Skema Speaker Protector Bell Untuk Speaker Stereo

Diposting pada

skema speaker protector bell sederhana – Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat skema rangkaian elektronika speaker Protector stereo sederhana. Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui apakah speaker protector itu? Speaker protector adalah sebuah rangkaian elektronika yang di gunakan untuk melindungi load speaker dari suatu lonjakan tegangan pada sebuah output power amplifier.

Skema Speaker Protector Bell dengan Speaker Stereo

Rangkaian speaker protektor ini cukup sederhana dan mudah untuk anda rangkai termasuk oleh pemula sekalipun. Adapun tujuan skema speaker protector bell ini adalah ketika pertama kali speaker di hidupkan, tegangan power OCL tidak akan tersalurkan ke dalam speaker. Prinsip kerja pada rangkaian speaker protector ini cukup sederhana untuk anda ketahui, yaitu dengan menunda waktu interkoneksi antar speaker dengan power amplifier.

Speaker protector dengan kualitas baik selain dapat menunda waktu saat terhubung ke dalam speaker, skema speaker protector bell ini juga harus dapat memutus sinyal DC pada output power amplifier dengan cepat. Ada banyak teknisi elektronika yang menganggap bahwa membuat sebuah rangkaian speaker protector adalah sesuatu yang sulit. Padahal anggapan itu tidaklah benar, karena kita dapat merangkai sebuah speaker protector baik itu mono maupun stereo dari sebuah skema rangkaian yang sederhana dan dapat anda pelajari sendiri dengan mudah, dan anda pun juga tidak membutuhkan komponen yang cukup banyak dan yang paling penting adalah dengan harga yang pastinya murah dan komponen yang anda butuhkan, dapat anda temukan pada took komponen elektronika di sekitar anda.

Baca Juga :  Dioda pemahaman dasar dan karakteristik

Berikut ini adalah sebuah gambar skema speaker protector bell – speaker protector stereo sederhana yang dapat anda coba sendiri untuk merangkainya di rumah. Dan jika anda ingin sebuah rangkaian speaker protector mono, anda dapat langsung melakukan modifikasi singkat dengan mengurangi beberapa komponen yang sudah ada hingga menjadi sebuah rangkaian mono.

Baca Juga :  Dasar Pembentukan Bahan Semikonduktor

skema speaker protector bell stereo

Dari gambar Skema Rangkaian elektronika speaker protector stereo di atas, dapat dengan mudah anda pahami dan dapat langsung anda rangkai. Semua komponen yang di butuhkan untuk merangkai sebuah rangkaian speaker protector stereo seolah tertera pada gambar skema si atas. Dan pastinya anda tidak akan kesulitan untuk merangkai sebuah rangkaian speaker protector stereo, bahkan untuk anda yang masih dalam tahap pemula dalam dunia elektronika, anda juga dapat dengan mudah belajar dan mempraktekkan nya sendiri di rumah.

Baca Juga :  Perhitungan pada Transformator Inti Udara

Dari skema rangkaian yang telah tertera di atas, anda bias melihat beberapa transistor dan beberapa komponen-komponen yang di butuhkan lainnya. Anda dapat membeli komponen-komponen yang di butuhkan di toko komponen elektronika yang ada di sekitar anda ataupun anda dapat membelinya secara online dengan harga yang pastinya murah dan sangat terjangkau untuk anda.

Anda pasti sangat tertarik dan tidak sabar untuk mencoba merangkainya di rumah bukan? Selamat mencoba!

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.