Solusi Ketika Listrik Rumah Mati, Sumber Cahaya AlternatifAbi Blog

Solusi Ketika Listrik Rumah Mati

Solusi Ketika Listrik Rumah Mati

Listrik yang padam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun. Masalah ini sangat mengganggu aktivitas kita terutama jika terjadi pada saat malam hari. Penggunaan listrik terbukti lebih banyak digunakan sejak sore hingga malam hari. Sehingga tak jarang akan terjadi kesalahan teknis yang akan menyebabkan listrik mati, terutama di daerah pedesaan. Jika di lingkungan tempat tinggal Anda sering mengalamai pemadaman, sebaiknya Anda membaca solusi ketika listrik rumah mati di bawah ini sebagai sumber cahaya cadangan ketika lampu mati.

Solusi Ketika Listrik Rumah Mati

Berikut adalah penjelasan selengkapnya :

1. Menggunakan Minyak Goreng

Tahukah Anda bahwa minyak goreng bisa Anda gunakan sebagai sumber cahaya yang baik dengan cara sederhana?

Yang perlu disiapkan adalah wadah berukuran sedang yang berisi minyak goreng. Lalu letakkan kapas secukupnya di dalam wadah tersebut. Dan Anda bisa menyalakan api di kapas yang telah terendam minyak goreng tersebut dengan menggunakan korek.

2. Memanfaatkan Lilin

Selain membuat lampu sederhana dengan minyak goreng, cara yang paling umum digunakan ketika listrik rumah padam adalah dengan menggunakan lilin. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya karena api mudah mati saat tertiup angin.

3. Menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS)

Alat ini bisa Anda manfaatkan saat listrik di rumah sedang padam. Salah satu kelebihannya adalah tidak menimbulkan suara keras seperti pada genset. UPS bisa Anda hubungkan pada lampu-lampu rumah Anda karena beban yang dbutuhkan juga tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan beban listrik saat menyalakan komputer.

4. Generator Kecil

Alat ini merupakan salah satu jenis olusi saat mati lampu yang paling sering digunakan. Efektivitasnya yang tinggi membuat beberapa kalangan menggunakan generator kecil.

Namun, untuk mendapatkan alat ini, Anda perlu biaya yang cukup mahal dan harus menggunakan bahan bakar. Selain itu, alat ini juga sering rewel terutama saat akan digunakan.

5. Memanfaatkan Inverter dan Aki

Cara ini merupakan pilihan paling efektif dan hemat.  Anda hanya perlu menghubungkan kabel pada aki dengan kutub positif dan kutub negatif dari inverter tersebut. Sebaiknya Anda menggunakan lampu LED karena lebih hemat penggunaan sumber energi.

Demikian beberapa cara yang dapat kami bagikan ketika rumah Anda sedang padam. Semoga informasi yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba.

Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *