.17-19 Jl.Hayamwuruk No. 127, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11180 Indonesia
          Hunting (021) 62202374, 62320174
          Fax (021) 6284079, 62320910
          Surabaya:
          Distributor Plat Stainless Steel Surabaya – Bp. Rudi 0852.8930.3000

  23. Salam mas. mau tanya apabila material ss410 digantikan dengan ss420 apakah tidak masalah. saya mempunyai studit kasus pada pasangan baut dan mur turbin. apabila baut terbuat dari ss 410 dan mur terbuat dari ss420 apakah tidak masalah? keadaan suhu sekitar sekitar >200 oC. Kira-kira tingkat pemuaian nya mempengaruhi permorma keduanya tidak ya? terimakasih.

    1. Jelas ada pengaruh. Secara jelas ss410 lebih baik dari ss420, menurut saya itu tidak akan menjadi ide yang baik untuk menggantikan bahan yang lebih rendah secara kualitas. Ini sebagai pembanding antara SS410 dan SS420:
      SS410
      SS 410 adalah paduan dari besi, diklasifikasikan sebagai stainless steel martensit, disebut dalam en numerik 1,4006, dalam kimia disebut X12Cr13, nomor UNS-nya S41000, dalam British Standard (BS) dieesbut sebagai 410S21.Jenis ini sangat menekankan kemampuan ketahanan korosi yang tinggi juga kekuatan tinggi serta kekerasan. Paduan 410 mengandung minimal 11,5% kromium yang cukup memiliki sifat ketahanan korosi dalam rendah atmosfer, dilingkungan kimia ringan. Ini adalah tujuan kelas umum yang sering disertakan dalam kondisi mengeras tapi masih machineable untuk aplikasi di mana kekuatan tinggi dan panas dan ketahanan korosi moderat diperlukan.
      SS420
      SS420 adalah jenis hardenable, stainless steel martensit yang merupakan modifikasi Dari SS410. Seperti SS410, Berisi minimal 12% kromium, SS420 memiliki kandungan karbon lebih tinggi dari paduan SS410 yang dirancang untuk dioptimalkan pada kekuatan.
      Secara, SS420 lebih “getas”. 🙂
      Kita ketahui bahwa menyatukan dua buah logam dengan kandungan berbeda akan mengakibatkan reaksi kimia diantaranya, untuk jangka panjang.
      Namun perbedaan tersebut akan menjadi nihil resikonya dalam pemakaian jangka pendek.
      Terima kasih.

  24. Selamat malam, Mas…
    Perkenalkan, saya seorang pengrajin wajan /kuali besar utk home industri di Jombang,Mas….
    Sebagian konsumen skrg mulai menuntut penggunaan stainless. Biasanya ketebalan mulai 10 mm. Saya buatkan dr jns 201 hanya bertahan 1 tahun, pecah. 304 lbh bertahan lama…
    Jadi saya mohon info mengenai plat ss yg paling tepat untuk pembuatan wajan atau kuali.
    Kalo bisa sekalian toko/agen penjualnya.
    Demikian, terima kasih.

    1. Jenis SS300. jenis SS austenit, yang paling umum seri SS304, ini sudah berkelas untuk pembuatan peralatan masak-memasak,
      SS ini juga dikenal sebagai 18/8 dengan komposisi 18% kromium dan 8% nikel. SS304 dapat disebut sebagai SS A2. Baja austenit kedua yang paling umum adalah SS316, juga disebut sebagai SS A4, digunakan terutama untuk kebutuhan ketahanan tinggi terhadap korosi, komposisinya adalah 18% kromium dan 10% nikel, umumnya dikenal sebagai SS 18/10, paling sering digunakan dalam pembuatan sendok garpu dan peralatan masak berkualitas tinggi.
      Dan…kenapa tidak menggunakan tipe SS304 atau yang SS316 saja Mas?
      Terima kasih.

    2. Wawan Handayanu,
      Saya butuh produk wajan anda, bisa diinfokan alamat & No HP/Tlp?
      Terima kasih.
      Dan buat mas Abi Royen, saya sdh baca2 semua pertanyaan2 dan jawaban dari anda, sungguh luar biasa, anda murah hati menjawab pertanyaan2 tsb tidak pelit ilmu….Terima kasih & GB

  25. Salam kenal mas.
    saya adalah pengguna rokok elektrik(vapor) saya Mau tanya ss type berapa ya Mas yg kira2 cocok Dan aman untuk coil burner yg berfungsi menguapkan liquid vegetable glycerin untuk dihisap lgsg masuk kedalam paru2(inhale), karena saya pernah dengar kandungan logam tertentu dapat mengeluarkan racun jika dipanaskan dalam suhu tertentu. trims ya Mas.
    #stopsmookingstartvaping

    1. Menurut penelitian, kandungan pada stainless steel yang memungkinkan mengeluarkan racun adalah pelepasan kandungan nikel.
      Contoh pada jenis AISI 303 pelepasan nikel diatas 0,5 mg/cm2
      Tidak ada kepastian tingkat keamanan untuk pemakaian SS yang langsung bersentuhan dengan organ tubuh manusia.
      Misalnya hanya efek kandungan nikel saja bisa berinteraksi dengan kulit dan menyebabkan alergi.
      Mungkin yang ada adalah meminimalisir dengan mencari SS rendah nikel.
      Kesimpulannya semua SS menghasilkan toxin dalam berbagai skala.
      Apalagi pada suhu panas akan lebih mempercepat proses.
      Terima kasih

    1. Contoh yang paling sederhana pemakaian stainless steel adalah pada peralatan dapur.
      Biasanya menggunakan type 304 atau 304L yang memiliki kandungan dasar sebagai berikut:
      Jenis 304
      Karbon 0.08 max.
      Mangaan 2.00 max.
      Pospor 0.045 max.
      Sulfur 0.030 max.
      Silikon 0.75 max.
      Kromium 18.00-20.00
      Nikel 8.00-12.00
      Nitrogen 0.10 max.
      Baja Seimbang
      Jenis 304L
      Karbon 0.03 max.
      Mangaan 2.00 max.
      Phospor 0.045 max.
      Sulfur 0.030 max.
      Silikon 0.75 max.
      Kromium 18.0-20.0
      Nikel 8.0-12.0
      Nitrogen 0.10 max.
      Baja Seimbang

  26. salam kenal mas,
    untuk bahan pembuatan sudu tubin uap lebih baik menggunakan seri AISI 301 atau 401?. komposisi kimianya dari seri 3 dan 4 menggunakan apa saja?. dan karakteristik dari seri 3 dan 4 apa saja ma?
    mohon penjelesanya,
    terimakasih

    1. Kandungan pada AISI 301:
      Carbon 0.15 max
      Chromium 16 – 18
      Iron Seimbang
      Manganese 2 max
      Nickel 6 – 8
      Phosphorus 0.045 max
      Silicon 1 max
      Sulphur 0.03 max
      Jenis 301 umumnya austenitic steel dengan ketahanan korosi yang baik dan karbon tinggi untuk memungkinkan pada kerja dingin.
      Aplikasi : Otomotif, peralatan dapur, klem selang, peleg roda, komponen pesawat dan berbagai aplikasi industri.
      Dapat menggunakan berbagai macam teknik pengelasan.
      Penempaan pada suhu 2000-2200 derajat F (1093-1204 C) dan finish di 1700 F (927 C).
      Densitas (lb / cu. in.) 0.29
      Berat jenis 7.8
      Spesifikasi terhadap panas (Btu/lb/Deg F – [32-212 Deg F]) 0.12
      Tahanan listrik (microhm-cm (at 68 Deg F)) 432
      Modulus Elasticity Tension 28

  27. Salam kenal mad,may Tanya niech,sy ada rencana membuat wheldop truck Dari plat steinless,mirip2 baskom tempat sayur lah…pertanyaan sy,apakah plat steinles Judah dibentuk seperti baskom atw nampan?klo bisa,pakai sy jjenis gimana platnya?

    1. Plat Stainless Steel dijual umumnya berbentuk lembaran/sheet, ukuran yang tersedia mulai+
      Panjang X Lebar :
      – 1×2 meter
      – 1,22 X 2,44meter (4x8feet)
      – 1,22 x 3 meter (4x10feet)
      Ada juga yang ukuran khusus
      – 1,5 x 6 meter (5x20feet) (khusus tebal plat 3mm keatas).
      Untuk pembentukan, cukup mudah, metodenya tergantung ketebalan yang diperlukan. Sama seperti penanganan bending pada pelat logam lainnya.

  28. Salam kenal mas.saya mau nanya saya beli jam seiko rantai..rantai tersebut ada tulisan stainless steel tipe B.maksud dari stainless tipe B apa ya mas..tolong penjelesannya

    1. Saya tidak mengetahui kode atau jenis stainless steel semacam itu Pak Willy (SS-B). Atau mungkin itu hanya kode jenis rantai yang digunakan dari beberapa macam model rantai, bisa saja ada SS-E atau yang lain untuk model lain. (Ini hanya menebak)
      Maaf pak Willy belum dapat membantu sepenuhnya.

  29. ass mas,saya mau nanya mas…bisakah memberi tau saya tentang jenis stainless yg tertinggi hingga terendah,dan daftar harganya skalian ya mas…maklum mas saya baru mau merintis pengerjaan stainless.mohon dibantu ya..

  30. Maaf mas , saya mau nanya hehe

    SUS 304 dan AISI 304 itu apakah sama atau tidak ?
    jika tidak perbedaanya dimana ya ?

    saya ingin tau konduktivitas thermal SUS304 tapi yang ada hanya konduktivitas thermal dari AISI304 .

    mohon bantuanya jika tau .
    terimakasih ^^

    1. SUS adalah kode standar Jepang untuk stainless steel, setara dengan SAE.
      Dan AISI adalah standar yang di pakai oleh Amerika sesuai kepanjangannya : American Iron and Steel Institute.
      SUS 304 sama dengan / setara:
      – DINX5CrNi1810 (standar DIN)
      – AISI 304 (standar AISI)
      – X4CrNi18-10 (standar EN)
      – BS304S31 (standar BS)
      – 11 (standar ISO)
      Jadi menurut saya semua sama.

  31. Assalamualaikum. Terimakasih ya mas infonya bener-bener bermanfaat #jujur saja untuk material itu penjelasan yang ada suka panjang+sulit dicerna tapi ini beda. Kalau boleh saya mau minta kontaknya gt mas soalnya sering butuh tanya soal mesin dan komponen. Terima kasih 🙂

  32. Assalamualaikum. Terimakasih ya mas infonya bener-bener bermanfaat #jujur saja untuk material itu penjelasan yang ada suka panjang+sulit dicerna tapi ini beda. Kalau boleh saya mau minta kontaknya gt mas soalnya sering butuh tanya soal mesin dan komponen. Sekali lagi terima kasih 🙂

  33. Mas abi saya mau tanya ,maklum gak tahu tentang stenliss,kebetulan saya punya hoby olahraga tembak target ,senapan gas saya ingin diganti pake stenliss untuk tabung angin nya ,hanya saja di toko toko gak dicantunmkan kode 301-302-304 dst….tahu stenliss saja,
    Pertanyaan nya ,untuk tabung stenliss yang tanpa sambungan atau kekuatan nya berapa psi maksimalnya ketebalan pipa 2,5mm ,terima kasih sebelumnya

    1. Yang cukup kuat untuk tekanan type 304, untuk perhitungan tekanan tabung stainless steel adalah: (angka contoh)
      P = 2st / ((d-2t) SF)
      di mana,
      P = max.
      tekanan kerja (psig)
      s = kekuatan material (psi)
      t = tebal (in)
      d = diameter luar (in)
      SF = faktor keamanan (pada umumnya antara 1,5-10)
      Jadi, jika menggunakan faktor keamanan “2,0” maka
      P = 2 ( 42.000) (0,5) / ((1,5-1,0) 2,0)
      P = 42.000 PSI

    1. Alat masak sekarang rata-rata menggunakan Stainless Steel, alat-alat kedokteran, alat-alat laboratorium, tanki air, pisau dan banyak contoh alat terbuat dari stainless steel.

      1. salamt siang mas saya mau tanya
        saya punya baja slainless steel yang mempunyai unsur komposisinya sebagai berikut :
        Fe: 72.5 , C: 0,0432 , Mn: 14.5 , Cr: 11,4 , Ni: 0.405 , N: 0,0722
        itu termasuk tipe baja apa ya mas ?
        terimakasih sebelumnya

  34. Mau Tanya mas..saya blm tau tentang jenis kandungan dan ketahanan bahan stainless..dan saya mau membuat bhusing dan sleeve sepasang, maksudnya bushing pada posisi yang diam dan sleeve posisi berputar di diameter dalam bushing (sebagai pengganti bearing). yg ingin saya tahu seberapa besar pemuaian dan seberapa tinggi suhu yang didapat sehingga stainless dapat memuai.? karena meliahat kerja gesekan antara bushing dan sleeve cukup tinggi dan rapat? mohon penjelasan dan masukan nya. trimaksaih..

  35. salamt siang mas saya mau tanya
    saya punya baja slainless steel yang mempunyai unsur komposisinya sebagai berikut :
    Fe: 72.5 , C: 0,0432 , Mn: 14.5 , Cr: 11,4 , Ni: 0.405 , N: 0,0722
    itu termasuk tipe baja apa ya mas ?
    terimakasih sebelumnya

  36. salamt siang mas saya mau tanya
    saya punya baja slainless steel yang mempunyai unsur komposisinya sebagai berikut :
    Fe: 72.5 , C: 0,0432 , Mn: 14.5 , Cr: 11,4 , Ni: 0.405 , N: 0,0722
    itu termasuk tipe baja apa ya mas ?
    terimakasih sebelumnya

  37. selamat siang mas. saya mau nanya
    klo dibuatkan tabel perbandingan utk mesh ss 201 304 308 316
    kan lebih enak tuh mas komposisi
    perbedaannya,
    terimaksih sebelumnya

  38. Selamat siang mas Abi, mohon ijin untuk bertanya…
    Untuk membuat railling tangga sebaiknya menggunakan pipa SS tipe apa ya?
    Terimakasih

  39. saya mau nanya pak, untuk pengelasan material duplex uns32205 bisa kah di las dengan pengelasan GTAW dengan elektroda ER 308L? pengaruh material duplex UNS 32205 jika dilas dengan elektroda ER 308L apa pak? apakah mengurangi ketahanan korosi pada material? terima kasih

    bisa bapa bales ke gmail saya : aldiokto14@gmail.com

    1. Banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan SS high friction (gesekan tinggi), jenis untuk gesekan basah, kering maupun, berlapis dan pasangan gesekannya.
      Saya asumsikan untuk gesekan kering dan bahan yang sama rekomendasi tetap SS316L

    1. SS310 adalah jenis SS austentik yang dibuat untuk suhu tinggi serta penggunaan tahan korosi.
      Tahan olsidasi hingga 2010 derajat Fahrenheit / 1100 derajat Celcius.
      SS310 tahan terhadap sulfidasi akibat kandungan kromium dan nikel yang tinggi.
      Kandungan dalam persen:
      Kromium 24 hingga 26 (maks)
      Nikel 19 hingga 22 (maks)
      Karbon 0,25
      Mangaan 2
      Fosfor 0,045
      Sulfur 0,03
      Silikon 1,5
      Besi seimbang
      Properti fisik
      Densitas 0.285 Ibs/in3 (7.89 g/cm3)
      Resistivitas Listrik 30.7 Microhm-in pada suhu 68°F (78.0 Microhm-cm pada suhu 20°C)
      Melting Range 2470–2555°F (1354–1402°C)
      Spesifikasi panas 0.12 BTU/lb-°F (32–212°F) [502 J/kg-°K (0–100°C)]
      Elastisitas modulus 28.5 x 106 psi (196 GPa)
      Konduktivitas thermal 8.0 BTU/hr/ft2/ft/°F (10.8 W/m-°K)

