Subwoofer Berdengung, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Diposting pada

Subwoofer Berdengung

Subwoofer berdengung itu sangat menjengkelkan, bagaimana tidak? dengung sangat mengganggu saat kita sedang asyik-asyiknya menikmati alunan music di audio set yang kita putar.

Dengung subwoofer pada home theater atau stereo disebut ground loop. Ground loop terjadi karena ada beda potensial di beberapa titik ground pada audio sistem. Seharusnya pada antara semua titik ground memiliki hanya 0 volt tegangan.

Beda potensial antara titik ground menyebabkan munculnya dengung dengan frekuensi rendah pada saat kita masukkan input power ke perangkat audio maupun video. Dan dengung terjadi karena perbedaan potensial antara titik arde tegangan masuk dan titik arde pada perangkat.

Baca Juga :  Strain and Pressure sebagai Sensor dan Transducer

Umumnya orang menambah perangkat power conditioner untuk menghentikan atau mengurangi bunyi dengung, tetapi beberapa kasus, penambahan perangkat inipun kurang dapat membantu.

Subwoofer Berdengung

Cara Mengatasi Subwoofer Berdengung

Beberapa langkah berikut ini, mungkin bisa membantu menghilangkan subwoofer berdengung :

  1. Gunakan stop kontak yang sama untuk semua perangkat tersambung, lengkap dengan grounding yang bagus. Untuk Power Amplifier, DVD / VCD, TV, dll. menggunakan jalur kabel power yang sama.
  2. Jika masih berdengung, periksa satu persatu perangkat yang masuk ke subwoofer, dengan cara memasukkannya bergantian satu persatu. Dan jika salah satunya menyebabkan subwoofer berdengung. Maka tambahkan trafo isolasi pada sambungan kabel.
  3. Jika masih berdengung kembali, tambahkan ground loop level line isolator pada kabel level line subwoofer.
  4. Jika tetap berdengung, coba lepas semua kabel yang terhubung ke subwoofer. Masukkan power dan hidupkan. Jika masih muncul dengung, maka kemungkinan besar subwoofer bermasalah pada power amplifiernya.
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.