Sirkuit Breaker, Thermal breaker, Magnetik breakerAbi Blog

Mengenal bagian dan fungsi Sirkuit Breaker / Sirkuit Pemutus (Circuits Breaker)

Fungsi Sirkuit Breaker (Circuits Breaker)

Fungsi sirkuit breaker yang utama pada sistem proteksi katodik adalah memberikan perlindungan terhadap lonjakan tegangan  yang dikhawatirkan bisa menjadi penyebab kerusakan pada sirkuit penyearah atau bisa disebut sebagai pengaman arus (overload).

Fungsi kedua dari sirkuit breaker adalah untuk memutuskan tegangan AC yang terhubung dengan tegangan masuk utama tegangan/daya.

Sirkuit Breaker
Sirkuit Breaker

Jenis – jenis Sirkuit Breaker

Ada tiga jenis sirkuit breaker (bisa disebut sebagai sirkuit pemutus) yang penjelasan nya seperti di bawah ini.

1. Thermal Breaker

Sirkuit pemutus ini memiliki bagian bimetal sebagai penyalur arus.  Prinsip kerja dari jenis sirkuit breaker ini adalah:

  1. Jumlah arus yang berlebihan dalam pemakaian pada output nya menyebabkan terjadinya panas pada elemen yang menyebabkan kedua logam yang semula saling berhimpitan akan menjauh. Tergantung jenis logam dengan koefisien masing – masing yang mempengaruhi tingkat ekspansi panas yang ada pada permukaannya.
  2. Untuk me-reset pemutus sirkuit jenis Thermal Circuit Breaker harus menunggu permukaan logam tersebut dingin sampai titik suhu tertentu sesuai bahan elemen yang di pakai.
  3. Thermal Breaker terpengaruh oleh suhu ruangan. Pada suhu rendah dia memiliki nilai batas ketahanan arus yang melewatinya lebih tinggi dari pada pada suhu ruang yang panas.
Mekanisme Thermal Breaker
Mekanisme Sirkuit Breaker Thermal

2. Magnetik Breaker (pemutus magnetik)

Sirkuit pemutus ini terdiri dari bagian inti besi yang dikelilingi oleh kumparan kawat yang bertindak sebagai elektromagnet. Prinsip kerja dari sirkuit pemutus jenis magnetik ini adalah :

  1. Ketika arus meningkat melampui rating yang ditentukan maka medan magnet yang muncul akan menyebabkan inti besi menarik tuas kearah nya, sehingga menyebabkan sambungan menjadi terbuka.
  2. Breaker jenis ini paling cocok digunakan pada perangkat proteksi katodik.
Mekanisme Magnetik Breaker
Mekanisme Magnetik Breaker

3. Thermal Breaker Magnetik (Sirkuit Pemutus Magnetik)

Sirkuit pemutus jenis ini mirip dengan jenis thermal breaker tetapi memiliki sebuah bagian lempeng magnetik yang menempel pada elemen. Fungsi dari lempeng magnetik ini adalah untuk meningkatkan kecepatan dalam tripping.

Mekanisme Thermal Breaker Magnetik
Mekanisme Thermal Breaker Magnetik

Prinsip kerjanya adalah :

  • Dengan tambahan lempeng magnetik tersebut akan mempercepat proses ke posisi trip. Karena ada daya tarik antar elemen yang tertempel lempeng magnet tersebut.
  • Meskipun lebih cepat proses pemutusan sambungannya dari jenis thermal, namun pemutus thermal magnetik memiliki waktu reaksi lebih lambat dari pemutus magnetik biasa dan dapat digunakan pada interrupter continue pada trip breaker.
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *