Perhitungan Gain Amplifier (penguat)Abi Blog

Perhitungan Gain Amplifier (penguat)

Karena amplifier memiliki kemampuan untuk meningkatkan besarnya sinyal input, hal ini berguna untuk dapat menilai kemampuan penguatan penguat dalam hal rasio output / input. 
 
Istilah teknis untuk output / input rasio besarnya amplifier adalah gain. Sebagai perbandingan unit yang sama (kekuatan keluar / kekuasaan, tegangan keluar / tegangan, atau arus keluar / arus), keuntungan secara alami satuan pengukuran. Secara matematis, keuntungan dilambangkan dengan huruf kapital “A”.
Perhitungan Gain Amplifier (penguat)
Perhitungan Gain Amplifier (penguat)
Sebagai contoh, jika sebuah penguat mengambil dalam sinyal tegangan AC berukuran 2 volt RMS dan output tegangan AC dari 30 volt RMS, ia memiliki gain tegangan AC dari 30 dibagi 2, atau 15:

AV=Vkeluar/Vmasuk 

Av=30V/2V 

Av=15

Sejalan dengan itu, jika kita tahu gain dari sebuah penguat dan besarnya sinyal input, kita dapat menghitung besarnya output. Sebagai contoh, jika sebuah penguat dengan gain arus AC dari 3,5 diberi sinyal input AC dari 28 mA RMS, output akan 3,5 kali 28 mA, atau 98 mA:

Ikeluar=(AV)(Vmasuk) 

Ikeluar=(3,5)(28mA) 

Ikeluar=98mA

Dalam dua contoh diatas saya secara khusus mengidentifikasi keuntungan dan besaran sinyal dalam hal “AC.”
 
Ini memang disengaja, dan menggambarkan konsep penting: amplifier elektronik sering merespon secara berbeda terhadap sinyal input AC dan DC, dan dapat memperkuat untuk luasan atau range yang berbeda.
 
Cara lain untuk mengatakan ini adalah bahwa amplifier sering memperkuat perubahan atau variasi sinyal input besarnya (AC) pada rasio yang berbeda dari stabil besaran sinyal input (DC).
 
Alasan khusus untuk ini terlalu rumit untuk menjelaskan pada saat ini, tetapi kenyataan dari hal ini layak disebut. Jika perhitungan keuntungan yang akan dilakukan, terlebih dahulu harus dipahami apa jenis sinyal dan keuntungan sedang proses, AC atau DC.
 
Keuntungan amplifier listrik dapat dinyatakan dalam tegangan, arus, dan / atau kekuasaan, baik AC dan DC.

Ringkasan definisi gain adalah sebagai berikut.

Segitiga berbentuk “delta” simbol ∆ merupakan perubahan dalam matematika, sehingga “∆V output / ∆ V input” berarti “perubahan tegangan output dibagi dengan perubahan tegangan input,” atau lebih sederhana, “tegangan output AC dibagi dengan masukan tegangan AC “:
Perhitungan Gain Amplifier (penguat)
Loading...
loading...
The following two tabs change content below.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *