Kontrol Pengaman AC Thermostat, HLPstat, Motor OverloadAbi Blog

Peralatan Kontrol Pengaman AC

Peralatan kontrol pengaman ac pada sistem refrigerasi berfungsi sebagai pengaman serta menjaga temperatur / kelembaban yang konstan pada nilai suhu yang diinginkan.

Jenis peralatan kontrol pengaman AC

Alat – alat yang digunakan sebagai kontrol AC antara lain:

1. Termostat 

kontrol pengaman ac
Kontrol Pengaman AC Thermostat

Termostat adalah alat kontrol pada AC (Air Conditioner) yang berfungsi untuk menjaga temperatur ruangan atau hasil tingkat suhu yang diinginkan.

Thermostat dipengaruhi oleh suhu yang menyentuh permukaan sensor-nya, suhu tersebut mempengaruhi gas yang ada di dalam sensor, gas akan mengembang sebanding dengan kenaikan suhu.

Jadi gas akan mengembang / memuai dan menyusut tergantung dari suhu yang mengenai permukaan sensor, gas yang mengembang akan menaikkan tekanan pada ujung yang terhubung dengan diafragma. Gerakan diafragma menjadi berubah – ubah sesuai dengan besarnya tekanan dari pipa kapiler sensor.

Perubahan tekanan yang merubah diafragma berubah menjadi gerakan linier untuk menggerakkan lengan kontak sehingga kontak akan menjadi tertutup (terhubung). Dalam rangkaian ini terdapat pegas dengan posisi melawan diafragma, kekuatan tekan pegas dapat diatur secara manual dengan merubah mur seting. Sehingga sesuai proses diatas tekanan diafragma pun dapat diatur sesuai besar suhu yang diharapkan, dalam hal ini nilai batas yang diterapkan pada pengatur pegas.

2. HLPstat

kontrol pengaman ac HLPstat
Kontrol Pengaman AC HLPstat

HLPstat (high-low pressure stat) yaitu alat kontrol yang memiliki fungsi menjaga sistem refrigerasi agar bekerja pada tekanan yang diinginkan.

Alat ini memonitor tekanan rendah yang mungkin diakibatkan oleh masalah kebocoran refrigeran atau terjadinya penyumbatan, kegagalan pada kipas kondensor atau karena pengaruh campuran zat pendingin karena faktor kesalahan pengisian.

Selain memonitor tekanan rendah juga memonitor tekanan tinggi yang berakibat terjadinya panas dan berpengaruh pada refrigeran, hal ini bisa mengakibatkan motor terbakar.

3. Motor Over Load Proteksi   

kontrol pengaman ac Motor Over Load Proteksi
Kontrol Pengaman AC Motor Over Load Proteksi

Semua kompresor yang berjenis hermatik harus dilengkapi dengan pengaman yang dapat melindungi motor dari pemanasan yang berlebihan, apapun penyebabnya.

Pengaman jenis ini pada umumnya dirancang untuk dapat dipasang langsung pada motor dan memiliki hantaran hantaran termal yang baik.

Dengan demikian, peralatan ini tidak saja sensitif terhadap pemanasan akibat arus yang berlebihan, namun juga pemanasan yang diakibatkan oleh tekanan discharge yang terlalu tinggi dan sebab-sebab lainnya.

Pengaman ini berbeda dengan starting relay, yang hanya dapat memberikan pengamanan terhadap arus yang berlebihan, namun tidak dapat melindungi motor dari pemanasan yang berlebihan.

Demikian beberapa peralatan kontrol pengaman pada AC beserta fungsi dan kegunaannya.

tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *