Rangkaian Seri Dan Paralel

Rangkaian Seri Dan Paralel difungsikan menurut perbedaan jenis rangkaiannya. Dalam dunia kelistrikan terutama pada rangkaian kelistrikan dalam rumah atau ruangan, tentu kedua jenis rangkaian listrik ini sudah tidak asing lagi bukan?!

Rangkaian Seri Dan Paralel
Rangkaian Seri Dan Paralel

Keuntungan dan kerugian pada Rangkaian Seri Dan Paralel

Rangkaian seri

Rangkaian ini adalah rangkaian atau pemasangan yang komponennya di install secara berjajar dalam suatu rangkaian. Biasanya rangkaian ini saling berurutan dan teratur dalam pemasangannya.

Rangkaian listrik jenis ini juga sangat lebih sederhana dan mudah dalam proses instalasinya, Karena pada dasarnya kita hanya perlu membutuhkan 1 sakelar untuk setiap elektronik yang menyala.

Contohnya pada rangkaian listrik rumah, orang biasanya cenderung memasang rangkaian listrik lampu secara seri. Ini akan memudahkan kita untuk menyalakan seluruh lampu d rumah dengan 1 kali tekan sakelar.

Kerugian pada rangkaian seri biasanya akan lebih cenderung boros di listrik, Karena beban yang di gunakan harus stabil dan cukup tinggi, ditambah lagi semua lampu di rumah kita akan menyala baik yang kita perlukan atau yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Rangkaian pararel

Rangkaian jenis ini sesuai dengan namanya yang pararel, maka rangkaian ini lebih banyak memiliki cabang. Rangkaian ini tidak sesederhana rangkaian listrik seri namun akan lebih mudah merancangnya jika kita mengerti bukan?!

Rangkaian ini dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalkan dalam kehidupan sehari hari, pada malam hari lampu yang harus atau sering menyala dalam rumah adalah lampu ruang tamu.

Maka Anda tidak perlu menghubungkan rangkaian lampu ruang tamu Anda dengan ruang yang lainnya, selain untuk menghemat biaya. Rangkaian ini lebih aman dan nyaman.

Jika terjadi kerusakan pun kita akan lebih mudah untuk memperbaikinya Karena kita tinggal memeriksa di bagian yang mati saja.

Kerugian pembuatan rangkaian listrik pararel ini akan memakan lebih banyak biaya Karena kita pastinya membutuhkan lebih banyak saklar, kabel dan dengan kerumitan yang lainnya.

Dari semua penjelasan diatas perlu di garis bawahi bahwa penggunaan Rangkaian Seri Dan Paralel akan sangat bergantung pada kebutuhan Anda dalam menginstalasi rangkaian listrik yang Anda butuh kan.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.