  40. mas mau tanya bisa jelasin astm a743 cf8m termasuk baja apa ? spesifikasinya ? karakteristiknya dan juga apa tahan korosi seperti air laut
    trimakasih sebelumnya

    1. ASTM A743 CF8M juga termasuk SS, dengan spesifikasi kandungan sbb:
      Spesifikasi Standar
      Karbon: 0,08 maks
      Mangan: 1,50 maks
      Silikon: 2.0 maks
      Sulfur: 0,040 maks
      Fosfor: 0,040 maks
      Kromium: 18.0-21.0
      Nikel: 9.0-11.0
      Molibdenum: 2.0-3.0

      CF8M adalah modifikasi dasar molibdenum paduan CF8 dan setara dengan SS AISI 316. Tambahan kandungan molibdenum berpengaruh meningkatkan ketahanan terhadap korosi dan ketahanan terhadap pitting oleh klorida. Paduan ini digunakan dalam kondisi asam dan basa yang ringan dan untuk penanganan asam sitrat, oksalat dan fosfat. Intinya karena termasuk SS, maka tahan terhadap korosi.

    1. Stainless Steel Band adalah jenis SS317L
      Paduan SS ini memiliki ketahanan korosi yang superior dan biasanya dibuat drum di pabrik pulp dan kertas. Kode “L” menunjukkan kandungan karbon rendah, yang secara signifikan meningkatkan karakteristik pengelasannya.

  41. Pak mau tanya tentang stainless Steel ini, pertanyaanku:
    Mengapa pembuatan jembatan tidak menggunakan modifikasi baja stainless steel? Dan apakah kekuatan stainless belum mampu menyeimbangkan kekuatan besi?

    1. Beberapa alasan berikut mungkin bisa membantu:
      1. Alasan harga bahan SS yang lebih mahal dari baja atau besi.
      2. Alasan SS belum diproduksi dengan bentuk sesuai struktur besar seperti jembatan.
      3. Alasan penyambungan jembatan dengan struktur jembatan, biasanya cor jembatan menggunakan besi. Menyambung antara besi dengan SS akan menjadi ancaman korosi yang lebih cepat kaena bertemunya dua logam yang berbeda jenis.
      4. Alasan fraktur dan ketahanan pengelasan SS.
      Beberapa perusahaan telah merancang jembatan berbahan stainless steel, tentunya dengan mengatasi masalah-masalah diatas, yang endingnya membutuhkan biaya lebih besar. Hal ini menjadi pertimbangan tentang target kebutuhan ketahanan jembatan yang akan dibangun.
      Apakah sudah sangat dibutuhkan dengan bahan SS?

  42. Pak Abi, saya masih pemula utk pekerjaan stainless steel utk membuat beberapa produk berbahan Plat Stainless Steel
    Type SS yang saya akan gunakan adalah SS 304 & 316 denga ketebalan plat anatara 0,8 – 2mm.
    Pertanyaan saya, jenis kawat las/elektroda apa saja yang paling cocok utk pengelasan agar sambungan plat menjadi kuat & tidak memuai / bocor?
    Dan pada suhu berapa oC / Ampere yg ideal?
    Saya menunggu kabar baiknya.
    Terima kasih

  43. selamat sore Pak,
    Mohon diberikan penjelasan penyebab PIPA SS304 Setelah di pasang kurang lebih 1 minggu tampak luarnya atau bodynya berkerak atau timbul seperti karatan gitu,

  44. Pak saya mau nanya, kalo tipe ss201 itu untuk knalpot motor bagus atau tidak ? Dan ketahanan dari korosinya bagaimana ? Terima kasih.

  45. Pak, mohon bantuannya.kalo jam tangan itu biasanya memakai SS tipe brapa y?? Trus kalo untuk alat alat traktor apakah juga bagus memakai SS,bagusnya tipe brapa y pak??makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.