Prinsip Dan Cara Kerja Rectifier

Diposting pada

Rectifier atau disebut juga penyearah gelombang adalah sebuah bagian dari catu daya atau Power Supply. Cara kerja rectifier adalah berfungsi untuk mengubah sinyal bolak balik atau sering di sebut sinyal AC (Alternating Current) Menjadi sinyal searah atau sinyal DC (Direct Current).

Pada umumnya, penyearah gelombang atau Rectifier menggunakan dioda sebagai komponen utama. Hal ini dikarenakan dioda memiliki karakteristik yang melewatkan arus listrik hanya ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah yang sebaliknya.

Apabila arus bolak balik (AC) dialirkan pada sebuah dioda, maka dioda tersebut akan melewatkan setengah gelombang , sedangkan setengah gelombang yang lain akan terblokir Rectifier atau penyearah gelombang, di bagi menjadi dua jenis yaitu Half  have Rectifier atau penyearah setengah gelombang dan Full have rectifier atau penyearah gelombang penuh.

Baca Juga :  Sensor Hall Effect Linier
Cara Kerja Rectifier
Cara Kerja Rectifier

Penjelasan Cara Kerja Rectifier

Half  have rectifier atau penyearah setengah gelombang adalah penyearah gelombang yang paling sederhana. Hal ini di karena kan, cara kerja rectifier yang sebagai penyearah setengah gelombang hanya menggunakan satu buah dioda sebagai penghambat isi sinyal negatif dari gelombang AC pada Power Supply dan melewatkan sisi sinyal positif.

Baca Juga :  Perhitungan pada Transformator Inti Udara

Pada dasarnya arus AC terdiri dari dua sisi gelombang, yaitu sisi gelombang positif dan negatif yang bolak balik. Jika sisi positif sebuah gelombang dari arus AC masuk ke dioda, maka akan menyebabkan dioda menjadi bisa maju atau forward bisa sehingga arus AC akan di lewatkan.

Sedangkan sisi negatif arus AC yang masuk akan menyebabkan dioda dalam posisi bisa terbalik atau reverse bias , sehingga akan menghambat sinyal negatif tersebut.

Baca Juga :  Membuat Rangkaian Power Bank Sendiri di Rumah

Full have rectifier atau penyearah gelombang penuh mempunyai dua cara agar penyearah gelombang tersebut terbentuk. Dan kedua cara tersebut tidak lepas dari penggunaan dioda sebagai penyearahnya. Namun dengan jumlah pemakaian dioda yang berbeda yaitu dengan menggunakan dua dioda dan empat dioda.

Pada cara kerja rectifier penyearah gelombang penuh dengan dua dioda, diperlukan transformer khusus yaitu transformer CT. Transformer CT memberikan output tegangan yang berbeda fasa sebanyak 180 derajat melalui kedua terminal output sekundernya.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.