Serangan Cyber Mematikan yang Harus Diketahui dan Dikuasai Hacker

Jenis serangan cyber mematikan ~ Salah satu hal yang harus diketahui dan dikuasai oleh seorang hacker adalah cyber attack. Cyber attack adalah salah satu bentuk kejahatan menggunakan perangkat teknologi, seperti komputer, internet dan smartphone yang digunakan untuk mencuri informasi atau merusak sistem.

Nah, jika bercita-cita menjadi hacker profesional, maka wawasan mengenai cyber attack sangatlah penting dan harus dikuasai..

5 Jenis Serangan Cyber Mematikan

1. Phishing

Serangan Cyber Mematikan Phishing

Jenis serangan cyber yang pertama adalah phising. Phising sendiri merupakan cyber attack yang cukup berbahaya, sebab memiliki tujuan untuk mengambil informasi yang sifatnya sangat privacy dan sensitif, seperti password, username dan PIN. Pintu masuk dari serangan cyber ini biasanya melalui attachment email.

Ketika Anda mendapatkan kiriman email yang dilampirkan file attachment, maka harus waspada ketika membukanya. Karena biasanya file attachment tersebut sudah disisipi dengan malware tertentu yang siap menyerang file-file penting Anda.

2. Malware

Serangan Cyber Mematikan Malware

Pastinya nama ini sudah tak asing bagi peselancar di dunia maya. Yup malware, ini adalah jenis cyber attack selanjutnya yang juga wajib dikuasai hacker. Malware sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang berbahaya, seperti virus dan ransomware.

Baca Juga :  Apakah Kita Siap Dengan Teknologi Komputer Yang Dapat Membaca Otak?

Target dan sasaran dari cyber ini adalah mengambil alih sistem Anda. Maka dengan melakukan hal tersebut, serangan cyber ini dapat membaca segala aktivitas Anda, bahkan mencuri data pribadi Anda.

Biasanya gerbang masuk cyber ini adalah karena Anda membuka link yang berbahaya. Sehingga tanpa disadari ada aplikasi yang terinstal secara otomatis. Selain itu juga bisa berasal dari pembukaan attachment tertentu yang dikirim ke email.

3. Man in the Middle

Serangan Cyber Mematikan Man in the Middle

Seperti namanya, cyber ini bisa dikenal sebagai penyusup diantara komunikasi dua pengguna pada suatu perangkat lunak tertentu. Maka dengan menjadi penyusup, cyber ini bisa mengetahui pembicaraan atau komunikasi yang sedang dilakukan.

Kenapa serangan cyber ini berbahaya? Sebab, man in the middle memiliki kemampuan untuk memanipulasi informasi yang sedang berlangsung, dan yang paling dikhawatirkan cyber ini pun bisa mengirimkan malware tertentu yang siap merusak sistem Anda.

4. Cross-Site Scripting (XSS)

 

Serangan Cyber Mematikan Cross-Site Scripting (XSS)

Serangan cyber yang tidak kalah berbahayanya adalah cross-site scripting (xss). Arah gerak dari serangan ini adalah dengan melakukan penyuntingan terhadap kode tertentu yang ada pada suatu website. Maka dengan memodifikasinya, si penyerang akan bisa mengetahui informasi yang mengalir dari dalam website tersebut.

Baca Juga :  Flowmeter Elektromagnetik dari flotech

Informasi yang diinginkan cyber attack ini pun juga tergolong sensitif, seperti ussername, password dan PIN. Bagi Anda yang memiliki website atau menjadi pengelola website harus waspada terhadap cyber ini. Sebab jika Anda lengah dan meremehkan, cross-site scripting (xss) bisa berpotensi merusak reputasi website Anda.

5. Credential Reuse

Serangan Cyber Mematikan Credential Reuse

Ok, kita beranjak ke cyber attack yang terakhir yaitu credential reuse. Cara kerja dari serangan cyber yang satu ini adalah dengan menggunakan ulang terhadap informasi yang telah didapat sebelumnya, dengan berbagai macam serangan yang dilakukan.

Salah satu celah masuk dari cyber ini adalah karena ada kemiripan kode, seperti ussername atau password dari beberapa pengguna.

Jadi analoginya seperti ini, yang dimaksud menggunakan ulang adalah si cyber menggunakan informasi yang telah didapatkan dari pengguna A, untuk mengakses informasi dari pengguna B. Karena kemungkinan adanya kesamaan kode diantara dua pengguna tersebut. Hal yang sederhana, namun berbahaya jika dibiarkan

Baca Juga :  Kekurangan dan Kelebihan Windows 10 serta Cara Memaksimalkan Kinerjanya

Nah itulah jenis-jenis serangan cyber mematikan yang wajib diketahui dan dikuasai seorang hacker.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *