Sensor Penting Untuk Rumah Pintar

Diposting pada

Perkembangan rumah pintar semakin pesat, banyak kemajuan dalam berbagai aspek pendukung. Terutama kemajuan berbagai jenis detector yang mampu mendukung banyak fungsi yang dibutuhkan dalam membangun rumah pintar. Kali ini saya akan membahas tentang berbagai sensor penting untuk rumah pintar.

Sensor Penting Untuk Rumah Pintar
Sensor Penting Untuk Rumah Pintar

Sensor Penting Untuk Rumah Pintar

1. Sensor gerak (motion sensor)

Sensor Penting Untuk Rumah Pintar Sensor Gerak
Sensor Gerak

Salah satu pengaplikasian sensor gerak adalah untuk mengontrol lampu pintar, bagaimana skenarionya? Pada saat kita masuk salah satu ruangan, sensor akan mendeteksi keberadaan kita kemudian memerintahkan lampu untuk menyala lebih terang sesuai keinginan kita, tentunya proses ini berjalan secara otomatis, dan akan kembali redup saat kita meninggalkan ruangan tersebut.

Selain kita tidak perlu susah payah menggunakan dimmer manual, mode ini akan membuat kebutuhan daya menjadi lebih hemat.

Bukan itu saja, contoh lain penggunaan sensor gerak misalnya untuk mendeteksi area-area yang berbahaya untuk didekati , selanjutnya akan memberikan sebuah peringatan dini.

Baca Juga :  Berbagai Metode Pengolahan Limbah Dan Peranan Bioteknologi Dalam Pengelolaannya

2. Sensor Cahaya (Light sensor)

Sensor Penting Untuk Rumah Pintar Sensor Cahaya
Sensor Cahaya

Bagaimana kita mengontrol lampu penerangan ruang ruangan kita? Cara manual tentunya hanya menggunakan saklar, namun dengan menggunakan sensor cahaya maka lampu penerangan luar akan otomatis mati pada saat cahaya matahari sudah dirasa cukup untuk meneranginya.

Skenario sederhananya adalah lampu penerangan luar ruangan akan mati jika matahari telah terbit, dan akan otomatis menyala pada saat matahari terbenam.

Sensor ini membaca kapasitas cahaya yang ada disekitarnya, kemudian melaporkan ke control untuk kemudian memerintahkan lampu penerangan untuk menyala atau mati.

3. Sensor air (water sensor)

Sensor Penting Untuk Rumah Pintar Sensor Air
Sensor Air

Sensor air mendeteksi kebocoran air pada rumah, diharapkan menjadi peringatan dini sebelum air merusak berbagai barang dan perabotan di rumah.

Selain itu bisa untuk mendeteksi hujan, untuk memerintah atap dinamis menutup ruang jemuran dll.

Baca Juga :  Inovasi Baru : Bahan Bakar Alternatif Dari Air Seni

 4. Sensor Suhu (temperature sensor)

Sensor Penting Untuk Rumah Pintar Sensor Suhu
Sensor Suhu

Contoh aplikasinya antara lain: untuk luar ruangan misalnya untuk menentukan kapan tanaman dan bunga ditaman harus disiram? Tentunya dibutuhkan pembaca suhu di area tersebut, kemudian dilaporkan ke control untuk memerintahkan pompa atau solenoid untuk membuka dan melakukan penyiraman secara otomatis.

Untuk di dalam ruangan, bisa dihubungkan dengan kontrol HVAC untuk mengatur suhu ruang dalam menjadi stabil sesuai keinginan kita.

 5. Sensor Cuaca (Weather Sensor)

Sensor Penting Untuk Rumah Pintar Sensor Cuaca
Sensor Cuaca

Mirip sensor suhu, namun bisa diaplikasikan lebih luas, misalnya apakah perlu membawa payung untuk rencana keluar rumah, karena sensor ini mendeteksi keadaan cuaca luar ruangan. Peringatan dini akan adanya badai, yang bisa diaplikasikan untuk gerakan penutup jendela / pintu secara otomatis.

Pada dasarnya sensor cuaca bisa membaca keadaan suhu, kelembaban, kualitas udara dan intensitas suara di dekatnya.

Baca Juga :  Teknologi Masa Depan tercipta dari Imajinasi

 6. Sensor Bell (Doorbell sensor)

Sensor Penting Untuk Rumah Pintar Sensor Bell
Sensor Bell

Bukan bell rumah biasa, didalamnya terintregasi antara lain sensor gerak, kamera dan bahkan sidik jari. Skenario sederhananya adalah sebagai berikut: pada saat seseorang tamu misalnya berada di depan gerbang, maka secara otomatis sensor gerak memberi laporan ke kontrol untuk mengaktifkan kamera untuk melihat siapa orang yang ada di depan gerbang rumah, tentunya dengan tambahan bunyi buzzer sebagai peringatan.

Bell akan berbunyi bahkan saat seorang tamu belum menekan tombol bell, untuk sensor sidik jari bisa digunakan untuk mengenali bahwa kita sebagai pemilik rumah, atau saudara yang sidik jarinya sudah terdaftara pada sistem, dan kemudian akan memberikan akses otomatis untuk masuk ke gerbang rumah.

Bagaimana tentang kemajuan teknologi ini?

Diatas adalah sebagian dari beberapa sensor penting untuk rumah pintar, semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.