Sensor Gerak : Bentuk, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Sensor Gerak – Dalam dunia elektronika, anda tentunya telah mengenal berbagai macam sensor seperti sensor suara, sensor gerak, dan masih banyak lagi sensor yang lain di dunia elektronika. Dan jika anda masih belum mengerti tentang sensor, terutama sensor gerak, kita akan membahasnya sampai anda memahami tentang bentuk, fungsi dan cara kerja dari sensor gerak.

Sensor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan baik dari perubahan fisik ataupun perubahan kimia. Pada umumnya perubahan tersebut akan dikonversi menjadi sebuah pulsa atau aliran listrik. Seperti yang telah di bahas di atas, bahwa ada banyak sekali jenis sensor yang ada. Dan kali ini kita akan membahas tentang sensor gerak. Secara sadar atau tidak, kita sering menjumpai aplikasi dari sensor gerak.

Sensor Gerak PIR dan Cara Kerjanya

Sebagai contoh saat anda masuk ke dalam mall atau pusat perbelanjaan dengan pintu yang dapat terbuka secara otomatis. Sensor yang di gunakan pada aplikasi tersebut adalah sensor gerak. Sensor gerak yang digunakan pada aplikasi-aplikasi tersebut tak lain adalah passive infrared sensor atau yang biasa di singkat dengan istilah PIR.

Baca Juga :  Fungsi dan kontruksi Differential Pressure Transmitter

sensor gerak

Passive infrared sensor atau PIR memiliki bentuk yang kecil dan tidak mengonsumsi listrik yang besar. Sayangnya harga sensor PIR ini cukup mahal. PIR dapat mendeteksi gerakan atau perubahan gerak sebuah objek yang berada dalam radius sensornya dan menafsirkan menjadi sebuah sinyal. Berikut ini adalah contoh bentuk dari sensor gerak.

Prinsip atau cara kerja dari PIR ini adalah dengan mengukur energi infra red yang di tangkap oleh sensor. Karena PIR adalah komponen elektronika pasif, maka infra merah yang diukur tersebut tidak dapat dihasilkan sendiri oleh komponen tersebut.  Secara singkat, dapat digambarkan langkah kerja sensor gerak ini di lapangan karena adanya panas.

Baca Juga :  Dasar Unsur / Elemen Instrumentasi Pembaca Suhu

Seperti yang telah kita ketahui bahwa energi dari infra red merupakan hasil dari panas. makhluk hidup seperti manusia dan hewan dapat menghasilkan panas alami walaupun energi panas yang dikeluarkan terbilang kecil. Energy panas yang di keluarkan oleh makhluk hidup sekitar 9-10 mikrometer energi infra red. Dan untuk lebih jelasnya kita dapat melihat gambar di bawah ini.

Baca Juga :  Pressure Switch dan cara seting

sensor gerak PIR

Apakah anda telah mengerti dan memahami tentang bentuk, fungsi dan cara kerja sensor gerak yang telah kita bahas di atas? selamat belajar

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.