Potensiometer, Fungsi, Jenis dan Cara PerawatanAbi Blog

Tentang Komponen Potensiometer Dan Cara Perawatannya

Potensiometer

Dalam dunia elektronika komponen yang satu ini pastinya sudah sangat familiar sekali. Sebenarnya potensiometer merupakan komponen yang terbentuk dari  resistor yang menggunakan 3 macam terminal. Memakai penghubung atau sambungan geser yang bertugas membagi tegangan dengan cara di setel ( diputar atau naik turun atau geser kanan kiri ).

Tidak semua jenis komponen elektronika ini menggunakan 3 terminal, ada juga yang menggunakan 2 terminal, sehingga nanti salah satu terminal-nya tetap dan terminal lainnya di geser. Komponen ini berperan sebagai resistor variabel . Biasanya potensio ini di gunakan untuk mengatur alat elektronik pada jenis  pengendali suara.

Jika Anda mengamati sebuah power ampilfier atau mixer, equaliser, dan alat pengendali suara lainnya, maka di situ Anda pasti akan melihat potensiometer. Dari pengaturan volume, bass, tribble, midle, gain, dan lain- lainnya selalu menggunakan alat ini. Besar kecilnya suara yang ditimbulkan tergantung dari keluaran alat ini, jika kita putar naik, akan keras dan sebaliknya jika kita kecilkan akan mengecil suaranya.

Potensiometer

Tanda – tanda Potensiometer sudah mulai rusak

Seperti semua alat – alat elektronika lainnya, potensiometer juga bisa rusak. Seiring lamanya waktu penggunaan, atau kurangnya perawatan, bisa menyebabkan alat ini tidak berfungsi dengan normal. Biasanya di tandai dengan bunyi “ krek, krek” dan suara yang keluar tidak konstan sesuai putaran yang seharusnya.

Misalnya saat kita putar untuk memebesarkan, suara yang dihasilkan  tidak langsung besar, setelah beberapa detik atau setelah kita putar – putar ulang baru membesar. Itulah beberapa tanda awal potensio mulai rusak. Untuk cara merawatnya silahkan simak dibawah ini.

Cara merawat komponen potensiometer

Di pasaran, maksudnya di toko – toko elektronika telah banyak tersedia, sebuah cairan yang di khususkan untuk merawat komponen resistance ini. Namanya potensiometer cleaner, atau langsung aja bilang sama penjual-nya, pasti penjual-nya sudah tahu.

Cara penggunaannya cukup mudah, langsung semprotkan ke bagian potensio, kemudian sambil di putar berulang – ulang hingga kotoran atau kerak-nya larut dan bersih.

Demikian diatas adalah sekelumit tentang pengenalan komponen potensiometer berikut dengan cara merawatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *