Rumus Trafo Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahukan rumus trafo sebagai topik perbincangan kita.Trafo atau secara kaidah disebut sebagai transformator merupakan salah satu alat yang memiliki peran sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari, seperti penggunaan alat elektronik.

Trafo atau transformator memiliki fungsi penting dalam bidak kelistrikan, yaitu mengubah (transform) listrik yang besar menjadi atau sesuai dengan kebutuhanmu, selaku pengguna. Sebagai contoh, di tanganmu kini sering tersedia gawai (smartphone), sewaktu baterai gawai habis dan memerlukan tegangan sebesar 20 volt dan di rumahmu memiliki tegangan 110 volt, maka trafo memiliki peran mengubah.

Rumus Trafo Cara Kerja dan Fungsinya
Rumus Trafo Cara Kerja dan Fungsinya

Rumus Trafo

Peran Trafo dan Fungsinya

Sebelum beranjak ke rumus trafo, saya akan menjelaskan sedikit tentang trafo secara ilmiah. Bahwa transformator adalah perangkat yang dapat menransfer energi listrik dari satu rangkaian arus bolak-balik AC (alternate current) ke rangkaian listrik lainnya, entah meningkatkan atau mengurangi tegangan.

Baca Juga :  3 Cara Menghilangkan Daya Magnet

Seperti yang saya uraikan di awal paragraf, trafo berguna (tidak hanya pada gawai) untuk berbagai jenis alat elektronik (memberikan arus listrik dan menjalankan) yang membutuhkan tegangan kecil, seperti yang sering kita jumpai: bel pintu, lampu, komputer, mainan mobil remote control, dan lain sebagainya.

Trafo bisa ditransmisikan dari jarak jauh bila tegangan listrik dari generator pembangkit listrik ditingkatkan. Nah, pada bagian ini transformator memiliki fungsi berupa meningkatkan tegangan.

Baca Juga :  Temperature sebagai Sensor dan Transducer

Cara Kerja Trafo dan Rumusnya

Sifat atau cara kerja trafo adalah mendapatkan tegangan dari listrik dan kemudian mengubahnya ke listrik bertegangan beda-beda. Pada dasarnya cara kerja trafo dengan mengubah tegangan menggunakan 2 sifat listrik, yaitu listrik mengalir pada kumparan dan menimbulkan medan magnet, dan perubahan medan magnet (fluks magnet) akan menghasilkan ggl induksi.

Arus bolak-balik yang masuk pada kumparan primer akan menyebabkan fluks magnet bolak-balik magnetic.Seusai intik magnetic, fluks magnetakan melintasi kumparan sekunder dan menimbulkan adanya ggl induksi. Besar ggl induksi bergantung laju perubahan fluks dan berapa jumlah lilitan pada kumparan sekunder.

Baca Juga :  Standard Operating Panel MDP 

Setelah melihat cara kerja trafo, kini saya akan memberikan rumus trafo dan persamaannya. Silakan catat atau simpan, barangkali akan bermanfaat lain hari. Dalam transformator (trafo) dibuat sebuah persamaan atau rumus matematik.

Di bawah ini tersaji rumusnya.

Rumus Trafo
Rumus Trafo
  • Vp:tegangan pada kumparan primer (masukan)
  • Vs: tegangan pada kumparan sekunder (kelua
  • Np: banyak lilitan pada kumparan primer
  • Ns:banyak lilitan pada kumparan sekunder
  • Ip: arus pada kumparan primer, dan
  • Is: arus pada kumparan sekunder.
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.