Powerbank, Tips Jenis Memilih Yang BerkualitasAbi Blog

Hati-Hati Banyak Powerbank Palsu, Baca Tips Ini Sebelum Membeli

Powerbank

Powerbank. Smartphone di jaman sekarang ini adalah suatu kebutuhan, bukan lagi hanya berfungsi sekedar untuk berkomunikasi. Banyak hal bisa Anda lakukan dengan benda ini, asal ada koneksi internet maka handphone Anda bisa berfungsi layaknya kantong ajaib doraemon yang bisa memenuhi semua keinginan empunya.

Mulai dari berbelanja hingga mencari resep masakan untuk makan malam Anda, bisa teratasi dengan benda mungil ini.

Tapi dibalik banyak kelebihan handphone atau smartphone tentunya terdapat kekurangan, yang begitu terasa efeknya buat si pengguna, yaitu tentang kemampuan sumber energi atau baterai-nya yang terbatas.

Maka dari itu dengan hadirnya powerbank (alat yang berfungsi untuk menyuplai energi ke baterai smartphone), maka sisi kekurangan smartphone bisa teratasi.

Akan tetapi kabar buruknya, saat ini di pasaran banyak sekali bermunculan produk powerbank palsu atau abal-abal, yang mana kinerja-nya tidak sesuai spesifikasi yang di cantumkan.

Dan parahnya lagi, malah bisa memperpendek umur baterai. Yang seharusnya baterai handphone original itu, bisa tahan di pakai 2 tahun, tetapi karena memakai power bank palsu, masih 1 tahun pemakaian baterai sudah rusak.

Powerbank

Selain itu banyak juga konsumen yang dirugikan, karena keterbatasan pengetahuan menyebabkan dia salah membeli. Bisa juga tertipu rayuan penjual dan tergiur harga murah hingga akhirnya beli power bank yang kapasitas atau kemampuannya tidak sesuai dengan handphone yang dimiliki.

Baca Juga :  Game Racing Terbaik Untuk PC Dengan Grafis Memukau

Oleh sebab itulah di bawah ini akan kami share beberapa tips dan saran dalam membeli powerbank yang terbaik dan sesuai buat handphone Anda, berdasarkan pengalaman pribadi dan testimoni dari para pemakai

Tips memilih powerbank berkwalitas

1. Brand Atau Merek Power-bank

Untuk masalah merek langsung saya sebutkan saja. Ini dilihat berdasarkan pengalaman banyak orang dan juga dilihat dari kredibilitas perusahaannya.

Dan merek yang direkomendasikan tersebut adalah: Panasonic, Samsung, Sony, Phillips, Hippo , Sanyo, ubox, Xiaomi dan Advance. Sebenarnya masih ada merek lain yang mungkin juga bagus, tapi karena saya belum mencoba sendiri dan belum pernah mendengar testimoni langsung dari pemakainya maka tidak saya sebutkan.

Tapi ingat, banyak merek di atas yang telah di palsukan, misal Samsung ( yang saya tahu ). Maka dari itu harus jeli sebelum membeli. Browsing dulu di internet berapa harga pasarannya, atau cek langsung di website vendor-nya, atau bisa juga cek di toko online besar yang telah punya reputasi bagus, misalnya bhineka atau lazada.

Kalau ada yang jual selisih-nya jauh lebih murah, maka patut dicurigai. Kemudian cek juga pembungkus dan barangnya langsung, biasanya dilihat dari luarnya saja sudah kelihatan kalau barang palsu.

Baca Juga :  Dampak Positif Dan Negatif Listrik Serta Tips Efisiensi Sederhana

2. Pastikan Juga Dimensi Powerbank

Misalnya begini, power bank merek A punya kapasitas 5400 mAh, sementara power bank B punya kapasitas 10000 mAh. Tetapi kenapa power bank B yang kapasitas-nya lebih besar kok malah dimensi bentuknya lebih kecil daripada power bank A?

Ini yang juga penting untuk diperhatikan, idealnya semakin besar kapasitas suatu powerbank, maka seharusnya bentuk atau dimensi-nya juga semakin besar. Kalau kapasitas-nya besar tetapi kok power bank-nya kecil mungil bentuknya, Ini patut di curigai, jangan-jangan kapasitas-nya gak sesuai dengan yang di tulis.

3. Kapasitas

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah, mengecek berapa kapasitas power bank yang akan dibeli tersebut, karena hal itu menentukan seberapa kali baterai mampu di charger. Misalnya smartphone Anda baterainya 2000 mAh. Maka idealnya kita beli power bank dengan kapasitas minimal 3 kali lipatnya, jadi nantinya power bank tersebut bisa untuk minimal 2 kali nge-charge.

4. Safety Protection Yang Ada Pada Powerbank.

Perlu diketahui, bahwa tiap powerbank biasanya terdapat penjelasan mengenai Safety Protection nya. Misal penjelasan mengenai Short Circuit Protection, yang berarti dengan menggunakan powerbank serta kabel data bawaannya. Maka di jamin bila terjadi hubungan arus pendek, baik powerbank atau-pun handphone-nya akan aman.

Baca Juga :  Tips Menggunakan Listrik yang Aman di Rumah

Over Charge protection, berarti jika menggunakan powerbank ini maka handphone akan aman saja. Sebab sudah ada fitur otomatis untuk mematikan arus listrik jika baterai-nya sudah penuh.

5. Garansi Powerbank.

Sebaiknya cari power bank yang ada garansi-nya minimal 6 bulan, makin lama garansi makin bagus.

6. Harga

Dan bagian ini adalah yang terakhir, untuk pertimbangan Anda saat menentukan powerbank berkualitas. Karena biasanya semakin mahal harga suatu barang, tentu kualitas-nya juga semakin bagus.

Demikian info yang bisa saya berikan dalam membeli suatu powerbank, terimakasih dan semoga bermanfaat

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *