Perbedaan Pelindung Layar Tempered Glass dengan Anti Gores Biasa

Perbedaan Tempered Glass dan Anti Gores ~ Bisa di bilang saat ini hampir semua orang di Indonesia menggunakan ponsel berbasis android. Dan di masa sekarang desain ponsel android didominasi oleh teknologi layar sentuh dengan ukuran yang lebar.

Oleh karena itu layar ponsel saat ini menjadi area yang penting untuk dijaga, karena merupakan bagian vital dari smartphone yang peka terhadap banyak hal.

Baca Juga :  Istilah yang berhubungan dengan sistem Dynamic Positioning

Berbicara mengenai layar smartphone saat ini banyak bermunculan kaca anti gores dan juga tempered glass yang dipasang pada layar guna melindunginya. Banyak orang yang menganggap antara tempared glass dan kaca anti gores adalah sama, namun faktanya tempered glass berbeda dengan anti gores biasa.

Tempered glass adalah lapisan pelindung layar ponsel yang dibuat dengan material kaca khusus berkualitas tinggi. Material ini diproses dengan pemanasan thermal sampai pada titih leleh kaca dan kemudian langsung didinginkan dengan cepat. Proses inilah yangmembuat tempered glass lebih kuat daripada kaca-kaca biasa.

Baca Juga :  Pengertian Thermo Hygrometer dan Kegunaannya

Selain digunakan untuk pelindung layar ponsel, tempered glass juga banyak dipakai sebagai meja makan, kaca rak kulkas, dan sebagainya. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Perbedaan Tempered Glass dan Anti Gores
Perbedaan Tempered Glass dan Anti Gores

Perbedaan Tempered Glass dan Anti Gores

Di masa sekarang, banyak sekali bermunculan ragam jenis lapisan pelindung layar, yang mana masing-masing menawarkan berbagai jenis perlindungan dengan segala kelemahan dan kelebihannya. Sebut saja anti gores, anti glare, dan tempered glass. Dan berikut perbedaan antara ketiganya.

1. Layar Anti Glare

Layar Antiglare adalah pelindung yang dibuat dengan tujuan khusus untuk melindungi layar sekaligus mencegah orang di samping Anda dapat melihat apa yang ditampilkan di layar. Layar ini sempat booming beberapa tahun lalu. Privasi seseorang pun jadi lebih terjaga berkat layar anti glare ini.

Namun, ternyata anti glare juga memiliki kelemahan. Anti glare yang berwarna gelap ini jika digunakan di ruang terbuka pada siang hari cenderung membuat cahaya layar tidak terlihat.

Anda pun akan sulit mengoperasikan ponsel saat cahaya matahari sedang terik-teriknya, terlebih lagi layar sentuh yang tidak memiliki tombol fisik sangat mengandalkan cahaya layar untuk digunakan.

2. Layar Anti Gores

Anti gores ini banyak dijual di konter-konter pulsa dan ponsel. Anti gores biasa ini terbuat dari material mika yang bisa melekat ke layar. Anti gores jenis ini sangat lemah kekuatannya.

Anti gores biasa umumnya hanya mampumenahan goresan benda-benda kecil dan ringan seperti kuku, kunci, koin, dan sebagainya.

3. Tempered Glass

Produk inilah yang memiliki kekuatan perlindungan maksimal bagi ponsel Anda. Selain mampu melindungi layar dari goresan benda-benda tajam sekaalipun, tempered glass ini bahkan mampu melindungi layar saat ponsel terjatuh hingga dipukul menggunakan benda keras.

Keuntungan Menggunakan Tempered Glass

  1. Jika Anda menggunakan tempered glass, maka layar ponsel Anda akan lebih tahan lama, anti gores, dan tidak mudah pecah.
  2. Sensitivitas layar ponsel Anda akan tetap sama seperti Anda tidak menggunakan tempered glass. Anda tidak akan menemukan kesulitan untuk menggulirkan layar.
  3. Tempered glass ternyata mudah dibersihkan, tidak meninggalkan bekas seperti minyak dan kotoran, dan bahkan bebas dari sidik jari yang biasanya menempel dengan jelas di layar ponsel. Bahan Oleophobic dalam tempered glass membuatnya tahan bersih lebih lama.

Nah, itulah penjelasan mengenai tempered glass serta perbedaannya dari lapisan anti gores yang lain.

Jika Anda memiliki ponsel yang mahal, tidak ada salahnya menggunakan tempered glass sebagai perlindungan guna mencegah hal-hal yang buruk menimpa layar ponsel Anda.

Perbedaan Tempered Glass dan Anti Gores

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.