Perbedaan Antara Format JPG, GIF, dan PNG. Letak Fungsi dari Ketiga Format gambarAbi Blog

Tahukah Anda Apa Perbedaan Antara Format JPG, GIF, dan PNG?

Perbedaan Antara Format JPG, GIF, dan PNG ~ Seringkali kita menemukan istilah JPG, GIF, PNG ketika berhubungan dengan sebuah gambar atau foto yang ada di dalam komputer maupun di internet. Terkadang memang membingungkan, khususnya bagi anda yang awam dengan hal seperti ini.

Lalu sebenarnya apa sih yang membedakan antara JPG, GIF, dan PNG? Kemudian dimana letak fungsi dari ketiga format gambar tersebut? Bagi anda yang penasaran dengan hal tersebut, bisa anda simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Baca Juga :  Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca / Terdeteksi di Komputer
Perbedaan Antara Format JPG, GIF, dan PNG
Perbedaan Antara Format JPG, GIF, dan PNG

Perbedaan Antara Format JPG, GIF, dan PNG

1. Format JPG Atau JPEG

JPEG atau JPG merupakan singkatan dari Joint Photographic Expert Group. Format file gambar ini sendiri diciptakan sekitar tahun 1986. Format file gambar berekstensi ini sangatlah cocok untuk digunakan pada foto online yang mempunyai ukuran file kecil.

Hampir semua sistem operasi seperti windows, Linux, Mac dan lain – lain. Dan faktanya format JPG atau JPEG ini merupakan format standar untuk kamera Handphone atau Kamera Digital.

Untuk fungsi atau kegunaan dari format file JPEG atau JPG ini adalah digunakan untuk gambar biasa, gambar objek nyata seperti makhluk hidup, benda mati, dan lain lain.

Selain itu, format file JPEG atau JPG juga bisa digunakan pada gambar yang mempunyai warna yang kompleks. Akan tetapi format gambar yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk gambar yang berwarna kompleks saja, tapi juga bisa digunakan untuk gambar dengan warna yang cerah dan juga gelap.

2. Format GIF

Untuk selanjutnya adalah pembahasan singkat tentang GIF atau Graphic Interchange Format. Format ini biasanya menampilkan gambar bergerak atau animasi dengan ukuran yang kecil.

Format yang mulai dikembangkan oleh CompuServe pada tahun 1987 ini sangat efisien pada saat di upload. Hal ini dikarenakan ukuran file yan kecil sehingga memerlukan kapasitas yang besar pada server.

Yang membuat menarik dari format ini adalah mampu mendukung untuk animasi atau gambar gerak.

Sebenarnya format JPG dan PNG juga mendukung untuk animasi atau gambar gerak, akan tetapi ukuran pada kedua format tersebut sangatlah besar sedangkan untuk animasi yang terdapat pada format GIF lebih kecil.

Hal inilah yang membuat banyak orang untuk tetap memilih format GIF sebagai pilihan utama dalam menyimpan animasi atau gambar gerak.

Untuk format GIF sendiri mempunyai fungsi sebagai animasi gerak, juga bisa digunakan untuk beberapa gambar atau ikon ikon berukuran kecil.

Selain itu format satu ini juga biasa digunakan untuk grafis web dengan sedikit warna dan juga untuk gambar gambar sederhana.

3. Fomat PNG

Setelah penjelasan dari fotmat JPG dan GIF, kali ini kita akan bertemu dengan format PNG. Lalu apa itu format PNG? PNG sendiri merupakan singkatan dari Portable Graphics.

Format ini sendiri mempunyai keunggulan untuk menyimpan gambar yang memiliki transparansi, seperti background transparan. Format ini sendiri mulai dikembangkan dan di kenal oleh khalayak umum pada kisaran tahun 1995.

PNG sendiri diketahui terbagi menjadi dua kategori, yaitu PNG – 8 bit dan PNG – 24 bit. Untuk PNG – 8bit sendiri mirip dengan GIF karena ukurannya yang kecil. Sedangkan untuk PNG – 24 bit biasanya digunakan untuk ukuran yang lebih besar lagi.

Format PNG sendiri biasanya difungsika sebagai gambar kompleks seperti fotogran, selain itu juga berfungsi untuk gambar yang masih dalam proses editing.

Fungsi atau kegunaan dari format PNG adalah digunakan untuk gambar web seperti logo dengan background transparan.

Demikian tadi merupakan perbedaan antara format JPG, GIF, dan PNG. Jadi anda tidak perlu bingung lagi akan fungsi dan perbedaan format format tersebut. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *