Rangkaian Elektronika Sederhana Untuk Pemula

Diposting pada

Kali ini kita akan berbagi informasi tentang bagaimana membuat rangkaian elektronika sederhana untuk pemula yang baik dan benar. dan kali ini kita akan membahas tentang beberapa rangkaian elektronika sederhana untuk para pemula.

Membuat rangkaian elektronika sederhana, di samping mudah, juga hemat biaya. Karena komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian elektronika sederhana tak banyak, dan mudah di cari.

Berikut ini adalah beberapa rangkaian elektronika sederhana yang bisa kita pelajari. Rangkaian elektronika sederhana untuk pemula yang pertama adalah Rangkaian elektronika Flip Flop.

Rangkaian Elektronika Sederhana

Rangkaian elektronika Flip Flop

Rangkaian Elektronika Sederhana Flip Flop
Rangkaian Flip Flop

Rangkaian elektronika ini merupakan salah satu rangkaian elektronika sederhana yang sering kita jumpai. Karena hampir setiap orang yang baru belajar membuat rangkaian elektronika, selalu di awali dengan membuat rangkaian flip flop. Selain rangkaiannya yang sederhana, kita juga mudah mempelajarinya.

Baca Juga :  Mengenal OWS Smart Cell dari Rivertrace (RTE)

Rangkaian elektronika LED berjalan

Rangkaian Elektronika Sederhana LED Berjalan
Rangkaian LED Berjalan

Rangkaian elektronika sederhana yang kedua adalah rangkaian elektronika LED berjalan. rangkaian ini menggunakan sebuah output berupa LED yang tersusun rapi. Prinsip kerja LED berjalan ini adalah LED dapat menyala secara bergantian sesuai dengan yang telah di tentukan oleh pembuat rangkaian LED berjalan itu sendiri.

Agar LED berjalan dapat bekerja dengan baik ketika dinyalakan dan agar nyala LED dapat bergantian seperti yang kita inginkan, Rangkaian ini menggunakan IC khusus. Running LED atau rangkaian LED berjalan dapat di rangkai dengan beberapa komponen sederhana berupa IC 555 yang berfungsi sebagai rangkaian waktu yang dirangkaikan sebagai rangkaian multivibrator astabil ( astable multivibrator).

Baca Juga :  Cara Kerja Plumbing dan Teknis Pengerjaan Plumbing

Beberapa komponen seperti Resistor, Kapasitor dan potensiometer pada IC555 akan menentukan kecepatan waktu yang di atur melalui potensiometer. dan pengaturan waktu akan berpengaruh pada kecepatan nyala LED yang beriringan.

Rangkaian pengusir tikus

Rangkaian Elektronika Sederhana Pengusir Tikus
Rangkaian Pengusir Tikus

Rangkaian elektronika sederhana yang ketiga adalah Rangkaian pengusir tikus. Rangkaian ini di buat untuk mengusir tikus yang berkeliaran dan mengganggu. Rangkaian ini cukup sederhana dan mudah dibuat. Terdiri dari empat resistor, Dua kapasitor atau kondensator, satu IC (IC555), Satu transistor (SC1162) dan speaker yang berimpedansi 4Ohm.

Baca Juga :  Pengertian Multimeter dan Cara Menggunakan Multimeter

Rangkaian ini akan menghasilkan Osilator yang akan mengeluarkan frekuensi suara Ultrasonik yang akan memekakkan telinga tikus. Tikus akan mendengarkan suara keras yang tak beraturan yang membuat telinga tikus sakit.

Dan apabila frekuensinya stagnan akan membuat kebat telinga tikus. jadi harus kita akali dengan Base frequency pada modular dengan sinyal 50Hz dari tegangan listrik PLN melalui sebuah kapasitor C4.

Demikian rangkaian informasi tentang rangkaian elektronika sederhana untuk pemula yang baru mempelajari ilmu elektronika. dan semoga informasi yang kami tulis dapat bermanfaat dan inspirasi untuk selalu membaca.

 

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.