Robot Humanoid, Macam-Macam KIT Untuk PembuatanAbi Blog

Menelusuri Jejak Ilustrasi Robot Humanoid

Apa Robot Humanoid itu?

Robot Humanoid adalah salah satu hasil dari perkembangan IPTEK yang dari hari ke hari semakin bertambah canggih. Produk ini adalah sebuah robot dengan penampilan keseluruhannya memang dibentuk dan disusun berdasarkan tubuh manusia. Mampu dalam setiap melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat untuk kepentingan manusia sendiri.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Proxy dan Firewall Serta Berbagai Perbedaanya

Secara umum robot ini memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki. Meskipun demikian ada pula beberapa bentuk humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang keatas.

Robot Humanoid
Robot Humanoid

Robot Humanoid

Beberapa humanoid juga memiliki wajah yang lengkap dengan mata dan mulut. Salah satu hasil produk ini adalah Android yang memang dibangun secara estetika yang menyerupai manusia.

Robot ini biasa digunakan sebagai alat penelitian pada beberapa area perkembangan ilmu pengetahuan. Setiap penelitian diperlukan untuk mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia atau jika menggunakan bahasa ilmiahnya biomekanik agara dapat membangun dan mempelajarinya.

Disisi lain juga upaya untuk menstimuluskan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik lagi mengenai hal tersebut.

Kognisi manusia salah satunya dimana merupakan bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik.

Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktunya.

Sensor sering digunakan untuk alat yang dapat mengukur beberapa atribut dan merupakan salah satu dari tiga primitif dari robotika. Sensor disini dapat dibedakan berdasarkan proses fisik dengan apa yang mereka kerjakan atau berdasarkan kepada jenis informasi pengukuran.

Rancangan robot humanoid ini memang dirancang sedemikian rupa yang menyerupai bentuk tubuh manusia, agar mereka dapat membantu setiap kebutuhan manusia dalam kegiatan manusia setiap harinya. Maka dari itu mereka juga mempergunakan aktuator yang berlaku seperti otot dan sendi.

Apa itu aktuator? Aktuator merupakan motor yang bertanggung jawab untuk gerakan pada robot. Nah, meskipun dengan struktur yang berbeda agara dapat mencapai efek yang sama dengan gerakan manusia, robot humanoid ini terutama menggunakan aktuator rotari. Mereka dapat berupa elektrik, pneumatik, hidraulik, dan lain sebagainya.

Dari sini secara umum robot humanoid lebih rumit dari pada robot dengan jenis lainnya. Contohkanlah ASIMO yang merupakan salah satu contoh robot humanoid buatan Honda dari Jepang yang cukup populer sebagai robot yang mempunyai kemampuan berjalan seperti halnya manusia.

Robot satu ini dibuat dengan ukuran yang hampir menyerupai manusia dewasa dan bisa berjalan dengan menggunakan teknologi pengontrol keseimbangan yang sangat baik.

Macam-Macam KIT Untuk Pembuatan Robot Humanoid

Salah satu KIT yang mudah untuk digunakan dalam pembuatan robot humanoid adalah menggunakan aktuator modular. Aktuator modular ini terdiri atas roda gigi reduksi dan motor dengan berbagai fungsi networking.

Badan robot ini dibentuk dengan menghubungkan antara satu aktuator dengan yang lainnya dengan menggunakan freme penghubung yang saling dikaitkan.

Untuk mengatur pergerakan aktuator ini digunakanlah sebuah kontroler yang saling terhubung secara kombinasi seri dan parallel ke semua bagian aktuator.

Untuk mengatur pergerakan aktuator kontroler berkomunikasi dengan aktuator dengan mengirim dan menerima paket data yang ada.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *