Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve atau PRVAbi Blog

Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve

Fungsi Pressure Regulating Valve

Prinsip Kerja Pressure Regulating ValvePressure regulating valve atau biasa disingkat dengan PRV adalah :

PRV adalah sebuah komponen sistem hidrolik maupun pneumatik yang mempunyai fungsi untuk mengatur besar tekanan fluida dari sistem sumber tekanan tinggi ke sistem pengguna bertekanan rendah.

Tugas PRV adalah untuk menjaga tekanan fluida yang nilai tekanannya lebih rendah dari pada supply-nya. Sehingga tekanan fluida sebelum melewati PRV akan selalu lebih besar dari pada tekanan bila sudah melewati PRV.

Fungsi menurunkan tekanan fluida adalah untuk kebutuhan keamanan dan keselamatan pengguna.

Tipe PRV

Terdapat dua tipe dari PRV jika kita melihat dari sistem operasional-nya, yaitu adalah:

  1. PRV satu tahapĀ pressure regulator.
  2. PRV dua tahap pressure regulator.

Pada PRV dengan satu tahap terdapat komponen PRV seperti inlet dan outlet pressure gauge, pegas, membran diafragma, poppet valve, dan tuas untuk mengatur set poin tekanan kerja PRV.

Fungsi PRV

Fungsi dari pressure gauge adalah:

Sebagai penunjuk dari nilai tekanan fluida baik dari sisi sumber tekanan maupun dari sisi keluaran PRV. Diafragma berfungsi untuk menciptakan sebuah ruangan kerja yang fleksibel di dalam PRV dan ruangan tersebut dapat berubah-ubah volume-nya.

Dua pegas pada sistem PRV tersebut memiliki fungsi untuk menghasilkan keseimbangan tekanan, dan yang terakhir adalah poppet valve yang mempunyai fungsi untuk membuka serta menutup aliran fluida.

Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve

Prinsip kerja pada Pressure regulating valve umumnya adalah hanya menggunakan prinsip sistem mekanis, dan tidak menggunakan sistem elektris sama sekali.

Semisal tekanan fluida di area outlet turun, maka yang akan terjadi adalah mengecilnya ruangan didalam diafragma karena pegas satu akan menekan diafragma.

Selain itu pegas satu juga akan menekan poppet valve dan akan membuka aliran fluida untuk masuk ke dalam area diafragma.

Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve 1
Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve 1

Fluida dapat masuk karena tadi ke area tersebut memiliki tekanan yang lebih besar dibandingkan dengan tekanan yang terdapat dalam area diafragma. Terdapat kondisi tertentu ketika tekanan fluida didalam area outlet ditambah dengan tekanan dari pegas 2.

Maka akan cukup kuat untuk melawan dorongan dari pegas 1 yang ukurannya lebih besar dari pada ukuran dari pegas 2. Sehingga dalam kondisi tersebut akan menciptakan keseimbangan yang menyebabkan poppet valve tertutup kembali.

Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve 2
Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve 2

Proses tadi akan terus berlanjut setiap tekanan di downstream PRV lebih rendah dari pada nilai set point yang seharusnya.

Perbedaan PRV Satu Tahap dan Dua Tahap

Terdapat perbedaan yang mendasar antara PRV dengan dua tahap pressure regulator dengan sistem satu tahap.

Perbedaan tersebut terletak pada sistem dua tahap yang menggunakan pegas serta membran diafragma yang lebih banyak menciptakan sebuah ruang keseimbangan di dalam PRV.

Ketika tekanan fluida di dalam ruangan outlet menurun, maka pegas 1 akan menekan diafragma dan poppet valve 1, sehingga fluida chamber turun dikarenakan harus masuk ke ruang outlet.

Proses yang sama akan terjadi juga pada pegas 4 yang akan mendorong poppet valve 2 yang akan menimbulkan fluida bertekanan lebih tinggi masuk ke ruang chamber.

Saat tekanan dari fluida sudah sesuai dengan tekanan set point-nya, maka sistem pegas akan membentuk keseimbangan yang mengakibatkan kedua poppet valve akan tertutup dengan sempurna.

Pada dua tipe PRV tersebut memiliki fungsi yang sama walaupun untuk penggunaan dalam kondisi yang sedikit berbeda. Untuk PRV dengan satu tahap lebih cocok bila pengaturan tekanannya pada fluida yang memiliki tekanan kerja rendah. Sedangkan untuk PRV dua tahap akan lebih cocok untuk menggunakan fluida bertekanan kerja sangat tinggi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai PRV danĀ Prinsip Kerja Pressure Regulating Valve. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *