Sistem Pengontrol Aliran Pompa

Diposting pada

Sistem pengontrol aliran ~ Ebara Hydro Booster tipe UD adalah sistem pengontrol aliran dengan dasar switch untuk mencegah seringnya aliran pompa star dan stop, sehingga memastikan bahwa air yang keluar dari pompa adalah konstan.

Pengaplikasian Pompa

Domestik

Bangunan bertingkat, kondominium, apartemen dll.

Komersial

Bangunan kantor, hotel, tempat belanja, dll.

Industri

Pabrik-pabrik, tempat-tempat pemrosesan industri.

Sosial

Sekolah, rumah sakit, dll.

Baca Juga :  Alat- alat kerja untuk pekerjaan instalasi tubing

Konstruksi sistem pengontrol aliran

Terdiri dari satu atau dua pompa yang disusun secara parallel, dirakit pada kerangka, lengkap dengan pemipaan serta pengendali, sakelar tekanan dan kabel instalasi.

Baseframe dan Pemipaan

Menggunakan pipa galvanis untuk memudahkan sambungan antar fitting standar yang biasa digunakan. Ukuran pipa disesuaikan dengan kapasitas unit pompa maksimum. Dengan tambahan check valve agar operasi menjadi optimal.

Pompa

Terdiri dari model satu atau dua pompa yang dirangkai secara parallel. Bagian-bagian penting yang berhubungan langsung dengan air, terbuat dari bahan baja tahan karat / stainless steel.

Baca Juga :  Jenis –jenis aliran fluida (cairan)

Tangki Tekanan Diapragma

Tekanan sudah tersedia sebelum instalasi pipa pembuangan terpasang, Umumnya tangka tekanan ini siap pada tekanan aliran rendah dan meminimalkan efek tekanan yang tiba-tiba.

Sakelar Tekanan

Sakelar tekanan berfungsi sebagai pengontrol star dan stop pompa. Nilai stop pada tekanan 0,6 kgf/cm2, lebih tinggi dari tekanan masuk pompa. Nilai awal harus diatur agar tekanan dapat maksimal hingga ujung instalasi terjauh / tertinggi.

Sakelar Aliran

Fungsi utama alat ini adalah untuk mendeteksi kondisi aliran untuk mengatur operasi pompa selama kondisi aliran terdeteksi rendah. Fungsi ini juga untuk mengurangi kondisi star dan stop secara cepat. Sehingga resiko kerusakan pada pompa akan berkurang.

Baca Juga :  Perhitungan Kapasitas dan Efisiensi Kompresor

Pompa, casing dan impeller terbuat dari baja tahan karat / stainless steel untuk memastikan bebas dari karat. Sakelar aliran, untuk mendeteksi aliran yang sangat rendah sehingga bisa mengatur off pompa, agar mengurangi frekuensi on dan off pada saat aliran rendah.

Rangkaian Sistem Pengontrol Aliran Pompa

Sistem Pengontrol Aliran Pompa
  • No. 1 Check Valve, Mekanisme penutupan aliran dengan cepat untuk mengurangi hentakan tekanan pada instalasi.
  • No. 2 Sakelar tekanan, Untuk menyesuaikan signal cut-in dan cut-off pompa.
  • No. 3 Tangki diafragma pra-charge
  • No. 4 Pengukur tekanan, indicator visual nilai tekanan air.
  • No. 5 Isolating valve
  • No. 6 Pipa pembuangan, pemipaan galvanis untuk memudahkan penyambungan.

Sistem Pengontrol Aliran Pompa UD

Sistem Pengontrol Aliran Pompa UD
Sistem Pengontrol Aliran Pompa UD

Langkah 1.

Hentikan kedua pomp ajika tangka air telah terisi penuh. Dalam kondisi ini air dimasukkan dari tangka tekanan, dan tekanan air di dalam tangka akan turun secara bertahap.

Langkah 2

Pompa satu dimulai pda tekanan P1 (Poin 1) dan air dimasukkan dari pompa / tangka tekanan.

Langkah 3

Saat banyak air dibutuhkan dan tekanan air menurun hingga P2 ( Poin 2), pompa nomer dua akan star, sehingga lankah operasi bergeser ke poin 3. Dan operasional menjadi parallel.

Langkah 4

Pada saat tekanan menurun, maka tekanan air dalam tangka akan meningkat hingga menyentuh poin 4 (P3), maka pompa Nomer 2 akan stop sehingga operasi berubah ke poin 5.

Langkah 5

Pada waktu konsumsi air semakin menurun lagi, maka tekanan air dalam tangka akan semakin meningkat dan sakelar tekanan menjadi off. Sementara sakelar aliran yang dipakai untuk mendeteksi aliran rendah juga akan off. Pada saat sakelar tekanan dan aliran off, pompa 1 juga otomatis menjadi off.

Poin 6. Poin pengaturan sakelar aliran berada pada titik kapasitas kecil / rendah, oleh karena itu maka jangkauan operasi pompa akan terus menerus menjadi lebar. Maka frekuensi on dan off pompa akan semakin menurun.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.