Tips untuk Menghindari Sengatan Listrik

Menghindari Sengatan Listrik

Listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Karena tanpa listrik, dunia akan terasa gelap serta menghalangi segala aktivitas yang akan kita lakukan. Namun, listrik juga menjadi suatu bahaya yang harus kita waspadai ketika menggunakannya. Salah satu efek yang dapat terjadi adalah kita akan mengalami sengatan listrik, dengan adanya rasa terkejut serta kesemutan pada bagian tubuh yang tersengat.

Sengatan Listrik

Selain itu, jika terjadi dalam waktu yang lama, sengatan listrik juga dapat berdampak pada kematian. Untuk menghindari hal tersebut, Ada harus mengetahui bagaimana terjadinya sengatan listrik serta cara-cara untuk menghindarinya. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Mengapa Kita Bisa Tersengat Listrik?

Itulah pertanyaan yang sering muncul ketika Anda mengalami sengatan listrik. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kita sebagai manusia memiliki kandungan air dalam tubuh dengan jumlah yang banyak. Sehingga kondisi tubuh manusia menjadi salah satu penghantar listrik yang cukup baik.

Beberapa pemicu terjadinya sengatan oleh listrik yang paling sering terjadi adalah ketika tubuh kita menyentuh penghantar atau konduktor yang dalam kondisi teraliri aliran listrik. Contohnya ketika kita menyentuh kabel dalam kondisi telanjang serta dalam keadaan tidak menggunakan alas kaki.

Jadi, secara tidak langsung ketika mengalami peristiwa tersebut, Anda menjadi bagian dari rangkaian arus listrik. Dimana kabel tanpa pelindung (isolator) tersebut tersentuh oleh tubuh Anda yang bersifat sebagai penghantar listrik.

Baca Juga :  Jenis Kabel Listrik Beserta Fungsinya

Dampak yang Akan Terjadi Ketika Tubuh Mengalami Sengatan Listrik

Apabila tubuh mengalami sengatan listrik, maka di sekitar area tubuh yang terkena sengatan akan merasakan pegal-pegal dan kesemutan. Dan jika berlangsung dengan waktu yang cukup lama, maka tersengat listrik dapat berdampak hingga kematian. Selain itu, ada beberapa dampak yang akan terjadi pada kesehatan tubuh, yaitu :

  • Dapat berdampak pada kesehatan telinga, mulai dari perforasi membran timpani, mastoiditis, hingga hilangnya pendengaran.
  • Pada kulit akan terjadi luka bakar.
  • Jika terjadi pada ibu hamil, maka akan berdampak pada kematian janin, serta abortus spontan.
  • Mengalami nyeri dada dan kenaikan tekanan darah yang drastis.
  • Mengalami pusing kepala yang sangat hebat, kejang, hingga koma.
  • Terjadi pergeseran tulang pada bahu dan keretakan pada beberapa tulang lain.
  • Kondisi emosi berubah menjadi labil
  • Terjadi disfungsi pada sumsung tulang belakang
  • Mengalami gangguan saat berbicara serta pada pertumbuhan gigi.
  • Terjadi gagal ginjal akut

Namun, peru diingat bahwa dampak-dampak yang terjadi pada tubuh yang terkena sengatan listrik juga dipengaruhi oleh beberapa kondisi yang menjadi pemicu, yaitu sebagai berikut :

  • Durasi sengatan listrik
  • Arah lintasan arus listrik yang terjadi di dalam tubuh
  • Ukuran arus listrik
Baca Juga :  Motor Testing

Tips Menghindari Sengatan Listrik Ketika di Rumah

Setelah Anda mengetahui penyebab sengatan listrik serta resiko yang terjadi, maka kami akan berbagi informasi penting mengenai trik-trik untuk menghindari sengatan listrik, terutama ketika kita sedang berada di rumah. Berikut ini beberapa trik tersebut :

1. Kondisi Tangan Harus Kering

Salah satu poin terpenting yang harus Anda perhatikan ketika akan menggunakan alat elektronik adalah dengan menjaga kondisi tangan dalam keadaan kering.

Sebab, tubuh kita yang banyak mengandung air dan bersifat sebagai penghantar listrik yang baik, akan lebih mudah tersengat listrik ketika bagian luar tubuh kita dalam kondisi basah.

Anda juga bisa menggunakan alas tangan saat memegang kabel, sperti kain, karet, kertas, dan kayu. Karena jenis-jenis barang tersebut bersifat sebagai isolator yaitu menghambat aliran listrik masuk dalam tubuh.

2. Gunakan Alas Kaki

Ketika Anda melihat kondisi kabel listrik maupun stop kontak yang dapat menjadi pemicu sengatan listrik, maka Anda bisa langsung mencegah hal tersebut dengan menggunakan alas kaki.

Anda bisa menggunakan sandal atau karpet yang terbuat dari kain maupun karet. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari resiko terjadinya sengatan listrik pada bagian tubuh Anda.

3. Selalu Cek Keadaan Kabel

Sebelum mulai melakukan aktivitas dengan alat-alat beraliran listrik, tindakan penting yang harus Anda lakukan adalah mengamati kondisi dari kabel-kabel tersebut.

Baca Juga :  Standard Operating Prosedure Elektrikal

Hindari kabel-kabel dalam kondisi berjubel serta telanjang. Selain itu, jika tidak yakin apakah kabel tersebut beraliran listrik, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk memastikannya terlebih dahulu dengan menggunakan test pen.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan sehubungan dengan sengatan listrik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat Anda.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *