Sounding Tangki Kapal

Diposting pada

Sounding Tangki KapalBagaimana cara kru / awak kapal mengetahui jumlah bunker bahan bakar minyak / material kargo muatan / jumlah air di dalam tangki ballast (penyeimbang) ? Metode pengukuran kuantitas tangki yang digunakan adalah disebut “sounding”.

Sounding Tangki Kapal
Sounding Tangki Kapal

Sounding Tangki Kapal

Seperti diatas bahwa proses pemeriksaan kuantitas / volume cairan di dalam tangki disebut dengan “sounding”. Kita semua tahu bahwa bagaimana kita menyimpan air di dalam tangki dirumah kita, kadang kita perlu mengetahui seberapa tinggi air dalam cadangan tangki kita.

Dalam proses sederhana hal itu penting, karena kita memerlukan tingkat ketinggian tersebut untuk memastikan kapan kita mengisi, kapan kita mengurangi, dan seberapa banyak kita harus mengisi.

Sama halnya dengan tangki bahan bakar / tangki ballast / tangki kargo kapal, pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui proses yang dibutuhkan.

Mengapa harus menggunakan sounding tangki ?

Misalnya pada tangki bunker, tangki bunker digunakan untuk membawa muatan bahan bakar yang dibutuhkan selama perjalanan dilaut. Bahan tersebut jelas digunakan setiap saat, untuk bahan bakar main engine / mesin utama, generator engine / mesin generator, dll.

Sounding tangki menjadi penting ketika semua hal diatas berjalan, tentunya demi keamanan dan tidak terjadi perhitungan yang salah ketika kapal melakukan perjalanan jauh. Bagaimana jika kapal kehabisan bahan bakar ditengah samudera?

Baca Juga :  Atmospheric Dumb Controller

Sounding dipakai untuk mengetahui jumlah muatan / bahan bakar sisa dan bias menjadi perhitungan jumlah pemakaian harian.

Sounding juga diperlukan pada saat pengisian tangki, seberapa banyak diperlukan untuk memenuhi tangki?. Hal ini untuk menghindari bahan bakar atau muatan / kargo meluap. Dalam hal “meluap” tentunya akan menjadi penyebab polusi laut yang sangat d9ilarang dalam peraturan MARPOL.

Sounding Tangki Kargo

Pada kapal tangker minyak, jumlah muatan kargo harus terus dipantau saat pengisian dan juga pengosongan. Hal yang juga penting dari pemantauan / sounding ini adalah untuk mengatur keseimbangan kapal dengan menyamaratakan antara sisi kanan, sisi kiri, sisi depan dan sisi kanan. Yang telah ditentukan oleh masing-masing jenis kapal.

Sounding Ullage

Dari pemahaman sounding adalah ukuran jarak antara dasar tangki hingga ketinggian maksimum cairan muatan di dalam tangki. Maka Ullage adalah jarak dari ketinggian cairan muatan di dalam tangki hingga tinggi maksimun muatan. Semakin bertambahnya nilai sounding maka nilai ullage akan semakin mengecil.

Kenapa menggunakan ullage? Karena hal ini penting untuk mengukur volume muatan bunker kental, semisal aspal dll, yang tentunya tidak bias dilakukan dengan cara sounding.

Baca Juga :  Mengenal OWS Smart Cell dari Rivertrace (RTE)

Lalu apa yang disebut dengan pipa sounding?

Pipa Sounding Tangki Kapal
Pipa Sounding Tangki Kapal

Tangki kapal harus mempunyai pipa yang berdiri dari dasar tangki hingga di ketinggian aman untuk melakukan sounding. Pipa ini bukan pipa khusus, pipa ini tidak tertutup disisi bawahnya sehingga cairan muatan bias masuk kesepanjang pipa.

Cairan yang masuk ke dalam pipa itulah yang akan di sounding, tentunya ketinggian cairan sesuai dengan ketinggian muatan di luar pipa.

Tabel Sounding Kargo

Di dalam pipa sounding terdapat kawat pengukur fleksibel yang terbuat dari baja, dengan bob di sisi ujungnya diturunkan hingga menyentuh bagian bawah tangki. Saat menyentuh bagian bawah tangki, ketinggian cairan di dalam pipa sounding memberikan bekas / tanda pada kawat sounding, sehingga kita bias membaca ketinggian cairan dari tanda pada kawat tersebut.

Tanda yang tertempel pada kawat sounding tersebut menunjukkan ketinggian cairan di dalam tangki. Tabel sounding terdapat diatas kapal yang dikalibrasi dengan pertimbangan bentuk dan dimensi tangki. Sehingga didapatlah jumlah cairan dalam muatan.

Sounding Tangki Ballast Kapal

Pada tangki ballast digunakan air laut untuk mengisinya, agak sulit membaca tanda yang tertinggal di kawat sounding. Untuk itu digunakan pasta pencarian air atau bias disebut Water Finding Paste.

Baca Juga :  Prinsip kerja MGPS (Marine Growth Prevention System)

Cara untuk melihat ketinggian cairan di dalam tangki ballast adalah:

  1. Oleskan pasta air ke kawat sounding di sekitar perkiraan kedalaman, tidak diperlukan pada seluruh panjang kawat sounding.
  2. Turunkan ujung kawat sounding ke dalam pipa sounding.
  3. Pastikan bob pemberat menyentuh hingga dasar tangki.
  4. Gulung kembali kawat sounding sambil mencari tanda ketinggian yang tertinggal.
  5. Tanda yang tertinggal berupa sebuah perubahan warna pasta, air yang menyentuh akan merubah warna pasta menjadi merah muda atau orange muda.

Cara pengukuran tangki lainnya

Pengukuran otomatis jarak jauh diperlukan pada muatan / kargo beracun dan berbahaya. Alat yang biasa digunakan sebagai pembaca ketinggian tangki antara lain :

  1. Pelampung pengukur yang dioperasikan secara mekanis.
  2. Alat servo pengukur yang dioperasikan secara elektrik.
  3. Pengukuran dengan melihat perubahan kapasitansi cairan.
  4. Alat pengukuran dengan metode gelembung.
  5. Pengukuran dengan metode diferensial.
  6. Pengukuran dengan pneumatic / hidrolik.
  7. Pengukuran dengan gelombang sonic.
  8. Pengukuran dengan metode radio aktif.
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.