Membuat Rangkaian Power Bank Sendiri di Rumah

Benar, gawai memudahkan kita untuk berjumpa dengan siapa pun dan apa pun tanpa perlu datang atau berjumpa. Kebutuhan akan gawai secara tidak langsung membuatmu makin butuh juga terhadap charger atau sumber daya yang mudah kamu bawa ke sana-ke mari—karena baterai gawai tidak akan tahan 24 jam—dan power bank sebagai penambah daya baterai cadangan merupakan pilihan tepat. Pada perjumpaan kali ini, saya akan membahas rangkaian power bank yang barangkali kamu ingin membuatnya di rumah.

Rangkaian Power Bank

Daya yang Dibutuhkan Untuk Membuat Power Bank

Power bank merupakan pengisi daya baterai gawai atau smartphone yang memiliki bentuk portabel dan mudah kamu bawa ke mana saja. Alat ini bisa kamu gunakan di saat situasi sedang mendesak agar gawaimu yang kehabisan daya bisa di-charger. sediakan rangkaian IC Regulator LM7805 dengan output tegangan sebesar 5 volt., agar tetap berjalan semestinya. Pemilihan tegangan output 5 volt tersebut karena dalam proses pengisian daya baterai membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari tegangan yang diisi.

Baca Juga :  Fungsi Dioda

Sekarang banyak kok yang membuat PB ini sendiri, hal ini disebabkan oleh ketidaksesuaian label power bank yang dijual di beberapa toko dengan tenaga atau daya yang diberikan pada gawai. Bila kamu pernah mengalaminya: tertipu, maka membaca alternatif yang tepat adalah membuat sendiri. Pada artikel ini kamu akan menemukan cara membuat powerbank, dengan daya sesuai keinginanmu.

Baca Juga :  5 Hal yang Bisa Anda lakukan Agar Game yang Tidak Support Bisa Di Mainkan

Komponen Rangkaian Power Bank

Di bawah ini akan saya berikan informasi lengkap terkait rangkaian power bank berharga murah. Sewaktu kamu ingin merakit komponen power bank, saya sarankan serapi mungkin agar tampilannya tampak menarik. Bila perlu, kamu perlu membuat atau membeli wadah tersendiri agar kesanya bagus. Soal output, kamu bisa menggunakan kepala USB female dan untuk menghubungkan ke gawai atau smartphone, gunakan kabel USB. Silakan cermati sembari mencicipi ketela goreng atau pun pisang goreng di rumah.

Baca Juga :  Hindari 5 Pantangan Ini Agar Smartphone Awet dan Tahan Lama

Daftar komponen:

  1. BT1: battery dengan output 7,4 Volt
  2. C2: kapasitor 1000uF/ 16V
  3. C3: kapasitor 470uF/ 16V
  4. R1: resistor 150 ohm
  5. D1: lampu LED
  6. U1: IC LM 7805
Rangkaian Power Bank
Rangkaian Power Bank
Rangkaian Power Bank 2
Rangkaian Power Bank 2
Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *