Sejarah Penemuan Televisi

Sejarah Televisi. Ada begitu banyak produk elektronik yang begitu akrab di kehidupan kita sehari-hari, salah satu contoh yang sering kita lihat adalah televisi. Televisi merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki begitu banyak fungsi, untuk media informasi sekaligus hiburan.

Sejarah televisi
Sejarah televisi

Tahukah anda, bagaimana awal mula atau sejarah televisi ?

Untuk menentukan siapa penemu televisi yang sesungguhnya, merupakan hal yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan, ada beberapa individu yang berkontribusi dan saling melengkapi satu sama lainnya.

Adanya penemuan – penemuan yang baru, ikut menyempurnakan desain sekaligus teknologi dari televisi ini dari masa ke masa.

Berikut ini merupakan sejarah panjang penemuan televisi yang saling menyempurnakan dari masa ke masa.

1. Pada tahun 1870 hingga 1880

Sejarah televisi awal yang memulai penemuan televisi adalah ketika Willoughby Smith menemukan bahwa selenium merupakan elemen yang  ternyata fotokonduktif.

Setelahnya, di tahun 1884, salah seorang mahasiswa teknik yang berasal dari Jerman yakni Paul Gottlieb Nipkow mampu menciptakan disk scanning dan berhasil mematenkan sistem televisi mekanik untuk yang pertama kalinya.

2. Tahun 1900

Adalah Lee De Forest serta Arthur Korn tokoh sejarah televisi yang mampu mengembangkan desain praktis bagi teknologi amplikasi tabung pada tahun tersebut.

Sementara di tahun 1909, Georges Rignoux dan juga A. Fournier mendemontrasikan transmisi penggunaan drum cermin berputar sebagai scanner serta sel selenium sebagai alat penerimanya.

3. Tahun 1911

Tahun berikutnya, yakni pada tahun 1911 Boris Rosing dan juga muridnya yakni Vladimir Kosma Zworykin, mampu menciptakan sistem televisi dengan scanner drum cermin mekanik yang berguna sebagai transmisi sedangkan tabung Braun digunakan sebagai alat penerimanya.

4. Tahun 1920

Pada tahun 1920 Zworykin menemukan dua sistem televisi yang kemudian dipatenkan di tahun 1923. Meski demikian,  Zworykin bukanlah satu-satunya orang yang dianggap telah menemukan televisi.

Adalah Philo Farnsworth yang pada jaman-nya telah menemukan image dissector dan di tahun 1927, dia juga menemukan bahwasanya ada kemungkinan transmisi pada gambar listrik yang menggunakan alat mekanik.

5. Tahun 1930

Setelah menyatakan penemuan-penemuan hebat mereka, Farnsworth serta Zworykin terus memperbaiki penemuan mereka. Keduanya lantas mendapatkan hak paten atas penemuan yang dimiliki. Mengingat keduanya memiliki penemuan yang hampir sama, hal ini malah menimbulkan kontra akan penemu yang paling pantas disebut sebagai penemu televisi.

Pada tahun 1939, debut resmi televisi yang pertama dilakukan dan diisi dengan pidato oleh presiden Franklin D. Roosevelt pada 30 April. Sementara pada tahun 1948, Louis Parker menerima hak paten atas televisi yang bisa diubah-ubah.

Demikian informasi mengenai sejarah televisi dan perkembangannya, yang bisa kami sampaikan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *