Pengertian medan elektromagnetik

   Tanpa kita sadari di sekitar kita terutama di peralatan rumah tangga kita mengandung medan elektromagnetik. Jadi apa sebenarnya medan elektromagnetik itu? apakah medan elektromagnetik?


   Medan elektromagnetik, kadang-kadang disebut sebagai medan EM, dihasilkan ketika partikel bermuatan, seperti elektron, yang dipercepat. Jadi medan elektromagnetik adalah Semua partikel bermuatan listrik dikelilingi oleh medan listrik. Partikel bermuatan bergerak menghasilkan medan magnet. Ketika kecepatan perubahan partikel bermuatan, maka medan EM diproduksi.

Pengertian medan elektromagnetik
    Bidang elektromagnetik pertama kali ditemukan pada abad ke-19, ketika fisikawan menyadari bahwa busur listrik (percikan api) bisa direproduksi dari kejauhan, tanpa menghubungkan kabel di antara keduanya. 


   Hal ini menyebabkan para ilmuwan untuk percaya bahwa ada kemungkinan untuk berkomunikasi jarak jauh tanpa kabel. Pemancar radio pertama memanfaatkan busur listrik. Ini “percikan pemancar” dan penerima yang terkait adalah sebagai menarik untuk orang-orang di awal abad 20 sebagai internet saat ini. Ini adalah awal dari apa yang sekarang kita sebut nirkabel komunikasi.

    Medan elektromagnetik biasanya dihasilkan oleh arus (alternating AC ) dalam konduktor listrik. Frekuensi dari AC dapat berkisar dari satu siklus dalam ribuan tahun (pada ekstrim rendah) ke triliun atau quadrillions siklus per detik (pada suhu yang sangat tinggi).


   Unit standar frekuensi EM adalah hertz. Sebuah frekuensi 1.000 Hz adalah onekilohertz (kHz); frekuensi 1.000 kHz adalah salah satumegahertz (MHz); frekuensi 1.000 MHz adalah salah satu gigahertz (GHz).

    Panjang gelombang medan EM adalah terkait dengan frekuensi. Jika frekuensi f dari gelombang EM ditentukan dalam megahertz dan w panjang gelombang ditentukan dalam meter (m), maka dalam ruang bebas, keduanya berhubungan dengan rumus

w = 300 / f

   Sebagai contoh, sebuah sinyal pada 100 MHz memiliki panjang gelombang 3 m, atau sekitar 10 meter. Rumus yang sama ini berlaku jika frekuensi dalam gigahertz dan panjang gelombang ditentukan dalam milimeter (mm). Dengan demikian, sinyal pada 30 GHz akan memiliki panjang gelombang 10 mm, atau sedikit kurang dari setengah inci.

    Bidang energi EM disebut spektrum radiasi elektromagnetik . Dalam teori, ini memanjang dari panjang gelombang panjang untuk panjang gelombang pendek.

 Sementara dalam ilmu fisika elektromagnetisme, sebuah medan elektromagnetik adalah sebuah medan terdiri dari gabungan antara dua medan vektor yang berhubungan yaitu : medan listrik dan medan magnet.

Elemen elemen medan elektromagnetik

Vektor

Vektor adalah sebuah bilangan yang memiliki nilai dan arah, Vektor memiliki 2 Metode : Diantaranya :1. Metode Grafik
  1. Metode jajaran Genjang ( = 2 Vektor )
  2. Metode Poligon ( ≥ 2 Vektor )
2. Metode Uraian

Baca Juga :  Cara menghitung nilai Kapasitansi pada Kapasitor
Perkalian Vektor

  1. Perkalian Vektor Dengan Skalar
  2. Perkalian Vektor Dengan Vektor
a. Dot Product. adalah operasi aljabar yang mengambil dua urutan yang sama-panjang angka (biasanya koordinat vektor ) dan mengembalikan satu nomor.
b. Cross Product ( Metode Sarrus ). Metode sarrus dapat digunakan untuk mencari determinan matriks berordo sampai dengan 3.

Hukum Coloum

Hukum coloum adalah gaya yang terjadi pada benda yang memiliki kelebihan muatan baik electron, proton, dan muatan lainnya.

Intensitas Medan Listrik

Intensitas medan listrik dalah Kejadian yang terjadi pada sebuah titik yang disebabkan muatan sumber .

Fluks Listrik ( Intensitas )

Adalah bagian garis – garis kuat medan listrik yang menembus sebuah permukaan bidang.

Hukum Gauss

Hukum Gauss dalah jumlah garis – garis medan listrik pada suatu bidang tertutup sama dengan jumlah muatan yang menghasilkan fluks tersebut.

Potensial Listrik

Jika kuat medan listrik adalah besaran vector, maka potensial listrik adalah besaran scalar.

Energi Potensial Listrik

Gaya coloum adalah besaran vector, sedangkan energy potensial adalah besaran scalar.

Kapasitansi

Adalah ukuran jumlah muatan listrik yang disimpan untuk potensial listrik yang telah ditentukan.

Induktansi

Adalah rasio atau perbandingan fluks magnetic lingkup terhadap arus yang menghasilkan fluks tersebut. Komponen ( Induktor ).

Medan Magnet Toroida

Yaitu medan magnet yang bekerja pada toroida.

Fluks Magnetik

Adalah banyaknya garis medan magnetic. Yang menembus permukaan bidang secara tegak lurus.

GGL ( Gaya Gerak Listrik ) induksi

Sebuah kawat berbentuk loop berada didalam medan magnet dan ujung-ujungnya dihubungkan dengan galvanometer seperti pada gambar disamping, ketika kawat digerak-gerakkan dalam medan magnet dengan arah keluar masuk, jarum galvanometer akan menyimpang ke kanan dan ke kiri. Bergeraknya jarum galvanometer menunjukkan adanya arus listrik yang mengalir pada loop tersebut. Gejala ini disebut induksi elektromagnetik. Arus listrik yang dihasilkan dengan cara demikan disebut dengan arus listrik induksi.

    Beberapa hal dalam pengertian medan elektromagnetik berhubungan dengan faktor faktor maupun elemen pendukung.


Loading...
loading...
2 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *