Penggantian baterai pada ‘battery bank’

Diposting pada
   Pembahasan yang unik pada pekerjaan perbaikan battery bank. Sering tidak di ketahui apa penyebab dengan pasti pada saat penurunan kapasitas baterai pada sekumpulan baterai di battery bank. Hal ini wajar mengingat battery bank memiliki sekian bagian baterai yang tersusun yang menyatu menjadi sebuah bank.
    Perlu pengecekan satu persatu tentunya pada kasus ini dan membutuhkan beberapa waktu untuk melakukannya. Tergantung dari model/ bentuk dan cara paking dalam kesatuan baterai tersebut.
    Pada setiap bagian battery memiliki karakter dan usia yang berbeda meskipun menggunakan merk sama, kapasitas sama, tentunya dalam pemakaian yang sama karena dalam satu rangkaian penyambungan.
Penggantian baterai pada 'battery bank'    Kenapa bisa berbeda?. Setiap material pembuatan baterai mempunyai respon tertentu dan mandiri terhadap tegangan masuk, tegangan buang, panas/ suhu pada saat bekerja. Hal hal lain misalnya koneksi antara terminal timbal battery yang kurang sempurna juga mengakibatkan kerusakan.     
   Dan dalam sebuah kumpulan battery pada waktu tertentu akan terjadi ketidak seimbangan (sulfation internal), dan ini awal dari penurunan kapasitas bekerja dari battery bank tersebut.

Apa yang kita lakukan pada saat terdeteksi bahwa hanya beberapa baterai saja yang mati? Atau berfungsi tidak maksimal secara kapasitas?


    Kegagalan atau spesifiknya kerusakan salah satu baterai yang terlalu lama akan menimbulkan beban berbeda dalam sebuah susunan baterai. Dan menjadi semacam parasit dalam kumpulan tersebut, akibat untuk waktu lama adalah kemungkinan besar mempengaruhi battery lain menuju kerusakan yang sama.

Apa solusi terbaik jika diketemukan beberapa baterai saja yang mengalami kerusakan?


   Solusi terbaik adalah buang semua baterai itu dan ganti satu set yang baru!. Kemungkinan untuk mengganti battery baru pada beberapa baterai yang rusak mungkin bisa di lakukan namun apa dampak dari hal itu jika di lakukan?        Secara manufaktur produksi sebuah baterai dari masa ke masa akan terjadi perubahan meskipun tidak signifikan, meskipun dengan type sama, kapasitas sama bahkan nomor seri yang sama sekalipun.
    Pada umumnya karakter battery lama lebih kokoh dari baterai baru ( hal ini “mungkin” menyangkut hal hal produksi dan bahan serta alasan ekonomi). Hal ini wajar dan banyak di temui di sekitar kita.
    Menambahkan battery baru untuk menggantikan battery lama yang rusak adalah bukan solusi yang terbaik namun dapat di lakukan dengan alasan tertentu  ( misalnya alasan budget).
    Secara teknis penggantian battery pada battery bank yang salah satunya mati akan menyebabkan ketidakseimbangan pada susunan beberapa battery tersebut, meskipun sistem tetap berjalan dan battery bank akan tetap berfungsi seperti biasa dan “mungkin” bekerja lebih dari luar biasa pada awalnya. Karena pada battery yang baru memiliki nilai proporsional yang lebih tinggi dari baterai lain yang masih tertanam disana.

Pada pemakaian lama apa yang akan terjadi???

   Battery baru yang bisa di bilang lebih fresh dan tentunya lebih kuat akan mempengaruhi baterai lama bahkan sebuah ‘hantaman’ kepada battery lama menuju kerusakan.
   Sebuah pertimbangan pada kasus mengganti salah satu baterai pada susunan / rangkaian battery bank.

   Untuk terakhir menjawab semua pertanyaan di atas pada kasus penggantian battery bank adalah perhitungkan nilai untung ruginya adalah bahwa penggantian semua baterai pada saat salah satu baterai mati adalah solusi yang terbaik.    
    Kecuali pada saat survive di tengah laut dan mengalami hal tersebut, sementara hanya ada beberapa spare beberapa buah baterai yang sementara bisa di manfaatkan untuk melanjutkan hidup pada system.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.