Sejarah Antena dan Tokoh Perkembangan AntenaAbi Blog

Sejarah Antena

Sejarah Antena

Sejarah antena, lebih dari satu abad telah berlalu sejak James Clerk Maxwell merayakan ditemukannya rumus persamaan yang memberikan dasar elektromagnetisme klasik . Melalui persamaan ini, Maxwell mampu memprediksi keberadaan gelombang elektromagnetik.

20 tahun kemudian pada tahun 1887, dalam eksperimen oleh Heinrich Hertz. Hertz membangun sebuah kawat center – driven sepanjang sekitar 60 cm, ditempatkan pada setiap akhir kawat dengan pelat logam 40 cm persegi. Didorong oleh spark – gap generator (sumber broadband ), ternyata antena bergema pada sekitar frekwensi 50 MHz dan efektif dihasilkan dan memancarkan gelombang elektromagnetik.

Tokoh – toko Pengembangan Antena

Sejarah Antena James Clerk Maxwell
Tokoh Sejarah Antena James Clerk Maxwell

Ia mendeteksi gelombang menggunakan loop kawat, radius 35 cm, dengan kesenjangan yang sangat kecil di mana dia bisa mengamati percikan api. Sejumlah peneliti menjadi tertarik dalam fenomena baru ini, Yaitu Gugliermo Marconi, pada tahun 1897, menjelaskan dan kemudian menunjukkan sistem yang lengkap untuk transmisi sinyal.

Sejarah Antena Heinrich Hertz
Tokoh Sejarah Antena Heinrich Hertz

Pada tanggal 12 Desember 1901, komunikasi trans-atlantik pertama berhasil dicapai.

Antena transmisi Cornwall, Inggris, adalah struktur seperti kipas dari 50 kabel tembaga didukung oleh kawat horisontal membentang antara dua kutub 45 m dan 65 m terpisah. Antena penerima berada di Newfoundland terdiri dari kabel tembaga yang didukung oleh layang-layang.

Pada 1907, komersial, jasa telegraf trans-atlantik telah didirikan. Sangat menarik untuk dicatat bahwa aslinya, sering digunakan istilah untuk sistem sinyal yang menggunakan fenomena gelombang elektromagnetik adalah “nirkabel “.

Sejarah Antena Gugliermo Marconi
Tokoh Sejarah Antena Gugliermo Marconi

Istilah Radio pada Masa Awal

Meskipun istilah “radio-conductor” (akontraksi konduktor radiasi) merupakan awal penyebutan pada tahun 1897, “radio“. Istilah radio-conductor tidak muncul sampai sekarang.

The Radio Ship Act of 1910 berisi istilah “radio ” dan “komunikasi radio” tapi tidak “nirkabel”.

Pada tahun 1912 , Angkatan Laut AS diarahkan penggunaan istilah “Radio” menjadi “wireless”.

Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *