Sumber Tegangan

Diposting pada

Pengertian Sumber Tegangan

Sumber tegangan adalah komponen elektronika yang dapat menghasilkan/ menyimpan arus listrik dan berguna untuk memberikan beda potensial pada komponen- komponen elektronika yang dihubungkan dengan sumber listrik.

Prinsip kerja baterai sebagai sumber tegangan
Prinsip kerja baterai sebagai

Macam dan jenis sumber tegangan

Sumber tegangan yang menghasilkan energi listrik berdasar prinsip logam berpasangan disebut  dengan elemen/sel. Elemen dibedakan menjadi:

  1. Elemen kering, dan
  2. Elemen basah.

Berikut beberapa jenis sumber yang biasa dipakai secara umum:

1. Baterai

Didalam baterai, energi kimia dirubah menjadi energi listrik. Baterai memiliki kutub positif (+) dan kutub negatif (-). Cara pemasangan-nya adalah dengan kutub positif baterai dihubungkan dengan potensial tinggi (+) rangkaian elektronik dan kutub negatif baterai dihubungkan dengan potensial rendah (-) rangkaian elektronika.

Baca Juga :  Fungsi, klasifikasi dan jenis sakelar / switch

Tegangan listrik yang digunakan baterai biasanya sebesar 1,5 volt; 4,5 volt; atau 9 volt. Baterai biasanya digunakan pada perangkat elektronika bertegangan rendah. Seperti radio, senter, mainan anak- anak, jam, remote dan lain- lain.

Pemasangan baterai dapat dengan seri dan paralel.

Rangkaian Seri dan Paralel Baterai
Rangkaian Seri dan Paralel Baterai

2. Akumulator atau Aki

Aki adalah alat untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Ketika aki digunakan , energi kimia akan dirubah menjadi energi listrik. Seperti halnya pada baterai, aki juga memiliki kutub positif (+) dan negatif (-).

Baca Juga :  Menghitung Nilai Tahanan / Resistansi dan Resistivitas

Aki dibagi menjadi:

a. Aki basah

Rangakaian pemasanga aki
Rangakaian pemasanga aki

Jenis ini sering digunakan pada mobil, sepeda motor dan starter generator set. Aki basah berisi elemen elemen dan cairan zuur yang harus diisi ulang jika habis.

b. Aki kering

Cara kerjanya sama seperti baterai basah. Namun tidak memerlukan pengisian cairan. Kebanyakan jenis ini tidak bisa diperbaiki. Banyak digunakan dan menggantikan posisi baterai kering pada aplikasi – aplikasi tertentu.

Banyak sumber  lain selain dari elemen elektronika misalnya : pembangkit tegangan induksi dari motor induksi pada pembangkit listrik.

Baca Juga :  Tentang Komponen Potensiometer Dan Cara Perawatannya

Dalam pembahasan yang luas terdiri dari sumber tegangan tinggi dan sumber tegangan rendah. Untuk sumber tegangan tinggi akan kita bahas dalam artikel yang lain.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.