Pengertian Thermo Hygrometer dan KegunaannyaAbi Blog

Pengertian Thermo Hygrometer dan Kegunaannya

Pengertian Thermo Hygrometer ~ Pengecekan setiap kondisi suhu, kelembapan, tekanan, dan sebagaiya, sekarang ini sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Munculnya berbagai alat yang memungkingkan untuk melakukan hal tersebut tidak lagi sulit ditemukan.

Bahkan bisa didapat penyedia peralatan yang dipakai untuk mengukur setiap kondisi yang ada dalam kebutuhan kita, dan alat yang dimaksud adalah Thermo Hygrometer.

Baca Juga :  Cara Kerja Piezoelektrik dan Pengertiannya
Pengertian Thermo Hygrometer
Thermo Hygrometer

Pengertian Thermo Hygrometer

Thermo Hygrometer merupakan salah satu alat pengukuran yang bisa anda pakai dengan cara yang simple. Untuk pengertiannya sendiri, thermo hygrometer berasal dari dua kata, yaitu thermo dan hygrometer.

Kata thermo memperlihatkan bahwa alat ini dapat dipakai untuk menhukur suhu pada sebuah ruangan (thermometer). Sedangkan hygro berarti bahwa alat ini juga bisa dipakai untuk mengukur kelembapan suatu ruangan (hygrometer).

Jadi, thermo hygrometer merupakan suatu alat yang dapat anda pakai untuk mengukur suhu ruangan, sekaligus kelembapan ruangan

Thermo hygrometer termasuk salah satu alat ukur canggih, karena anda dapat memakai thermo hygrometer untuk mengukur suhu dan kelembapan suatu ruangan, yang tidak hanya yang tertutup saja (indoor), tapi juga ruangan yang terbuka sekalipun (outdoor).

Penggunaan Thermo Hygrometer

Apabila anda ingin mengukur suhu dan kelembapan sebuah ruangan, caranya sangat mudah, yaitu dengan melihat angka digital yang tampak pada thermo hygrometer. Tapi sebenarnya alat thermo hygrometer tidak hanya tersedia dalam bentuk digital, tetapi juga analog.

Kedua jenis thermo hygrometer tersebut sama saja cara kerjanya, hanya saja jika memakai thermo hygrometer yang jenis digital. Cara melihat suhu dan kelembapan dapat dilihat dari angka yang muncul secara jelas.

Sedangkan jika anda memakai thermo hygrometer dengan jenis analog, anda harus memperhatikan ukuran suhu dan kelembapan dari arah jarum yang nantinya akan menunjuk ke arah angka.

Selain memperhatikan jenisnya, cara pengukuran dengan thermo hygrometer juga harus diperhatikan pada skalanya. Biasanya, alat ukur thermo hygrometer mempunyai dua skala untuk proses pengukurannya.

Skala yang pertama akan menunjukkan anda nilai suhunya, sedangkan skala satunya menunjukkan kelembapannya.

Bagian-bagian Thermo Hygrometer

Dalam sebuah thermo hygrometer, biasanya terdapat dua thermometer, antara lain thermometer dry bulb dan thermometer wet bulb.

Thermometer dry bulb terdapat sumbu kapas yang kering, sedangkan wet bulb terdapat sumbu kapas dengan jenis yang kering dan biasanya terendam air.

Dari keduanya, wet bulb yang lebih mempunyai peranan penting bagi proses kerja thermo hygrometer.

Alat pengukur thermo hygrometer akan bekerja berdasarkan suatu fenomena yang biasa disebut sebagai penguapan dingin. Apabila air menguap pada suatu permukaan, maka permukaan akan menjadi dingin karena molekul yang ada pada air.

Hal ini karena molekul air akan membawa energi panas yang dibawa dari permukaan selama proses penguapan. Akibat dari efek pendinginan tersebut, maka wt bulb akan selalu menunjukkan temperature yang lebih rendah dibandingkan dry bulb.

Penguapan air dari pemukaan wet bulb akan menghasilkan nilai yang sebanding dengan kelembapan udara yang ada di atmosfer lingkungan anda berada.

Nah, itu tadi penjelasan tentang salah satu alat ukur yang diberi nama thermo hydrometer. Dengan alat ini, ternyata anda dapat mengukur suhu dan kelembapan dengan mudah sekali.

Sebaiknya agar lebih jelas anda langsung mencoba alat ukur thermo hygrometer sambil memperhatikan uraian pada artikel ini.

Alat ini sangat berguna sekali untuk mengetahui keadaan lingkungan kita sekarang apakah sedang dalam kondisi yang rendah atau tinggi, begitu pula dengan kondisi kelembapannya.

Semoga artikel Pengertian Thermo Hygrometer ini sangat bermanfaat bagi anda dan memberi pemahaman bagi anda sebelum mencoba thermo hygrometer secara langsung.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *