Sejarah dan tokoh perkembangan valveAbi Blog

Sejarah dan tokoh perkembangan valve

Kita sudah banyak membahas tentang valve dari banyak jenis valve antara lain Ball Valve, Butterfly Valve, Check Valve dan lain- lain. Namun belum pernah membahas tentang sejarah valve itu sendiri.
Perbaikan Valve
Perbaikan Valve
Macam dan jenis valve jenis buitterfly modern bisa dibaca pada artikel ini : Macam dan jenis butterfly valve, bagian dan fungsinya
Pada artikel ini akan kita bahas sejarah perkembangan valve dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam perkembangan valve.
 
Perkembangan valve tidak lepas dari sejarah perkembangan sistem pengaturan air pada jaman dulu. Pada jaman kuno, manusia sudah mulai mengenal bagaimana cara mengaur air baik dengan mengatur batu-batu maupun dari batang pohon yang ditata sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah rangkaian sistem pengatur aliran air pada jaman-nya.
Valve jaman kuno
Valve jaman kuno
Pembahasan tentang Globe Valve modern ada di artikel ini : Mengenal apa itu Globe Valve (pembahasan dan penjelasan)
Sejarah membuktikan bahwa kota Roma adalah salah satu kota kuno yang sudah memiliki pengaturan tata irigasi yang rapi dan teratur, dimana sudah memakai perhitungan-perhitungan untuk mempertahankan level saluran irigasi-nya.
 
Pada jaman itu valve dibuat dari perunggu (saat ini setingkat dengan ASTM B-67), bahan perunggu menjadi pilihan terbaik karena tidak mudah retak, anti korosif, ulet, bisa di las dan digabung dengan pipa tembaga atau timah.
Valve perunggu kuno
Valve perunggu kuno
Untuk memahami valve jenis Gate Valve silahkan baca di artikel ini : Mengenal apa itu Gate Valve (pembahasan dan penjelasan)
Bagian – bagian dari valve tersebut adalah: bodi, plug, bottom dan bagian pengubah posisi plug. Untuk mengoperasikan kadang pin harus dipukul dengan palu ke valve.
 
Di kota lain yaitu di Mediterania juga ditemukan peninggalan sebuah jenis valve , namun memiliki fisik yang lebih kecil. Yang juga ditemukan di Rabat, Istambul, Djemila, Avarches, Augusta dan Naples.
Valve yang diketemukan di Mediterania
Valve yang diketemukan di Mediterania
Mengenal valve jenis Relief Valve silahkan klik link ini : Mengenal apa itu Relief Valve, pembahasan dan penjelasan
Di Roma digunakan valve jenis diafragma yang masih primitif dengan menggunakan kulit mentah yang dipasang secara manual pada suatu kanal untuk mengaur aliran dan suhu air untuk rumah tangga.
 
Pada abad pertengahan tidak ada rancangan penting yang muncul, selama masa Renaissance saat pembangunan kanal sistem irigasi dan karya hidrolik lainnya.
Leonardo Da Vinci meninggalkan sampel masih dalam sketsa.
Leonardo Da Vinci meninggalkan sampel masih dalam sketsa
Leonardo Da Vinci meninggalkan sampel masih dalam sketsa
Ball Valve adalah salah satu jenis valve yang penjelasannya ada pada artikel berikut :
Mengenal apa itu Ball Valve (pembahasan dan penjelasan)
Memasuki era modern perkembangan valve dimulai pada saat Revolusi Industri. Pada tahun 1705 Thomas Newcomen menemukan mesin uap pertama.
 
Pada penemuannya di butuhkan beberapa valve untuk mampu menjaga tekanan yang bekerja dan mengatur uap yang dihasilkan.
 
Pada perkembangannya James Watt semakin menyempurnakan mesin uap itu dan tentunya mengembangkan valve kearah yang lebih baik agar memiliki kinerja yang dapat diandalkan.
Artikel lain tentang valve :
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *