Prinsip Kerja Dinamo Listrik

Diposting pada

Dinamo Listrik atau generator adalah sebuah alat yang prinsip kerjanya berdasarkan pada induksi elektromagnetik. Sedangkan induksi elektro magnetik sendiri adalah peristiwa timbulnya arus listrik yang di akibatkan oleh perubahan Fluks magnetik. Dan pengertian dari Fluks magnetik sendiri adalah banyaknya garis gaya magnet yang menembus suatu bidang.

Kenali Prinsip Kerja Dinamo Listrik

Dinamo Listrik
Dinamo Listrik

Induksi elektro magnetik sendiri sering di gunakan untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik sebagai contoh dinamo sepeda. Dinamo sepeda adalah pembangkit listrik sederhana yang menghasilkan arus bolak balik atau arus AC.

  • Perputaran roda pada sepeda akan memutar kumparan pada dinamo sepeda, maka akan menimbulkan gaya gerak listrik (GGL) induksi pada ujung-ujung kumparan, sehingga akan mengalirkan arus listrik.
  • Semakin sepat gerak sepeda, maka akan semakin cepat kumparan berputar dan Semakin besar gaya gerak listrik yang di hasilkan. Dan apabila di hubungkan dengan sebuah lampu, maka nyala lampu akan menjadi terang.
Baca Juga :  Singkatan umum dalam Electrical Dokument ( Dokumen Listrik) dari huruf F

Prinsip kerja dinamo pada dasarnya terdiri dari sebuah kumparan yang berputar dalam sebuah medan magnet. Gaya gerak listrik yang di timbulkan oleh dinamo mempunyai sifat bolak balik. Sehingga arus yang di timbulkan menjadi arus bolak balik atau alternative current yang biasa di sebut arus AC.

Arus bolak balik pada dinamo juga dapat di ubah menjadi arus searah atau biasa di sebut arus DC (Direct Current). Adapun cara untuk mengubah arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC) pada dinamo adalah dengan mengganti cincin ganda dengan sebuah komutator.

Baca Juga :  Alat-alat Listrik 1

Sebuah kumparan pada dinamo AC berputar pada kutub-kutub yang tak sejenis dari dua buah magnet yang saling berhadapan. Kedua kutub magnet tersebut akan menimbulkan medan magnet. Kedua ujung kumparan di hubungkan dengan sikat karbon yang terdapat di setiap cincin. Kumparan adalah bagian dari generator yang berputar yang biasa disebut rotor.

Baca Juga :  Penggunaan Rumus pada Hukum Kirchoff

Adapun perbedaan dinamo arus bolak balik (AC) dengan dinamo arus searah (DC) terletak pada cincin yang di gunakan. Pada dinamo arus bolak balik (AC) menggunakan dua cincin atau cincin ganda. Sedangkan pada dinamo arus searah, menggunakan satu buah cincin yang di belah menjadi dua yang sering di sebut cincin belah atau komutator.

Cincin ini memungkinkan arus listrik yang di timbulkan pada rangkaian luar dinamo berupa arus searah walaupun dalam Dinamo Listriksendiri menghasilkan arus bolak balik.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.