Inilah 6 Penyebab Printer Menjadi Offline dan Cara Jitu Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab Printer Menjadi Offline ~ Printer merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencetak dokumen seperti kertas, fax dan gambar. Printer menjadi suatu perangkat yang sangat dibutuhkan banyak orang di banyak tempat seperti perkantoran dan instansi dalam mempermudah urusan administrasi.

Nah, berbicara mengenai printer, pernahkah Anda mengalami, ketika sedang buru-buru untuk mencetak atau menge-print tugas yang sedang deadline, tiba-tiba printer dalam kondisi offline? Jika pernah mengalami hal tersebut, tentu sangat menyebalkan bukan?

Lantas apa penyebab printer mendadak menjadi offline tersebut?

Printer offline juga menandakan bahwa printer sedang tidak terhubung ke sumber listrik sehingga tidak dapat mencetak dokumen anda. Printer yang offline atau error tentu saja berakibat fatal karena menyebabkan banyak pekerjaan yang harus tertunda.

Nah, untuk mengetahui penyebab detail penyebab printer menjadi offline dan bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya simak ulasan kami berikut ini.

Penyebab Printer Menjadi Offline
Printer Offline

Penyebab Printer Menjadi Offline

1. Masalah pada Driver (Terkadang Driver Tidak Terinstall dengan Baik)

Seperti hardware atau perangkat keras komputer lainnya, printer juga membutuhkan batuan software agar dapat berjalan dengan baik. Software ini lebih dikenal dengan sebutan driver yang pada umumnya sudah sepaket dengan priter dan anda tinggal menginstallnya di komputer atau laptop anda.

Baca Juga :  Solusi Mudah Untuk Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang

Driver yang sudah terinstall terkadang mengalami permasalahan dan biasanya berkaitan dengan kesalahan user ketika menginstall driver dari printer. Driver yang bermasalah dan tidak terinstall dengan baik ini mengakibatkan printer menjadi offline yang mengakibatkan hasil cetakan buruk.

Cara mengatasi masalah ini adalah anda harus menginstall driver sesuai panduan buku petunjuk manual penggunaan printer. Gunakanlah settingan default saat menginstall driver agar printer dapat bekerja sesuai dengan spesifikasi yang dibuat oleh pabriknya.

2. Loss Power (Kabel Power Printer Bermasalah)

Loss power atau permasalahan pada kabel power printer juga dapat menjadi penyebab priter menjadi offline. Hal seperti ini biasanya terjadi pada printer yang sudah tua dan sudah terlalu sering digunakan.

Penyebabnya adalah kabel printer sudah cukup uang dan sering terjepit sehingga power atau arus listrik yang seharusnya mengalir di printer menjadi tidak optimal, hal inilah yang akhirnya menyebabkan printer menjadi offline.

Cara mengatasi permasalahan ini adalah anda harus mengganti kabel power printer anda dengan kabel printer yang baru dan original. Usahakanlah untuk membeli produk yang original karena produk original sudah teruji dengan baik di pabriknya.

3. Printer Tidak Kompatibel

Walaupun permasalahan seperti ini jarang ditemui, namun pada beberapa merk printer, hal seperti ini bisa saja terjadi. Beberapa merk printer memang tidak kompatibel dan sering bermasalah saat dipasangkan dengan komputer merk tertentu.

Baca Juga :  5 Hal yang Bisa Anda lakukan Agar Game yang Tidak Support Bisa Di Mainkan

Ketika diinstall, printer akan menyala dan terdeteksi serta dapat terinstall dengan baik. Tetapi permasalahan yang berhubungan dengan kompatibilitas ini dapat mempengaruhi kinerja printer itu sendiri, seperti hasil cetak yang tidak maksimal (kurang bagus) dan printer sering menjadi offline.

Cara mengatasi hal seperti ini adalah melakukan pengecekan kompatibilitas dari printer yang anda gunakan dengan PC atau laptop anda. Anda harus memastikan keduanya (printer dan laptop atau komputer anda) bekerja sama dengan baik, tujuannya supaya keduanya tidak menimbulkan masalah seperti printer yang offline.

4. Kertas Habis atau Tinta Kosong

Penyebab lain printer menjadi offline adalah kertas dan tinta dalam printer habis atau kosong. Beberaa printer memang dapat mendeteksi jika kertas akan habis atau tinta akan kosong dan memberikan informasi melalui pop up pada komputer.

Sedangkan komputer yang tidak dapat mendeteksinya akan memberikan pemberitahuan bahwa printer anda dalam keadaan offline dan tidak dapat digunakan.

Cara mengatasinya tentu saja anda harus menyiapkan kertas dan tinta cadangan, apalagi jika anda harus mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak. Gunakan juga tinta dan cartridge yang original agar tidak cepat habis dan kualitas cetakan maksimal.

Baca Juga :  Merakit Komputer Sendiri? Kenapa Tidak

5. Terlalu Lama digunakan

Printer yang sering digunakan dalam waktu yang terlalu lama dan dipaksa terus mencetak dokumen anda akan mengalami kelelahan karena beban kerja yang berlebihan.

Hal seperti ini biasanya terjadi di tempat-tempat kerja yang biasanya mencetak dokumen yang banyak seharian, seperti kantor, percetakan, warnet atau dan rental komputer. Kelelahan karena dipaksa bekerja, akan memnyebabkan printer offline.

6. Kerusakan pada Hardware Printer

Jika kelima penyebab tersebut sudah anda cek dan tidak ada satupun dari kelimanya anda temui sedangkan printer anda tetap dalam kondisi offline, maka mungkin penyebabnya adalah dari printer itu sendiri.

Usia, pemakaian dan kualitas hardware printer yang kurang baik juga dapat menjadi penyebab printer menjadi sering offline.

Cara mengatasinya, anda disarankan membeli printer yang baru karena jika anda ingin menservisnya, kemungkinan harga part-nya lumayan mahal. Namun apabila printernya masih bergaransi, tentu saja anda dapat klaim ke distributornya.

Nah, demikianlah di atas beberapa penyebab printer menjadi offline dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat…

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.