Pesawat Drones untuk pertanian (Agricultural Drones)

Diposting pada
Pesawat Drones untuk pertanian (Agricultural Drones)
Mungkin inilah era baru Drones, teknologi yang beberapa waktu lalu masih diragukan terutama di Indonesia setelah salah satu kandidat presiden RI mempopulerkan nama Drones sebagai salah satu materi kampanyenya dalam sebuah debat.
Namun Drones sebenarnya bukan hal yang baru lagi pemakaiannya di Negara Negara maju, seorang petani disana bahkan sudah menggunakan teknologi ini untuk lahan pertaniannya.
Apa saja yang bisa dilakukan Drones Pertanian ini? Pesawat Drones untuk pertanian ini dilengkapi dengan auto pilot yang menggunakan GPS dan standardkamera  point-and-shoot yang dikendalikan secara otomatis.
Melalui perintah dari pusat control pesawat ini dapat mengambil gambar dan memetakannya dalam resolusi tinggi dalam sebuah mozaik peta.
Pesawat yang di namakan “ Kunde” ini di buat oleh  perusahaan 3D Robotica, diprogram untuk keperluan mengontrol dan menganalisis dalam cakupan area pertanian yang nantinya akan menjadi bahan analisa dan pengoptimalan pemetaan area pertanian.
Pesawat ini jelas lebih murah daripada harus selalu bergantung pada citra satelit dan tentunya memiliki resolusi lebih bagus lagi, karena cakupan yang terbatas akan menghasilkan maksimum kinerja.
Hal yang paling vital pada pesawat drones ini adalah tertanamnya teknologi MEMS kecil (accelerometers, gyros, magnetometer, dan sensor tekanan), modul GPS kecil, prosesor yang tangguh dan radio digital.
Pesawat Drones untuk pertanian (Agricultural Drones)Keuntungan Drone Pertanian untuk petani:
1. Dapat melihat tanaman dari udara sehingga dapat melihat masalah irigasi, variasi tanah dan infestasi hama serta jamur bahkan banyak hal yang tidak bisa ditangkap dengan mata.
2. Kamera udara dapat mengambil gambar mutispektral.
3. Dapat menangkap data dari infra merah serta spectrum visual, yang dapat di kombinasikan untuk membuat tampilan dari tanaman untuk memisahkan tanaman sehat dan tidak sehat.
4. Pesawat dapat melakukan survey setiap minggu, setiap hari bahkan setiap jam dengan terjadwal.
5. Dapat dikombinasikan untuk menciptakan animasi time-series, yaitu citra yang dapat menunjukkan perubahan pada tanaman, mengungkap titik masalah atau cara pengelolaan tanah yang lebih baik.
Itu sebagian dari kecenderungan pertanian berbasis data, sebuah keajaiban rekayasa pertanian sebuah hasil dari sebuah kemajuan teknologi yang dirancang untuk meningkatkan produksi pangan dengan menekan biaya tenaga kerja.
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.