Tagihan Listrik, Menghitung Secara ManualAbi Blog

Menghitung Biaya Tagihan Listrik Secara Manual

Menghitung Biaya Tagihan Listrik

Bagaimana cara menghitung biaya tagihan listrik di rumah anda ? Memang menghitung biaya pemakaian listrik itu tidak penting bagi beberapa orang. Namun pemahaman perhitungan biaya semacam ini juga mungkin dibutuhkan hanya untuk sekedar tahu detail-nya sekaligus tahu dasar perhitungannya jika ternyata ada pembengkakan pembayaran dan masalah lain soal tagihan biaya.

Sebelum memahami cara menghitung biaya listrik dirumah anda, ada baiknya kita memahami dulu tentang kwH meter listrik.

KWH adalah kependekan dari Kilo Watt Hour yang artinya pemakaian daya listrik per-jam dalam satuan Kilo Watt. Penunjukan nilai pada KWH menunjukkan berapa kita memakai daya dari PLN per jam-nya.

Menghitung Biaya Tagihan Listrik
Menghitung Biaya Tagihan Listrik

Menghitung Daya Yang Terpakai Secara Manual

Pada dasarnya secara fisik, KWH meter terdapat piringan / plate berputar, putaran tersebut menunjukkan jumlah pemakaian. Jadi semakin banyak daya yang dipakai maka semakin cepat piringan tersebut berputar.

Bagaimana menghitung secara manual?

Sebagai patokan adalah piringan yang saya sebutkan diatas, dibagian salah satu sisi piringan terdapat tanda hitam.  Putaran piringan sebagai patokan tanda inilah yang nanti akan kita hitung.

Cek konstanta dari KWH meter, biasanya terdapat pada name plate KWH. Nilai konstanta pada KWH selalu diikuti satuan putaran-nya yaitu tertulis : putaran / KWH atau put / KWH. Misalkan tertulis 900 put / KWH, maka dalam 900 putaran pada piringan akan menghasilkan angka 1 KWH. Namun konstanta meter KWH bisa berbeda – beda  pada setiap meteran listrik (KWH meter).

Langkah menghitung manual

Setelah mendapatkan dan memperhatikan hal – hal diatas, yaitu: Melihat nilai konstanta KWH meter, kemudian langkah selanjutnya adalah siapkan stopwatch (bisa menggunakan stopwatch HP).

Tanda hitam yang seperti disebutkan diatas sebagai patokan memulai penghitungan, lihat putaran piringan dengan memperhatikan tanda hitam. Pada saat tanda hitam melewati posisi tengah atau dimanapun titik penentu yang anda tentukan sendiri, tekan start stopwatch.

Tanda hitam akan melewati titik yang sudah ditentukan setelah berputar satu kali putaran, pada minimal tiga kali putaran, misalnya anda tekan STOP pada putaran ke sepuluh. Anda lihat waktu yang dibutuhkan setelah piringan berputar sepuluh kali. Contohnya dalam sepuluh kali putaran pada stopwatch menunjukkan angka 120 detik.

Maka hitung dengan rumus berikut:

Watt = (3600 x jumlah putaran ) / (Konstanta x waktu putaran) x 1000

Maka hasil dari contoh diatas adalah:

Watt = [(3600 x 10) / (900 x 120)] x 1000

Watt = (36000 / 108000) x 1000

Watt = 0,333 x 1000

Watt = 333

Hasil tersebut berarti:

Selama pengukuran tadi daya yang terpakai adalah sebanyak 333 Watt. Angka ini bisa untuk memperkirakan penggunaan dalam satu bulan dengan asumsi bahwa pemakaian daya setiap hari adalah sama.

Menghitung Daya Per Bulan

Bagaimana menghitungnya?

Tinggal mengalikan dengan angka 0,72 (dari 24 jam X waktu penghitungan / 1000)

Maka :

Kilo Watt / bulan = 333 x 0,72

Kilo Watt / bulan = 329,75

Jadi pemakaian daya perbulan adalah 329,75 KWH

Menghitung Biaya Tagihan Listrik per KWH

KWH adalah Kilo watt per Hour berarti daya yang digunakan selama satu jam pemakaian.

Sementara 1 KWH = daya sebesar 1 kw (1000 Watt ) yang digunakan dalam 1 jam.

Misalkan lampu dengan daya 60 watt selama satu jam = 60WH (watt hour) = 0,06 KWH

Jika tarif PLN adalah Rp 500,00 per 1 KWH maka:

60 WH =( 60 / 1000) x 500 = Rp 30,00

(bukan 60 x 1000)

Perlu diingat bahwa:

Watt = Joule / detik

Artinya lampu 60W berarti lampu tersebut membutuhkan daya sebesar 60 Joule per detik.

Kesimpulan :

Lampu 60 Watt dinyalakan dalam waktu satu jam  maka daya yang dibutuhkan untuk menyala adalah 60 WH (watt hour), sama dengan 60 Joule / detik x 3600 detik = 216000 Joule.

Pengukuran disini adalah pengukuran daya aktif (watt) yang terukur pada KWH meter, bukan VA (daya semu) yang dijadikan patokan daya kontrak.

Yang perlu dicari adalah tarif daya yang ditentukan oleh PLN per watt-nya, maka kita akan bisa menghitung biaya tagihan listrik PLN.

Gearbest  promotion
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *