Skema Rangkaian Elektronika Kreatif Pada Lampu LED

Lampu LED merupakan skema rangkaian elektronika kreatif yang tak asing lagi bagimu karena di setiap toko maupun di kendaraan, khususnya mobil, sering menggunakan lampu tersebut karena lebih hemat energi dibandingkan lampu neon atau lampu TL.

Kebutuhan daya untuk menyalakan sekitar 30 hingga 50% saja. Berkat hemat energi, di berbagai tempat dan kendaraan memilih lampu LED sebagai penerang, iklan, dan tak jarang digunakan sebagai tambahan modifikasi pada mobil.

Baca Juga :  Pemahaman arus listrik

Skema rangkaian elektronika kreatif

Kamu dapat membuat lampu LED berjalan karena komponen yang dibutuhkan mudah ditemukan, seperti IC, kapasitor, resistor, potensiometer, elco, dan komponen lainnya. Silakan perhatikan skema rangkaian elektronika kreatif untuk lampu LED di bawah ini.

Skema rangkaian elektronika kreatif Lampu LED
Skema rangkaian elektronika kreatif Lampu LED

Kalau kamu merasa berat hati atau memiliki kesibukan lain untuk membeli adaptor bertegangan 220 volt ke 12 volt, kamu pun dapat membuat rangkaian lampu LED menggunakan tegangan 220 volt karena untuk menyalakan lampu tidaklah membutuhkan trafo, namun hanya cukup memanfaatkan dioda, elco, dan resistor saja. Seperti pada gambar di bawah ini.

Skema rangkaian elektronika kreatif Power Suplai
Power Suplai

Tidak berbeda dengan lampu LED berjalan. Rangkaian delapan (8) LED berjalan berbeda dengan running LED. Running LED menyala bergiliran, meski lampu yang sudah menyala tidak akan mati saat LED menyala.

Berbeda dengan delapan LED yang akan mati setelah LED kedelapan menyala, sedangkan pada running LED (decade counter), sistem nyala LED seperti “titik” yang terhubung membentuk pola dan hanya ada satu LED yang menyala di antara kesepuluh LED.

Kamu dapat membuatnya asal mengetahui skema rangkaian elektronika kreatif ini. Komponen utama adalah IC 74LS164 (Shift Register) dengan waktu rangkaian astable multivibrator (menggunakan IC NE555). Rangkaian elektronika ini akan berdaya guna jika kamu menggunakan catu daya yang stabil (regulator) dan menggunakan IC Regulator 7805.

Di bawah ini saya sisipkan rangkaian catu daya stabil lima volt dc agar kamu lebih memperhatikan tiap detailnya.

Skema rangkaian elektronika kreatif Catu Daya
Catu Daya

Skema di bawah ini merupakan layout atas dan layout bawah rangkaian delapan (8) Berjalan, lengkap rangkaian catu daya stabil lima vdc untuk rangkaian delapan (8) Berjalan dan 15 vdc rangkaian delapan (8) huruf LED.

Skema rangkaian elektronika kreatif rangkaian delapan
Rangkaian delapan
Skema rangkaian elektronika kreatif rangkaian delapan 2
Rangkaian delapan 2

Nah, kamu tinggal memilih skema elektronika kreatif pada lampu LED yang mana. Silakan pertimbangkan sesuai kebutuhan dan waktu pengerjaan.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *