Resiko Root Android yang Wajib Anda Diketahui

Diposting pada

Apa itu root? Bisa dibilang, Root merupakan cara yang dilakukan guna mendapatkan akses masuk ke sistem android dan melakukan banyak hal didalamnya, mulai dari menghapus atau mengedit berbagai aplikasi bawaan pabrik, dan sebagainya. Walau terlihat menguntungkan, namun ada beberapa konskwensi atau resiko root. Untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini.

resiko root

Resiko Root pada Smartphone Android

1. Resiko Proses Rooting

Resiko root bahkan dapat Anda rasakan sejak melakukan proses rooting. Proses rooting tidak seperti proses melakukan installasi aplikasi, akan tetapi menggunakan kode-kode tertentu. Jika Anda melakukan kesalahan dalam proses rooting ini, maka smartphone Anda akan mengalami error atau corrupt.

2. Tidak Dapat Mendapatkan Akses update OS

Dengan berhasilnya rooting smartphone, Anda mendapatkan akses untuk melakukan tindakan terhadap aplikasi smartphone Anda, bahkan Anda dapat menghapus software bawaan smartphone.

Namun dampak buruk dari berhasilnya rooting yaitu Anda akan sulit untuk mendapatkan update OS secara Over The Air (OTA). Saat Anda ingin melakukan update OS, maka permintaan Anda akan ditolak dengan alasan Anda telah menghapus sistem aplikasi bawaan smartphone.

Baca Juga :  Inovasi Baru : Bahan Bakar Alternatif Dari Air Seni

3. Membuka Jalan Hacker

Resiko root selanjutnya yaitu membuka peluang hacker menguasai sistem smartphone Anda. Saat Anda melakukan proses root, aka nada celah dimana para hacker dengan mudah meretas sistem android Anda.

4. Menerima Virus

Salah satu resiko root yang tidak boleh diabaikan yaitu hadirnya virus pada smartphone Anda. Beberapa virus yang dapat mengancam smartphone Anda akibat tindakan rooting yaitu virus, spyware, trojan, dan warm. Virus-virus tersebut dapat menginfeksi software dan menyebabkan kerusakan fatal.

Tidak seperti virus yang menyerang komputer, virus yang menginfeksi Android masuk secara diam-diam dan akan berefek dalam jangka panjang. Sebenarnya bukan hanya proses root saja yang bisa memicu datangnya virus, namun beberapa aktivitas browsing dan download juga bisa menjadi pemicu masuknya virus ke sistem Android smartphone Anda. Untuk itu, pastikan memasang anti virus terpercaya untuk mengamankan sistem android.

Baca Juga :  Sensor Penting Untuk Rumah Pintar

5. Bahaya Bagi Memori

Melakukan root smartphone juga dapat berdampak buruk bagi memori smartphone Anda. Ketika rooting smartphone berhasil, Anda memiliki akses untuk menaikkan kapasitas RAM atau memperluas partisi. Hal ini justru akan berbahaya bagi memori internal smartphone Anda, karena dapat merusak sistem memori.

Untuk memiliki ruang memori yang besar, Anda bisa membeli smartphone dengan kapasitas RAM yang tinggi tanpa harus memperluas RAM dengan cara yang berbahaya.

6. Kehilangan Masa Garansi

Melakukan root pada smartphone juga berdampak pada kartu garansi yang Anda miliki. Ketika smartphone Anda rusak dan Anda membawanya ke service center dalam keadaan smartphone telah ter-root, maka mereka akan menolak untuk memperbaiki ponsel Anda meskipun masa berlaku garansi belum habis.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Memori Penuh atau Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

Hal ini dikarenakan, pihak service center tidak mau menanganni smartphone yang sudah menghilangkan segel resmi perusahaan. Tentu mau tidak mau Anda harus membeli smartphone yang baru, saat smartphone Anda rusak.

7. Kehilangan Benefit dari Perusahan Resmi

Resiko root terakhir yang akan merugikan Anda yaitu Anda tidak akan lagi mendapatkan benefit dari perusahaan resmi, misalnya berupa promosi tertentu. Jika perusahaan resmi smartphone memiliki promosi berkaitan dengan produknya, maka kesempatan untuk mendapatkan promosi tersebut hilang.

Nah, itulah resiko root yang dapat mengancam smartphone Anda. Jadi, apakah Anda masih ingin melakukan root pada smartphone kesayangan Anda?

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.