Mengenal Lebih Dekat Proxy dan Firewall Serta Berbagai PerbedaanyaAbi Blog

Mengenal Lebih Dekat Proxy dan Firewall Serta Berbagai Perbedaanya

Proxy dan Firewall ~ Ketika kita berbicara tentang internet, otomatis kita tidak akan bisa dipisahkan dengan kata Proxy dan Firewall. Kenapa tidak bisa dipisahkan? karena kedua hal tersebut mempunyai fungsi yang hampir sama dan sangat penting dalam ranah internet.

Kedua hal ini berfungsi sebagai penghubung antara jaringan komputer yang mengijinkan masuknya paket data yang akan diteruskan ke tujuan.

Baca Juga :  Menelusuri Jejak Ilustrasi Robot Humanoid

Meskipun mempunyai fungsi yang hampir sama, sebenarnya Proxy dengan Firewall mempunyai beberapa perbedaan. Adapun perbedaan tersebut terletak pada fungsi dan tujuan masing masing. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak uraian singkat berikut ini.

Proxy dan Firewall
Proxy dan Firewall

Proxy dan Firewall

1. Berdasarkan Tujuan

a. Proxy

Proxy sendiri merupakan server yang menyediakan layanan untuk meneruskan permintaan user kepada server lain di internet. Singkatnya, proxy bertujuan sebagai penghubung antara komputer dengan internet.

Proxy sendiri mempunyai cara kerja yang sederhana, dimana saat user menggunakan layanan ini dan meminta file yang tersedia pada public server, proxy akan melanjutkannya ke internet, seolah olah proxylah yang meminta data tersebut, bukan user.

Kemudian setelah proxy mendapatkan data yang diminta oleh user, langkah selanjutnya proxy akan langsung memberikan respon ke user. Jadi seolah olah proxy berperan sebagai Public Server.

b. Firewall

Sementara untuk Firewall sendiri merupakan sistem yang mempunyai kuasa untuk mengijinkan atau menolak suatu lalu lintas jaringan internet. Apabila lalu lintas jaringan tersebut dianggap aman, maka Firewall akan mengijinkan lau lintas jaringan tersebut.

Tetapi apabila diperkirakan tidak aman, maka Firewall akan memblokir lalu lintas jaringan tersebut.

Berbeda dengan Proxy yang bertujuan sebagai penghubung, Firewall sendiri mempunyai tujuan untuk melindungi keamanan pada jaringan internet komputer.

Cara Firewall melakukan perlindungan tersebut adalah dengan menyaring atau memfilter sekaligus mengontrol paket data yang melewati jaringan komputer.

2. Berdasarkan Fungsi

a. Proxy

Berdasarkan fungsinya sendiri, Proxy berperan sebagai penghubung antara alamat IP satu dengan IP yang lainnya atau IP dengan user dalam pengambikan data.

Dalam proxy sendiri juga dilengkapi media penyimpanan data dari suatu web, query atau permintaan akses user.

Selain fungsi tersebut, Proxy juga bisa menyembunyikan alamat IP. Biasanya hal ini digunakan untuk mengakses website yang telah di blok ISP, untuk mem-blok beberapa website yang memang tidak bisa di akses, untuk filter cookies dan juga untuk meningkatkan keamanan prifasi anggota.

b. Firewall

Untuk selanjutnya adalah fungsi dari Firewall. Firewall sendiri mempunyai fungsi penting sebagai pelindung user dari beberapa ancaman keselamatan data pada internet.

Firewall sendiri adalah pertemuan lalu lintas yang terdapat dalam jaringan internet komputer. Tidak bisa secara bebas sebuah lalu lintas jaringan bisa melewati Firewall karena terdapat Rule Base Firewall yang harus dipatuhi oleh jaringan jaringan yang melewati tersebut.

Keunggulan dari Firewall sendiri adalah mampu untuk mem – blok koneksi jaringan internet. Hal ini menguntungkan para user karena akan tetap aman pada saat berselancar di dunia internet.

Seringkali kita menjumpai Firewall sebagai interface pada jaringan public atau privat. Firewall juga bisa melakukan pemblokiran pada sebuah program bila dirasa program tersebut membahayakan atau akan mencoba untuk mendapatkan akses di komputer user.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa untuk Firewall ini mempunyai sifat pemblokiran, sedang proxy mempunyai sifat untuk mengalihkan.

Nah bagaimana? Setelah membaca ulasan di atas, apakah sekarang anda sudah paham, atau setidaknya punya gambaran mengenai definisi serta perbedaan antara Proxy dengan Firewall?

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *