Proses dasar KapasitorAbi Blog

Proses dasar Kapasitor

Pada dasarnya kapasitor adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik. Masukkan muatan listrik yang ke kapasitor disimpan sementara hingga digunakan / dialirkan kembali ke rangkaian selanjutnya.

kapasitor
Kapasitor adalah salah satu komponen elektronika yng berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik sementara.

Kapasitor sering digunakan pada rangkaian-rangkaian power supply, sebagai kopling a.c. antar rangkaian / rangkaian penguat dan masih banyak lagi.

Bagian dari kapasitor adalah terdiri dari dua plat logam paralel. Lihat gambar di bawah. Jika ada muatan listrik yang mengalir ke kedua plat tersebut akan terjadi reaksi kimia di antara dua lempeng plat tersebut, reaksi kimia tersebut merubah keadaan menjadi timbulnya beda potensial diantara lempeng tersebut.

Lapisan plat logam pada Kapasitor
Lapisan plat pada Kapasitor terdiri dari kawat koneksi, dua lempeng plat logam dan ruang diantara dua plat logam

Lihat gambar rangkaian di bawah ini:

Posisi sakelar terbuka
Pada posisi sakelar terbuka, maka tidak ada arus yang mengalir untuk mengisi kapasitor.

Dengan sakelar dibiarkan terbuka maka tidak akan ada arus yang mengalir dan tidak ada pengisian dilakukan ke dalam kapsitor.

Selanjutnya gambar dibawah ini:

Posisi sakelar tertutup
Posisi sakelar tertutup terjadi pengisian pada kapasitor

Ketika sakelar dalam posisi tertutup, maka elektron akan mengalir tertarik dari plat positif ke terminal positif dari baterai. Pada saat yang sama dan dengan jumlah yang sama elektron mengalir dari pelat negatif, terminal baterai ke plat negatif. Gerakan elektron yang tiba-tiba ini akan memanifestikan dirinya dalam gelombang sesaat arus (arus konvensional akan mengalir dari terminal positif baterai ke terminal positif pada kapasitor).

Jadi. Gerakan elektron-elektron akan membentuk beda postensial di antara dua plat kapasitor sama dengan kedaan baterai pemasoknya. Dalam hal ini, kapasitor disebut terisi dan medan listrik ada diantara dua plat tersebut.

Jika beberapa saat saja sakelar dibuka seperti pada rangkaian di bawah ini:

Muatan tetap
Muatan positif dan negatif tetap pada plat.

Maka plat positif akan ditinggalkan elektron-elektron hingga kekurangan sementara plat negatif akan ditinggalkan hingga surplus jumlah elektronnya.

Karena tidak ada perbedaan potensial diantara plat muatan yang tersimpan atau sisa akan berangsur-angsur menghilang karena kebocoran di dalam kapasitor dalam jangka panjang.

tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *