Sistem Kendali Otomatis Pada Produk Elektronika

Sistem kendali otomatis merupakan suatu teknologi yang menghubungkan sistem mekanik, elektronika, dan kelistrikan di dalam sistem informasi yang berfungsi sebagai alat kontrol atau pengendali.

Sistem Kendali Otomatis
Sistem Kendali Otomatis

Pengertian Sistem Kendali Otomatis

Produk elektronika yang menggunakan sistem kendali otomatis merupakan sebuah alat yang dapat bekerja sesuai dengan kehendak penggunanya. Contohnya, pada penanak nasi yang dapat menukar sistem kerja manusia menjadi alat kerja otomatis yang praktis dan memudahkan pengguna.

Sebuah program instruksi yang terdapat pada suatu sistem pengendalian yang menjalankan instruksi dan mengotomasikan proses perintah memerlukan energi.Dalam menggerakkan proses dan mengoperasikan program serta sistem kendali.

Sistem pengendali menggunakan sensor yang memberikan suatu informasi sebagai input ke pemberi perintah yakni otak, agar memberikan tindakan yaitu output. Proses pembaca sensor ini, merupakan elemen dari sistem pengendali.

Masukan adalah rangsangan dari luar yang diterapkan pada sebuah sistem kendali untuk mendapat tanggapan tertentu dari sistem pengaturan. Masukan disebut juga respon keluaran yang diharapkan.

Contoh Sistem Kendali Otomatis Pada Produk Elektronika

1. Pada Industri dan Peralatan Rumah Tangga

Produk elektronika dengan sistem kendali otomatis hampir terdapat pada seluruh produk elektronika rumah tangga. Salah satunya, yaitu pada lampu otomatis. Lampu otomatis akan bekerja dengan kendali sensor.

Televisi dengan remote control yang memiliki sistem otomatis, lemari es, mesin cuci, dvd player, dan masih banyak lagi perabot elektronika rumah tangga yang menerapkan sistem pengendali otomatis.

2. Pada Robot

Banyak sekali robot yang diproduksi untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan atu tugas-tugasnya, sistem kendali pada robot ini dapat menggunakan cara otomatis dan teleoperasi. Sensor pada robot dapat di program agar bergerak berdasarkan perintah yang diterimanya.

3. Pada Teknologi Informasi

Di dalam bidang komunikasi, mulai dari telepon jadul hingga gadget terbaru pasti memiliki sistem otomatisasi pada switching.  Switch ini berfungsi sebagai pengatur sinyal, penyimpan nomor, LAN, dan lain sebagainya.

4. Pada Transportasi

Dalam bidang transportasi sistem kendali otomatis ini telah sejak lama digunakan untuk auto pilot, sistem pemesanan tiket pesawat, dan auto masinis pada kereta api listrik.

5. Pada Industri Jasa

Sudah mulai banyak masyarakat yang mengenal teknologi otomatis untuk industri jasa, seperti dalam informasi pada pelayanan kesehatan, pada perbankan dan pada pelayanan financial lainnya.Mulai dari pemerintahan, prakiraan cuaca, dan lain sebagainya.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian dan cara kerja Sistem Kendali Otomatis Pada Produk Elektronika, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *