Skema Strum Ikan Elektronika

Diposting pada

Dalam artikel ini akan saya bahas tentang cara membuat beserta skema strum ikan elektronik, yang dibuat dari beberapa komponen elektronik dengan cara sederhana dan mudah.

Rangkaian strum ikan ini menggunakan catu daya 12 VDC yang secara mendasar merubahnya menjadi tegangan 220 VAC atau 110 VAC.

Skema Strum Ikan

Skema Strum Ikan
Skema Strum Ikan

Cara Kerja Rangkaian Strum Ikan Elektronik

Di dalam rangkaian, tegangan dari baterai 12 VDC dinaikkan menjadi tegangan 220 VAC. Komponen intinya adalah dua buah transistor yang bekerja secara bergantian atau On OFF. Ini terjadi karena kedua sisi atas maupun bawah memiliki fase yang sama.

Misalnya, tegangan 12 VDC masuk ke transistor sisi atas akan dilanjutkan ke bilah perangkap 0 VDC, dan menuju ke bagian sisi atas. Ini menjadikan center positif dan terminal atas negative, begitu juga terminal 12 VDC menjadi negative.

Kemudian , tegangan negative terminal sisi bawah membuat lead B dari semua transistor sisi atas yang merupakan arus bias.

Pada saat transistor sisi atas berhenti mengalirkan arus, maka medan magnet akan hilang membuat pusat induksi fase terbalik menjadi negative. Terminal positif akan mengalir dari R ke bias B di Transistor sisi bawah. Sehingga menjadikannya sebagai sakelar untuk menghubungkan rangkaian, ini akan menginduksi koil 12 VDC di sakelar sisi bawah.

Cara Membuat Strum Ikan Elektronik

Lihat pada skema diagram rangkaian di atas, dibutuhkan tegangan 12 – 0 – 12, trafo 3A (trafo daya umum), transistor 2N3055 lengkap dengan pendingin. Resistor R470 Ohm, kapasitor 0,1 uF dan Dioda 1N4007.

Dengan menggunakan papan sebagai penghubung dan penempatan terminal serta input baterai serta terminal koneksi ke batang strum. Arus akan mengalir dari terminal ke kedua kawat, tapi tidak menjadi bahaya bagi kita jika tidak menyentuh keduanya.

Loading...
loading...
Baca Juga :  Apakah yang dimaksud dengan Electrical Engineering
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.