Belajar Rangkaian Elektronika Berupa Power Supply untuk Pemula

Kamu pernah bermasalah dengan komputer, televisi, DVD, atau alat elektronik yang membutuhkan power supply dan malas pergi ke pusat servis elektronik? Jika iya, kamu perlu membaca artikel ini sebab pembahasannya sesuai dengan permasalahan yang kamu alami. Rangkaian Power supply atau PSU yang merupakan komponen komputer atau komponen pada alat elektronik dengan fungsi sebagai pemberi tegangan, serta arus listrik kepada komponen-komponen alat elektronik (komputer, televisi, dan DVD) lainnya yang terpasang dengan baik pada motherboard atau papan induk.

Tujuan awal dari penyaluran arus listrik agar perangkat atau komponen komputer lainnya dapat berfungsi semestinya dan sesuai dengan tugasnya. Kamu dapat mempelajari rangkaian elektronik sederhana untuk pemula melalui artikel ini.

Rangkaian Power Supply

Fungsi utama dari Power Supply adalah alat yang dapat memberikan sebuah suplai arus listrik kepada seluruh komponen komputer yang terpasang dengan baik; arus listrik yang dihasilkan merupakan arus AC dan selanjutnya akan diubah menjadi arus DC.

Baca Juga :  Rumus Dasar Rangkaian Pembagi Tegangan

Oh iya, kamu perlu menggaris bawahi jika seluruh komponen hardware yang sudah terpasang di komputer tidak bisa menerima arus listrik AC, namun hanya bisa menerima aliran listrik dengan tipe DC. Jangan ragu, rangkaian elektronik sederhana untuk pemula dapat dibuat kamu buat di rumah.

Dasara Rangkaian Power Supply

Sebelum membuat rangkaian Power Supply sederhana, kamu perlu memperhatikan dasar rangkaiannya. Beberapa bagian yang perlu kamu ketahui, ada di bawah ini.

1. Penurun Tegangan (Step Down)

Merupakan rangkaian yang berfungsi menurunkan tegangan AC dari 220 volt menjadi tegangan lebih rendah. Jika di rumahmu tegangan listriknya 220 volt AC tersebut harus kamu turunkan terlebih dahulu supaya tegangannya lebih rendah.

Melalui trafo step down, kamu bisa menurunkan tegangan. Biasanya tegangan diturunkan menjadi 9 volt AC atau pun 15 volt AC, bergantung kebutuhanmu yang menyesuaikan tegangan luaran rangkaian power supply.

Ada dua jenis trafo step down yang dapat kamu gunakan untuk membuat power supply, yaitu Trafo CT (Center Tap) dan Trafo Biasa (Trafo Nol). Dua trafo tersebut mudah kamu temukan di pasar atau toko komponen elektronik.

Baca Juga :  Waspadai Bahaya Memperbaiki Barang Elektronik

2. Rangkaian Penyearah atau rangkaian rectifer

Merupakan rangkaian yang berfungsi untuk membuat tegangan AC (arus bolak-balik) menjadi tegangan DC (arus searah). Rangkaian ini dapat kamu kombinasikan dari beberapa dioda.

Terdapat dua jenis rangkaian rectifer yang dapat digunakan untuk membuat power supply, di antaranya; penyearah setengah gelombang, penyearah gelombang dengan dua dioda, dan penyearah gelombang penuh dengan Dioda Bridge.

3. Rangkaian filter

Merupakan bagian terakhir dari rangkaian power supply yang siap kamu sediakan. Rangkaian filter berfungsi mengurangi ripple tegangan yang disebabkan oleh penyearah dioda. Rangkaian filter terdiri atas beberapa kapasitor yang diparalel menggunakan rangkaian penyearah.

4. Rangkaian penyetabil tegangan atau rangkaian regulator

Fungsinya adalah menytabilkan tegangan pada nilai tertentu. Rangkaian ini sering menggunakan IC khusus regulator. Terdapat dua jenis IC regulator yang sering dijual di pasar, yaitu Regulator Linear dan Regulator Switching.

Baca Juga :  Mencegah Panas Berlebih Pada Transistor Power Amplifier

Regulator Linear sering digunakan untuk membuat rangkaian power supply sederhana karena jenis ini banyak dijual di pasar alias mudah kamu temukan. iC Regulator Linear berseri 78XX atau 79XX; XX merupakan tegangan keluaran regulator.

Sebagai contoh, jika diinginkan power supply menggunakan tegangan luaran 5 volt, maka IC Regulator Linear yang digunakan adalah 7805.

Persiapan Pembuatan Power Supply

Setelah memperhatikan rangkaian dasar, kini giliran kamu menyediakan waktu untuk membuat susunan atau rangkaian yang terdiri atas step down tegangan, rangkaian penyearah, rangkaian filter, dan rangkaian regulator. Kamu dapat menyesuaikan IC regulator dengan kebutuhan tegangan output dari power supply yang diinginkan.

Gambar Rangkaian Power Supply

Pada gambar di bawah ini terpampang jelas pola rangkaian elektronik sederhana untuk pemula, berupa power supply yang menggunakan trafo step down jenis trafo nol, sedangkan rangkaian rectifier-nya menggunakan jenis penyearah gelombang penuh menggunakan H-bridge.

Rangkaian Power Supply
Rangkaian Power Supply

Kemudian sebagai rangkaian filter menggunakan kapasitor elektrolit dengan nilai 1000uF dan 1uF.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *