Perbedaan Antara Proxy dan Firewall, Pengertian dan FungsiAbi Blog

Perbedaan Antara Proxy dan Firewall

Perbedaan Antara Proxy dan Firewall ~ Proxy dan Firewall merupakan dua teknologi yang sangat berkaitan erat dengan internet. Yang mana fungsi dari Proxy dan firewall ialah sebagai gateway (pintu gerbang) dalam memperbolehkan paket data agar sampai ke tujuan.

Namun, ada satu perbedaan mendasar diantara firewall dan proxy server dalam mencapai tujuannya. Tujuan utama dari proxy server yaitu untuk bertindak sebagai relay (penyampai) dan memfasilitasi hubungan antara dua titik.

Baca Juga :  Inilah Cara Jitu Mempercepat Transfer Data Flashdisk yang Sebaiknya Anda Coba

Sedangkan tujuan utama dari firewall yaitu untuk mencegah orang yang berwenang dalam membangun koneksi serta mendapatkan akses ke jaringan Anda.

Nah, untuk detailnya berikut akan kami share beberapa perbedaan mendasar lainnya antara proxy dan firewall ini.

Perbedaan Antara Proxy dan Firewall
Perbedaan Antara Proxy dan Firewall

Perbedaan Antara Proxy dan Firewall

Perbedaan proxy dan firewall berdasarkan pengertian dan tujuannya

Tentang Proxy

Proxi merupakan server yang terdapat di internet dan tujuannya adalah untuk menyediakan suatu layanan agar dapat meneruskan setiap permintaan user kepada server lain. Dengan kata lain proxy berperan sebagai penghubung antara suatu computer dengan internet.

Proxy server bekerja dengan sangat sederhana, yaitu saat user menggunakan layanan proxy dan kemudian user meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet, sehingga seolah-olah proxy tersebut yang memintanya.

Kemudian ketika proxy server telah mendapatkan apa yang telah diminta oleh user, proxy akan memberikan respon kepada user sehingga seolah-olah dialah public servernya.

Tentang Firewall

Ialah sebuah sistem atau perangkat yang berperan mengizinkan lalu lintas jaringan yang telah dianggap aman untuk melaluinya serta mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Firewell bertujuan untuk melindungi keamanan jaringan komputer dengan menyaring paket data yang keluar dan masuk di jaringan.

Firewall sendiri merupakan penghalang antara komputer Anda (atau jaringan) dan Internet (luar dunia). Firewall juga bisa dibandingkan dengan seorang penjaga keamanan yang berdiri di pintu masuk rumah Anda serta menyaring pengunjung yang datang ke tempat Anda.

Mungkin dia mengizinkan beberapa pengunjung untuk masuk sementara mencegah orang lain yang ia anggap sebagai penyusup. Demikian pula firewall juga merupakan sebuah program perangkat lunak atau perangkat keras yang menyaring informasi (paket) yang datang melalui internet ke laptop Anda atau jaringan komputer.

Perbedaan proxy dan firewall berdasarkan fungsinya

Fungsi proxy

  1. Connecting sharing : berperan sebagai penghubung atau perantara dalam pengambilan data dari suatu alamat IP kemudian diantarkan ke alamat IP lainnya atau kepada IP komputer user.
  2. Proxy sebagai filtering : Beberapa proxy ada yang dilengkapi dengan firewall sehingga bisa memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak anda inginkan, jadi beberapa website akan tidak dapat diakses dengan menggunakan proxy tersebut.
  3. Caching : proxy dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query (pertanyaan) ataupun permintaan akses user. Sehingga permintaan saat mengakses suatu web dapat lebih cepat.
  4. Proxi dapat berfungsi untuk mem-blok sebuah atau beberapa website yang nantinya tidak dapat diakses.
  5. Proxy dapat meningkatkan keamanan bagi privacy pengguna. Sehingga pengguna mendapat keamanan lebih saat menggunakan internet.
  6. Proxy juga berfungsi dalam men-filter cookies yang tidak di inginkan serta seluruh cookies yang tersimpan di encrypt.
  7. Web proxy merupakan komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya dan berfungsi dalam melakukan request terhadap kontent dari suatu jaringan internet maupun jaringan intranet.

Fungsi Firewall

  1. Firewall berfungsi dalam mengontrol serta mengawasi paket data yang mengalir di jaringan firewall, serta harus dapat mengatur, memfilter (menyaring) dan juga mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi firewall.
  2. Firewall berfungsi dalam melakukan autentifikasi (penguatan) terhadap akses.
  3. Aplikasi proxy firewall juga mampu dalam memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data, kemampuan ini menuntut firewall agar mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang memiliki spesifikasi.
  4. Firewall juga berfungsi mencatat setiap transaksi kejadian yang telah terjadi di firewall. Hal ini memungkinkan dapat membantu anda dalam pendeteksian dini akan penjebolan jaringan.

Demikian beberapa perbedaan antara proxy dan firewall yang sebaiknya Anda tahu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang telah membacanya.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.
One Comment

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *