Perbandingan antara instalasi tubing dan pipa

Diposting pada

Perbandingan antara instalasi tubing dan pipa ~ Metode instalasi air standar yang konvensional, entah pada penggunaan di instalasi rumah tangga maupun pada sistem yang lebih kompleks misalnya pada industri. Selama ini menggunakan cara sambungan pipa ulir / pipa drat, yang memerlukan banyak sekali komponen sambungan, misalnya elbow, knie, shock, dll.

Perbandingan antara instalasi tubing dan pipa

Perbandingan antara instalasi tubing dan pipa
Perbandingan antara instalasi tubing dan pipa

Metode lama yang telah berjalan bertahun-tahun seperti di atas banyak kelemahanya, hal ini wajar karena terlalu banyaknya sambungan, sehingga riskan terjadi kebocoran dan lebih lagi hal ini akan mempengaruhi kemampuan menghadapi daya tekan.

Sehingga akan menyebabkan tidak efisien dalam masa instalasi maupun masa perawatan.

Untuk mengatasi masalah pemakaian pipa dalam instalasi cairan, maka munculah ide penggunaan tubing sebagai alternatif pilihan terbaik selanjutnya. Karena jelas banyak keuntungan yang didapatkan.

Baca Juga :  Pengertian Psi dalam satuan tekanan

Pada metode pemakaian pipa sebagai media aliran cairan, banyak dibutuhkan komponen sambungan ulir / drat sehingga terkesan tidak bisa fleksibel dan tidak mudah dalam penginstalan. Karena banyaknya fitting yang digunakan, menyebabkan jalur aliran menjadi tidak mulus atau banyak hambatan.

Pada metode baru penggunaan tubing, materi tubing hanya perlu dibelokkan sehingga membutuhkan sedikit komponen sambungan / fitting. Sehingga memudahkan penginstalan dan yang pasti mengurangi hambatan aliran didalamnya.

Keuntungan utama dari tubing dibanding pipa

1. Bengkokan / belokan yang baik–tubing adalah materi yang kuat dan memiliki ketebalan yang rendah sehingga mudah dibengkokkan, hal ini menyebabkan langkah fabrikasi lebih sederhana dan mudah.

Baca Juga :  Mengenal apa itu Globe Valve (pembahasan dan penjelasan)
Perbandingan antara instalasi tubing dan pipa Keuntungan utama dari tubing dibanding pipa
Keuntungan utama dari tubing dibanding pipa

2. Memiliki kekuatan yang lebih baik–Tubing lebih kuat dan tidak ada bagian yang melemah sepanjang instalasi yang disebabkan oleh berkurangnya.

3. Turbulensi kecil–bengkokan yang halus pada tubing memungkinkan aliran yang lebih baik dan berkurangnya efek turbulensi. Sehingga aliran menjadi lebih efisien dan mengurangi penurunan tekanan.

4. Mengurangi area kerja dan berat perangkat–Dengan bengkokan tubing yang lebih berkualitas dan hemat tempat, membutuhkan ruang instalasi yang lebih sempit sehingga secara fisik akan lebih mudah penginstalan ditempat-tempat yang susah terjangkau. Materi yang lebih kecil dengan kemampuan besar akan membuat perangkat menjadi lebih ringan.

5. Fleksibilitas atau kelenturan–Tubing tidak kaku mudah dibengkokan sehingga cenderung tidak mengalirkan getaran pada sepanjang instalasi tubing ke perangkat lain yang berbeda..

Baca Juga :  Schedule pipa dan tabel schedule

6. Membutuhkan lebih sedikit fitting – Lekukan tubing adalah pengganti elbow / knie, fitting yang sedikit berarti meminimalisir kebocoran.

7. Kekuatan sambungan – kualitas fitting tubing benar benar dapat diandalkan, sehingga tidak ada keraguan untuk mengatasi kebocoran.

8. Tampilan lebih bagus–Dengan lekukan yang halus sejajar dan tertata rapi, membuat instalasi tubing lebih terkesan profesional, minimnya fitting menyebabkan instalasi terlihat lebih rapi.

9. Fabrikasi yang bersih –bebas dari partikel-partikel yang kemungkinan menyumbat pada tubing karena langkah fabrikasi yang bersih, dalam proses pemotongan, penyambungan, dll.

10. Lebih mudah dalam perakitan dan pembongkaran – Setiap sambungan tubingadalah satu kesatuan. Koneksi tubing dapat dirangkai kembali berulang-ulang pada perangkat.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.