Tentukan Kebutuhanmu Sebelum Menentukan Spesifikasi Komputer!

Dari sekian jenis komputer, hal paling penting dalam memilih spesifikasi komputer sesuai kebutuhan adalah hal wajib. Bila kamu tidak menyesuaikan kebutuhan dengan spesifikasi komputer. Bisa jadi kamu akan buang-buang biaya bila pekerjaanmu cenderung sederhana (office) namun kamu membeli komputer dengan spesifikasi tinggi.

Begitu juga dengan pekerjaan multimedia (edit film, desain grafis, game, dan lain sebagainya). Tetapi kamu membeli komputer yang spesifikasinya untuk pekerjaan sederhana. Bisa-bisa pekerjaan dan komputermu akan terkendala, bahkan tak berfungsi.

Baca Juga :  Cara Atasi Listrik Konslet
Memilih Spesifikasi Komputer Sesuai Kebutuhan
Spesifikasi Komputer Sesuai Kebutuhan

Memilih Spesifikasi Komputer Sesuai Kebutuhan

Memilih spesifikasi komputer sesuai kebutuhan, seperti non Windows (Linux atau DOS). Bisa juga memilih Windows untuk pekerjaan yang sederhana, seperti menjelajah media sosial atau menjelajah di internet, serta hanya untuk office semata.

Saya rasa program-program tersebut sudah cukup. Bila kamu menggunakan aplikasi seperti Video Editing atau Aplikasi Database. Kamu bisa memilih Linux meski perlu belajar tentang bahasa pemrograman, seperti Java atau PHP.

Kalau kamu menginginkan komputer yang digunakan untuk multimedia (game, editing video, desain grafis, dan lain sebagainya), kamu bisa memilih PC Desktop. Hal ini sangat beralasan karena casing dan tenaga dari PC Desktop bisa kamu beri 4 hard disk berukuran masing-masing 1TB (Terabyte) atau lebih, lalu 2 DVD writer, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, banyaknya interface akan memudahkanmu menyambungkan PC Desktop dengan printer, scanner (all in one pun bisa) dan lain sebagainya.

Menentukan Spesifikasi

Memilih spesifikasi komputer sesuai kebutuhan bisa kamu perhatikan dari processor yang berfungsi sebagai otak komputer. Kamu bisa memilih AMD atau pun Intel sebagai otak komputermu.

Selanjutnya adalah RAM (Random Access Memory), yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh processor dengan cepat diolah menjadi sebuah informasi.

Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan lewat RAM, mulai dari 512MB, 1GB, dan 2GB untuk komputer fungsi sederhana, sedangkan 5GB hingga 8GB fungsi komputer multimedia. Jangan lupa untuk memperhatikan VGA atau Video Grafic Card yang berfungsi sebagai pengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor.

Bila kamu seorang gaming, pilih VGA ATI RADEON atau GFORCE. Kalau fungsi komputermu sederhana, silakan memilih Intel. Biasanya kapasitas VGA yang digunakan 512MB.

Yang terakhir adalah motherboard yang memiliki tiga jenis harga, yaitu Value (terjangkau), Mainstream (menengah), dan High-End (kelas atas). Silakan sesuaikan tujuan penggunaan PC sebelum menentukan harga motherboard.

Untuk keperluan sederhana, kamu bisa memilih Value. Sedangkan pemakaian home-entertainment kamu bisa menggunakan Mainstream dan High-End.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *